Pertanyaan Terpopuler tentang Google Adsense serta Solusinya

Pertanyaan Terpopuler tentang Google Adsense serta Solusinya

Dalam menapaki sebuah bisnis online, tentu tidaklah mudah seperti membalik telapak tangan. Pada kenyataannya memang memerlukan kegigihan dalam menjalankannya.

Maka tak ayal, jika ada rekan-rekan secara “vulgar” menampilkan gepokan uang yang begitu banyak dengan penjelasan begini dan begitu.

Bagi kita, hal tersebut saya rasa sah-sah saja.

Karena pada dasarnya memang terdapat dua kemungkinan; satu karena memang ia berhasil menjalankan bisnis online, misalkan saja Google Adsense; kedua karena ia memang sekedar pamer uang kepada khalayak. Maka indikasi kedua inilah yang seharusnya tidak terjadi dan menjangkiti para blogger.

Bagaimanapun, yang dibutuhkan rekan-rekan yang belum seukses seperti para master/ senior adalah motivasi, penjelasan, tutorial dan penyalurn ilmu yang telah diperoleh agar bisa bermanfa’at bagi kita pada blogger pemula (newbie).

Dengan fenomena tersebut, sudah selayanya menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Oleh karna itu, di sini akan sedikit saya ulas berbagai permasalahan, topik pertanyaan yang berkenaan dengan Google Adsense.

Permasalahan yang Sering Dialami para Blogger dalam Google Adsense

Pertanyaan yang saya maksud adalah seputar berbagai problem, kendala yang sering menjadi masalah bagi para pengelola iklan Google Adsense. Tentu pertanyaan-pertanyaan ini menjadi masalah serius yang harus kita carikan solusinya. Dengan begitu, keterlibatan para master/ senior sangat diperlukan di sini.

1. Bagaimana Cara mendaftar Goole Adsense Agar bisa Full Approve?
Dalam point pertama, mungkin tidak terlalu menjadi topik pertanyaan yang signifikan. Karena saya kira rekan-rekan yang serius dengan bisnis Google Adsense sudah belajar dan mencoba secara langsung bagaimana cara mendaftar Google Adsense.

Namun satu hal yang mungkin dilupakan, yakni bagainama tips-tips agar bisa cept diterima Google Adsense?

Dari berabagai sumber yang saya peroleh, ternyata banyak sekali penjelasan yang diutarakan para senior. Saking banyaknya, membuat kepala jadi pening, hehe. Kenapa begitu? Dengan berbagai penjelasan tersebut, mungkin malah membuat kita bingung mau menerapkan langkah yang seperti apa.

Namun demikian, jika memang ada di antara rekan-rekan yang belum pernah sama sekali mendaftarkan Google Adsense, bisa langsung belajar dan menerapkannya dari panduan langsung daftar Google Adsense.

Oleh karena itu, berikut beberapa hal pokok yang perlu kita lakukan agar akun kita segera bisa disetujui Google Adsense (pengalaman pribadi juga). Berikut ulasannya:

a. Umur Blog
Usahakan umur blog atau situs yang telah kita buat minimal 4 bulan. Ada juga yang mengatakan 6 bulan. Namun ada pula yang mengatakan cuma butuh umur 2 minggu. Jadi mana yang benar pendapatnya?

Sejauh pengalaman yang saya alami, umur blog yang bisa didaftarkan Google Adsense minimal 3-4 bulan. Dalam rentang itulah proses pendaftaran normal (wajar) bisa dilakukan. Dengan begitu, Sehingga, jangan tergesa-gesa mendaftarkan Google Adsense jika memang dirasa belum prefect situs yang Sobat kelola.

b. Jumlah Artikel
Hal ini dirasa menjadi topik boombastis sejauh pengamatan saya di forum-forum Google Adsense. Tidak hanya itu, di dalam penjelasan lain juga demikian. Masak iya dengan 5-10 artikel bisa didaftarkan Google Adsense?

Sebelum saya uraikan, mungkin ada yang mau menyampaikan pendapatnya?

Dari hasil telaah yang saya temukan, memang fenomena 5-10 artikel bisa didaftarkan Google Adsense, dan dengan modal itu bisa diterima Google Adsense full approve.

Lalu apa rahasianya?

Ternyata oh ternyata, faktor pertama yang saya jelaskan menjadi kunci keberhasilannya. Yakni umur blog menjadi faktor pertama yang harus terpenuhi. Jika tidak, maka dengan banyaknya artikel tidak menjamin bisa didaftarkan Google Adsense.

Blog Anda belum memenuhi syarat AdSense. Pelajari lebih lanjut“.

Itu adalah fakta pesan yang terdapat di halaman Dashboard blog Sobat, jika memang belum layak didaftarkan Google Adsense.

c. Kelengkapan Navigasi
Navigasi merupakan sebuah tools efektif dan menjadi salah satu ciri khas desain blog user friendly. Hal itu dikarenakan, dengan menu navigasi mebuat blog kita mudah untuk ditelusuri pembaca. Faktor kemudahan itulah yang menjadi salah satu faktor acuan Google Adsense dalam menentukan kualitas sebuah blog.

Lebih jelasnya, silakan terapkan menu navigasi wajib ada dalam sebuah situs atau blog.

Tidak hanya itu. Mesti pula rekan kompliti dengan halaman pendukung, seperti About, Kontak, Disclaimer (TOS- term of service), sitemap, privacy policy dll. Usahakan dibuat dengan halaman statis saja, biar menjadi lebih profesional. Pelajari lebih lanjut cara membuat halaman pendukung menu navigasi blog dengan baik. Misalkan saja optimasi daftar isi sesuai abjad. Hal itu akan sangat membantu nilai kualitas blog sobat di mata Google.

Selain daripada itu, beberapa hal lain yang termasuk kelangkapan menu navigasi adalah adanya widget dan hyperlink. Dalam tata kelola widget di dalam sebuah situs blog, usahakan jangan terlalu berlebihan. Hal itu tentu akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan loading blog Sobat. Jika blog sobat lelet, lemot dan berat saat dibuka, maka bisa dipastikan hal itu akan membuat trafik pengunjung sulit berkembang. pelajari lebih lanjut cara paling efektif mempercepat loading blog.

Tidak lupa pula, pola pngaturan link atau hyperlink menjadi faktor keberhasilan sebagai publisher Google Adsense. Menurut pendapat Master Google Adsense dunia, pemasangan link yang tidak pas. Misalkan saja kita membuat link dengan menu navigasi dorp down di bawah header.

Terkadang, jika penempatan iklan tepat di bawah menu navigasi, jika optimasinya tidak tepat, bisa berakibat menu drop down akan menutupi tampilan iklan. Jika terjadi kesalah cklik dari pembaca, ada kemungkinan dinilai sebagai aktivitas tidak valid dari Google Adsense.

Sekali dua kali sih gak masalah. Namun jika sampai dinilai berlebihan dan dianggap sebagai motif dari admin untuk mengarahkan klik iklan adsense, bisa dibanned akun kita. Lebih mujur jika cuma terkena pengurangan nilai pendapatan. Oleh karena itu, Optimasi SEO Onpage terpopuler 2015 menjadi kunci penting dalam proses tata kelola sebuah blog yang baik.

d. Kualitas Konten
Sebenarnya konten yang berkualitas sesuai acuan Google itu seperti apa sih? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang sering menjadi topik diskusi para pengelola Google Adsense. Kalau mau jujur, misalkan ada yang sudah pernah daftar Google Adsense sudah pada tahap kedua, biasanya kalau yang ditolak salah satu alasannya adalah situs harus menawarkan konten yang bermakna dan kaya dll.

Sehingga, bisa disimpulkan situs kita harus benar-benar berisi hal yang berkualitas. Tidak sekedar copy paste alias copas. Bisa dibanned jadi berabe lo.

Solusinya, nih saya sadurkan langsung dari mbah Google Adsense:

  • Situs yang menampilkan iklan Google harus memberikan nilai yang signifikan bagi pengguna. Sebagai penayang, Anda harus menyediakan konten unik dan relevan agar pengguna memiliki alasan kuat untuk berkunjung ke situs Anda. 
  • Jangan tempatkan iklan di laman yang dibuat secara otomatis atau laman dengan sedikit konten asli atau tidak berisi konten asli sama sekali. 
  • Situs Anda juga harus menyediakan pengalaman pengguna yang baik melalui navigasi dan pengaturan yang jelas. Pengguna harus dapat dengan mudah mengeklik seluruh laman Anda dan menemukan informasi yang dicari.       

Pesan di atas menjadi gambran nyat bagi kita dalam mengelola sebuah konten.

e. Baca Kebijakan Google Adsense
Disadari atau tidak, budaya membaca dan memahami di benak para blogger, contohnya saja Saya pribadi, memang benar-benar masih “minim” alias “malas”. Bagaimana tidak, karena memang seabrek peraturan dan pedoman yang harus kita patuhi jika kita ingin menjadi publisher Google Adsense. Maka menjadi sebuah kewajiban bagi para peminat program Google Adsense untuk mempelajari dan mematuhi semua Pedoman dan Kebijakan Program Adsense.

f. Desain Tampilan
Berbicara tentang desain tampilan, sudah pasti kita akan berbicara tentang template yang kita gunakan.

Yang pasti, untuk tahun 2015 desain blog yang baik adalah memenuhi Algortima Mobilegeddon dan Google Panthom.

Desain responsive atau mobile friendly, menjadi kunci utama dalam hal ini. Banyak sekali kok template gratis dengan desain responsive atau mobile friendly. Misalkan saja SL Superfast blogger template. Tidak sekedar responsive, namun juga fast loading. Hal itu menjadi nilai “plus” bagi sebuah template.

Lebih jelasnya, silakan simak tutorial lengkapnya berikut:


2. Apakah yang penyebab aktifitas tidak valid Google Adsense?
Aktivitas tidak valid (invalid activity) menjadi momok para pengelola Google Adsense. Jika terjadi pinalty akbiat adanya aktifitas tidak falid, maka bisa berabe dengan blog kita. Lalu sebenarnya apa sih penjelasan aktifitas tidak valid?

Beberapa faktor penyebap penilain Google terhadap blog kita akan sebuah aktifitas tidak valid adalah sebagai berikut:

  1. Sobat melakukan klik iklan Adsense sendiri, baik secara sengaja atau tidak sengaja
  2. Adanya indikasi menyuruh pihak kedua untuk klik iklan adsense blog milik Sobat sendiri
  3. Cara curang menggunakan mesin otomatis (Bot) yang bisa bekerja klik sendiri terhadap iklan adsense di blog Sobat
  4. Terjdi Bom-Klik (klik berlebihan secara tidak wajar terhadap iklan adsense Sobat)
Dengan keempat faktor itu, saya kira Sobat bisa melakukan antisipasi secara maksimal, agar tidak terjadi penilaian Google terhadap blog sobat sebagai aktifitas tidak valid.


Saya kira itu beberapa hal yang menjadi Pertanyaan Terpopuler tentang Google Adsense serta Solusinya. Apabila terdapat kekurangan, akan saja berikan updatenya pada lain waktu, atau sobat bisa memberikan tambahan sesuai dengan ilmu dan pengalamannya dengan meninggalakan komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat. Salam.