apakah Alloh mengkhianati doa kita?

Apakah ketika Alloh member kita kegagalan dan memberikanya kenyataan yang tidak sesuai doa kita, apakah itu berarti Alloh tidak mengabulkan doa kita dan Alloh mengkhianati kita?

Jawab:

Tidak, tapi hal itu menunjukkan pengertian Alloh. Alloh lebih mengetahui bahwa jika doa itu terkabul sekarang ataukita sukses sekarang hal itu akan membawa musibah bagi kita sebab bias saja kita tidak siap menghadapi akibat dan hokum syara yang terkait dengan itu. Alloh maha mengetahui masa depan, takdir dan hakikat manusia, termasuk kita lebih dalam dari pada kita. Alloh lebih tahu apa yang kita butuhkan daripada apa yang kita inginkan. Kita selama ini menginginkan sesuatu hanya dari permukaannya saja, bukan dari dalam. Jadi Alloh memberikan kepada kita apa yang paling tepat bagi kita.

Doa kita bias saja dibalas langsung,ditunda, disimpan sebagai balasan di akhirat atau dialihkan menjadi penyelamat kita dari bahaya. Apapaun pilihan yang diberikan Alloh itu semua sudah diberikan dalam pilihan yang paling tepat bagi kita. Di saat, waktu dan kondisi yang tepat. Itulah pemberian Alloh. Bahkan penolak bencana pun merupakan anugerah sebab menghemat biaya kita dari biaya pengobatan, kerusakan tubuh, cacat bahkan nyawa. Bukankah tubuh, kesehatan dan nyaw lebih berharga daripada harta berapapun?

Keputusan ini bukan berarti manusia tidak boleh punya keinginan. Manusia boleh punya keinginan. Munculnya keinginan itu sudah alami yang muncul dari naluri yang diciptakan Alloh untuk manusia. Apapun yang diciptakan Alloh itu pasti baik. Tidak mungkin buruk. Tinggal manusia harus memenuhi keinginan itu harus dengan cara yang syari dan niatnya lillahi taala. Kemudian ketika setelah dia berusaha mencapai keinginan itu, memenuhi kebutuhan atau menjalankan kwajiban terjadi kegagalan semua berarti kehendak Alloh berbeda dan kehendak Alloh yang lebih baik sebab ada hikmah di sana. Ketika memberikan kegagalan Alloh bermaksud memberikan pelajaran untuk manusia.

Ketika manusia mempunyai keinginan sesuatu, pastikan keinginan itu syari.. barangnya halal, caranya syarI, niatnya lillahi taala. Dia berdoa lalu berusaha sekuat tenaga. Setelah itu dia bertawakkal dia serahkan hasilnya kepada Alloh. Nantinya ada dua kemungkinan hasil baginya, yaitu sukses dan gagal. Salah satu yang akan terjadi pada manusia. Ketika sukses dia berkewajiban untuk bersyukur. Kalau tidak syukur dia bias kufur nikmat dan maksiat lain-lain. Ketika yang didapatnya kegagalan dia harus sabar dan qanaah. Menerima apapun yang terjadi itulah yang terbaik untuknya. Begitu pula dalam doa. Ketika hasil doa belum terlihat sabar saja. Sabar bukan berarti menyerah. Kalau menyerah itu namanya pasrah, tapi sabar itu menerima hasilnya sambil terus berusaha.

Selanjutnya manusia sebaiknya tidak sedih dan putus harapan. Dia sebaiknyamelanjutkan harapan, optimisi, bangkit dan berusaha lagi. Ini tidak mudah bagi orang yang gagal sebab mereka merasakan sakitnya tapi mereka tetap harus maju. Alloh akan selalu mendukungnya kalau niat mereka lillahi taaladan caranya syari.

Tak lupa orang yang sukses juga membutuhkan peringatan agar tidak lupa daratan, lalu jadi ujub, sombong ,cinta duniahingga lupa dengan Alloh. Contohnya banyak orang yang miskinnya rajin ibadah setelah kaya dia jadi jarang dan malas ibadah. Sibuk kerja, merawat keluarga dll. Kalau seperti itu sukses menjadi musibah baginya. Makanya perlu ada peringatan untuk orang yang sukses juga agar selalu di jalan Alloh.

Jadi begitu. Kegagalan dan doa yang tidak terlihat hasilnya bukan berarti Alloh berkhianat, tapi Alloh lebih mengertiapa yang terbaik bagi kita. Alloh lebih mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan pada kita. Bisa saja terjadi hal buruk pada kita kalau kita sukses dan doa kita terkabul. Maka Alloh lebih baik memilihkan kegagalan dan pengalihan doa agar kita selamat dari bahaya tak terlihat tersebut.

Jadi jangan menyerah! Jangan berhenti berharap! Mulailah berharap lagi, berdoa kepada Alloh dan berusaha yang keras! Berusaha sungguh-sungguh sampai kau pantas untuk mendapatkannya! Jangan takut gagal! Kegagalan hanyalah pelajaran yang prlu kau pelajari! Berdoa kepada Alloh dan berusaha dengan cara yang syari! berusaha yang sesuai syariah, berdoa yang khusyuk, rajin beribadah, patuhi perintah-Nya, jauhi larangann-Nya! Insya Alloh sukses plus barokah.