tauhid

Tauhid adalah ajaran mengesakan Allah. Ajaran ini bukan berarti mengumpulkan Tuhan-Tuhan menjadi 1 Allah seperti panteisme, namun menyembah hanya kepada 1 Tuhan, Yaitu Allah.
Tauhid secara logika masuk akal dibanding banyak sesembahan karena memudahkan focus dalam menjalankan perintah Tuhan dan larangan Tuhan. Jika ada lebih dari 1 Tuhan maka akan ada perselisihan peraturan Tuhan. Juga akan ada banyak perselisihan dalam jalannya Alam semsta. Tiap Tuhan juga akan bertarung satu sama lain. Alam semesta bseserta kita akan hancur menjadi korban. Presiden dan superhero saja berrung saling merebut kekuasaan jika mendapat kekuatan sebesar itu.

Tauhid diajarkan secara eksklusif dalam Islam. Hanya Islam yang mengajarkan 1 sesembahan. Agama nasrani punya trinitas walau ngakunya 1 Tuhan (kalau 1 Tuhan harusnya disebut (Unitas). Hindu punya trimurti, Yahudi punya Yahweh, elohim, Baal dan lain-lain. Paganisme punya banyak dewa. Pada zaman kuno dianggap tiap Dewa mengatur 1 aspek tertentu untuk wilayah tertentu. Contoh dewa hujan. Namun Islam menghapus semua itu dalam 1 penguasaan Allah sehingga lebih mudah dimengerti.
Allah Subhaanahu Wa Ta’aalaa berfirman: “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu” (QS An Nahl: 36)
“Padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan” (QS At Taubah: 31)
“Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya. Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik)” (QS Az Zumar: 2-3)
“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan keta`atan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus” (QS Al Bayinah: 5)
Tauhid merupakan dasar keyakinan islam. Dasar keyakinan itu disebut aqidah. Aqidah adalah ideology yang dianut dalam Islam dan dipegang teguh sampai mati, bahkan sampai melwati kematian menuju keabadian penghakiman.