perbedaan antara kata adalah dan merupakan

perbedaan antara adalah dan merupakan adalah kalau kata adalah digunakan untuk definisi sedangkan kata merupakan digunakan untuk menyatakan tentang perbandingan, hubungan, bagaikan, peran, dan sebagainya. contoh: Facebook adalah media sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg. facebook merupakan media sosial paling populer saat ini.

meskipun begitu banyak orang menggunakan kata adalah padahal maksud mereka bukan definisi tapi tentang yang lain. mereka mengungkapkan maksud yang lain dengan kata adalah agar gaya bahasanya lebih indah dan mengena walau akibatnya salah dengan aturannya. contoh:

  • engkau adalah pahlawan bagiku.
  • korupsi adalah musuh nomor satu negara ini.
  • penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu.
  • sukses adalah keyakinan.

kalimat-kalimat di atas bukan kalimat definisi, tapi kalimat untuk mengungkapkan maksud yang lain. kalimat-kalimat seperti di atas umum digunakan di media massa untuk mengingkat makna. kalimat-kalimat di atas baru dipahami setelah tujuannya diketahui. tujuannya baru diketahui setelah menggunakan informasi-informasi yang lain. kalimat di atas baru dipahami jika kata adalah diganti dengan kata merupakan dan ditambahi dengan kata yang lain. penjabarannya:

  • engkau merupakan pahlawan bagiku = terima kasih. kau telah berjasa besar menolongku.
  • korupsi merupakan musuh terbesar negara ini karena banyak uang negara yang hilang akibat korupsi. akibatnya pembangunan terhambat. oleh karena itu mari kita lawan bersama-sama korupsi ini.
  • penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu sebab data kedokteran menunjukan kematian terbesart manusia diakibatkan oleh penyakit jantung. oleh karena itu mari bersama-sama menjaga kesehatan jantung agar sehat dan tidak sakit jantung.
  • sukses adalah keyakinan = syarat terbesar untuk sukses adalah keyakinan. kalau kita yakin 100% atas apa yang kita lakukan dan berjuang terus tanpa henti, kita akan sukses mencapai apa yang kita impikan. ini dalah kalimat syarat, bukan definisi. seperti itulah contoh-contohnya.

kata merupakan lebih banyak digunakan dalam tulisan ilmiah dan akademis sedangkan kata adalah banyak digunakan dalam tulisan media massa, tulisan populer dan pidato-pidato termasuk orasi sebab lebih mudah dipahami. ini adalah topik bahasa lisan. karena itu orang-orang lebih banyak menggunakan kata adalah walau maksudnya bukan definisi, tapi yang lain. kita harus berhati-hati dalam hal ini.