jenis-jenis status orang di sosmed

status adalah kiriman orang di sosmed seperti facebook, twitter, tumblr dll. status itu dapat digabi-bagi menurut kriteria tertentu seperti berikut:

a). menurut panjangnya

menurut panjangnya status dibagi menjadi 3:

a. pendek. status ini berisi 1 – 3 kalimat. satus ini biasanya berisi curhatan alay, tulisan “lagi ngapain” kata-kata mutiara, keluh kesah, pujian, ucapan selamat yang singkat. jenis ini juga memuat tulisan aktivitas dan berita singkat.

b. menengah. status ini berisi 1 paragraf. misalnya foto, meme, vido, link dan sebagainya.

c. panjang. status ini berisi artikel atau berita panjang sehingga hanya ditampilkan sebagian. untuk membaca seluruhnya pembaca harus mengklik “lanjutkan membaca”. mode ini ada di facebook. di twitter, plurk dan tumblr gak ada. status ini berisi berita, artikel, taushiyah dsb.

pada tipe di atas twitter hanya bisa menampung status singkat karena twitter hanya bisa menampung maksimal 140 karakter. tidak bisa lebih. jadi twitter hanya bisa diisi status pendek. untuk menengah dan panjang cocoknya facebook, tumblr dan semacamnya. untuk lebih panjang lagi yang cocok adalah blog.

b). menurut intensitasnya

intensitas maksudnya kedalaman berpikir waktu membuat status sehingga untuk membacanya pun perlu berpikir. kedalaman berpikir ini relatif menurut setiap orang. menurut intensitasnya status dibagi menjadi:

a. berat. status yang berat adalah status yang panjang di atas, taushiyah, kata mutiara atau motivasi yang mendalam. status model ini bisa berasal dari tweet-tweet yang dikumpulkan, pidato, artikel dan sebagainya.

b. ringan, yaitu status yang untuk membuat dan membacanya tidak perlua banyak berpikir banyak-banyak sampai pusing. status ini berisi “lagi ngapain”, apa yang dirasakan, foto-foto, meme dan sebagainya.

menurutku sebaiknya di sosmed update statusnya yang ringan dan pendek-pendek saja. kalau status yang berat dan panjang bisa ditaruh di blog lalu nanti bagikan link ke blognya di sosmed. jadi sebar link. cara ini akan membuat sosmed lebih efektif dan efisien. dengan cara ini bisa promosi blog juga. sosmed jadi ajang informasi, komunikasi dan promosi. gimana enurut kamu?