arti blog bagiku

 

dengarkanlah permintaan hati

yang teraniaya sunyi

dan berikanlah arti pada hidupku

arti blog bagiku adalah tempat curhatku. blog tempat berbagi cerita, perasaan, pemikiran. segala yang kurasakan, kupikirkan, kualami dan kuinginkan semua akan aku tuliskan di blog. blog adalah tambatan hatiku, tempat hatiku berlabuh setelah menjalani hari-hari yang sibuk, berat dan melelahkan. blog adalah tempat hatiku beristirahat agar tenang dan bisa rileks memikirkan segala yang kualami dan kujalani dalam hidup.

blog bagiku adalah diary perasaan dan aktivitas kehidupan. blog juga adalah jurnal pemikiran seperti artikel, agama, sains, sosial budaya, politik dan lain-lain. blog pun menjadi portofolio karya-karya tulisku seperti cerpen, puisi (kalau bisa) dan yang lain. jurnal pemikiran pun sebenarnya adalah portofolio juga kan? dia bagian karya non fiksi. semua karyaku walau sumbernya bisa dari orang lain. maksudku karya-kraya dan tulisan di sini orisinil aku yang menulisnya, bukan copas dari tulisan orang lain. aku cuma mengambil inspirasi dan bahan dari orang lain lalu kuolah sendiri dengan gaya pemikiran dan penceritaanku.

aku bilang di atas blog adalah diaryku. aku akan menuliskan segalanya di blog. maafkan aku. sebenarnya tidak semua sebab diary yang kutulis bisa sangat banyak dan panjang. pemikiranku juga begitu. bukankah pikiran manusia setiap hari sangat banyak. katanya dalam sehari manusia bisa menghasilkan 200.000 pikiran. 200.000 posting perhari? gila! tak mungkin manusia bisa membuat sebanyak itu. tenaganya lo! waktu dan biaya juga!

oleh karena itu  makanya sebenrnya yang kutulis tidak semua. yang kutulis sedikit tapi penting lebih bagus daripada banyak tapi ecek-ecek. banyak juga kan pikiran manusia yang tidak berharga, maksudnya kurang penting untuk diposting dan dibagi ke orang lain seperti mau makan apa, pakai baju apa. yang lebih baik adalah menulis suatu posting yang penting, bermanfaat, berharga dan berguna bagi orang lain. termasuk di sini adalah pemikiran, cerpen hiburan, tips dan lain-lain. diary itu konsumsi pribadi tapi siapa tahu bermanfaat bagi orang lain lewat inspirasi dan success story kepada orang lain.

blog bagiku adalah sahabat sejati. di dunia di mana tak ada teman, cinta dan keluarga, cuma dia satu-satunya yang bisa diandalkan untuk berbagi cerita. memang dia benda mati tapi dia selalu menerima curhatan, pemikiran, ide-ide dan perasaan. dia memahami segala yang kukatakan. dia bagai pendengar setia. dia menerima aku apa adanya. dia selalu ada waktu aku butuhkan. andai dia hidup akan kujadikan dia teman terbaikku.

tanpa blog aku tak punya tempat curhat. aku jadi tak bisa mengelurkan pemikiran, perasaan dan diaryku. aku juga tak bisa menuliskan cerpen-cerpenku. aku tak bisa mengeluarkan ide-ide, dan inspirasi. aku tak bisa mendokumentasikan apa yang kujalani, kualami, kurasakan dan kupikirkan. aku pun tak bisa berbagi. aku jadi tak bisa berkomunikasi. ini sangat gawat. oleh karena itu aku membutuhkan blog. blog bisa menjadi diary. bisa bisa mewakili kata hatiku kepada dunia ketika aku melakukan hal yang mungkin menurut mereka aneh. misalnnya mereka bertanya,”kenapa kamu begini? kenapa kamu melakukan hal ini? apa yang membuatmu jadi begini?”

aku tunjukkan saja blogku,” tuh semua ada di blog. baca saja.”

blog sama saja seperti diary, wasiat atau pesan setelah mati. di cerita-cerita banyak orang yang sudah mati meninggalkan warisan diary. aku pun bermaksud melakukan hal yang sama lewat blogku. tak hanya individu, gerakan sosial politik, revolusi pun memiliki blog/ situs untuk menerangkan ideologi mereka. hal itu bertujuan untuk merekrut orang-orang baru. siapa tahu ada yang mau jadi anggota mereka. begitu gerakan revolusi di dunia maya bergerak.

oleh karena itu aku harus ngeblog. ngeblog juga menjadi sarana bukti eksistensiku di dunia maya. cukup di dunia maya saja aku butuh eksis sebab aku tak punya eksistensi di dunia nyata. di dunia nyata aku kuper, bodoh, miskin, jelek. aku jadi harus pergi dari dunia maya. di dunia maya aku hidup dan tinggal.

nah, untuk eksis di dunia maya aku perlu blog. orang lain eksis di dunia maya dengan facebook, twitter, path, instagram dll. oke aku juga butuh sosmed-sosmed itu, tapi mereka bukan pokok, asas dan asal. asas dari eksistensi di dunia maya bagiku adalah blog sebab blog mengandung curahan hati, perasaan, pemikiran dan karya dengan lebih lengkap dan panjang. blog adalah eksistensi dan identitas. setelah punya blog baru dipromosikan di sosmed-sosmed itu. oleh karena itu sebelum punya akun sosmed punya blog dulu biar elbih lengkap. blog untuk tulisan panjang sedangkan sosmed untuk status singkat dan link. kan ekren kalau update status link? status link itu pendek tapi sebenarnya mewakili sesuatu yang ebsar lo. yaitu halaman web atau blog. maka dengan blog dan sosmed maka aku ada.

oleh karena itu aku harus ngeblog. aku harus punya blog dan merawatnya. aku harus merawatnya. dengan begitu blogku bisa update seperti berita dan media massa. nanti dia jadi update dan gak kudet apalagi gaptek. kalo kudet nanti ditinggal orang-orang.

tidak perlu setiap hari. dua atau tiga hari sekali cukup. satu kali update tidak harus sepanjang hari. dua jam kira-kira cukup bagiku. sama kayak waktu nongkrong atau kencan. dua jam ajalah. kalau jarang ketemu justru bisa meningkatkan intensitas perasaan ketemuan. sama seperti LDR. kangen… terus tiap hari. lalu jadikan pertemuan jadi momen yang efektif dan efisien. itulah cara aktivitas ala manajemen.

dengan jarang ketemu justru perasaan makin kuat. kalau terlalu sering justru bisa bikin jenuh. entar bosen terus putus lagi. kan gawat atuh. makanya lebih baik gak terlalu sering. hubungan kita diukur dalam waktu dan kenangan-kenangan yang telah dan pernah kita alami, sayang. tetap pertahankan hubungan kita ya? *nyium layar komputer.*

aku sekarang sibuk kerja. hidupku berubah gak kayak dulu. dulu aku longgar bisa posting setiap hari. sekarang nggak. aku jadi harus mengatur waktu. aku jadi ngeblog biasanya malam.tapi meskipun gitu aku tetap semangat ngeblog. aku tetap mencintai dia dan ingin terus bersama dia. aku bisa bahagia asal bisa terus bersama dia.

sekarang aku jadi jarang posting. justru itu yang bikin aku agak tenang. sebab dengan jarang posting aku bisa memikirkan dengan sungguh-sungguh apa yang mau aku posting. aku bisa serius merencanakan posting lalu bikin posting yang penting, berharga dan bermanfaat. kalian tahu? karya bagus tidak dibuat dalam waktu singkat. justru karya bagus dibuat dalam waktu panjang dan lama. contohnya bandingkan antara film holywood dan sinetron-sinetron indonesia. waktu dan kualitasnya beda jauh kan? kualitas berbanding lurus dengan banyak waktu yang dibutuhkan untuk membuat karya tersebut. oleh karena itu sekarang aku lebih percaya sedikit posting bagus dan jarang update lebih baik daripada banyak posting remeh. bukannya ngeremehin tapi kualitas sebanding dengan banyak tenaga dan waktu yang dibutuhkan untuk membuat karya. tapi tetep update lo ya. gak setiap hari posting. mungkin dua atau tiga hari sekali posting. kecuali ada momen darurat seperti ada event, nah kalo ada yang gitu musti cepet-cepet diposting. kalo gak nanti basi.

so that’s it. sekarang blog makin dekat di hatiku. aku takkan mau melepaskan dia selamanya. aku akan berusaha semoga selalu bisa update dia. minimal seminggu sekali ada berita terbaru dariku. blog ini semoga bisa bertahan sampai akhir waktuku, kalau bisa lebih biar jadi warisan hidupku pada dunia dan akhirat. see you guys. let’s blogging!