antara definisi dan syarat

apa teman-teman pernah tahu kata-kata seperti ini?

  1. arti kebahagiaan bagiku adalah jika aku berhasil mencapai cita-citaku, menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa, membahagiakan orang tua dll.
  2. cinta adalah kesetiaan dan pengorbanan.
  3. sukses adalah keyakinan.

kata-kata di atas menggunakan kata adalah yang menunjukkan definisi. artinya kata-kata di atas adalah definisi. aku ingin memberitahukan kalau kata-kata di atas sebenarnya bukan definisi, tapi syarat. kalau syarat itu terpenuhi yang didefinisikan akan terwujud. maksud atau tujuan sebenarnya dari kata-kata di atas adalah:

    1. kalau aku berhasil mencapai cita-citaku, melakukan hal-hal yang berguna bagi nusa dan bangsa serta membahagiakan orangtuaku maka aku akan bahagia.
    2.  jika pasanganmu setia padamu dan rela berkorban untukmu tandanya dia cinta padamu.
    3. jika kamu yakin pada impianmu maka kamu akan sukses.

definisi sebenarnya adalah gambaran penjelasan tentang objek. definisi yang benar menggambarkan objek itu sesuai kenyataannya secara menyeluruh serta membatasi hal-hal lain memasuki objek agar tetap jelas dan tidak kabur. menyeluruh maksudnya meliputi seluruh aspek objek sehingga semua fenomena objek dapat dijelaskan. sedangkan membatasi maksudnya mencegah hal-hal lain agar tidak masuk pada objek. contohnya definisi mobil adalah kendaraan bermesin beroda empat. definisi ini meliputi segala jenis mobil seperti sedan, truk, kijang, bus, dan lain-lain. definisi ini membatasi agar sepeda, sepeda motor, bajaj, bemo, becak tidak masuk. sayangnya definisi ini mengelurkan truk sebab kenyataannya truk beroda enam, delapan bahkan sepuluh.
definisi dapat dibuat dengan jelas pada objek berupa materi sebab objeknya dapat ditangkap panca indra dan dapat ditunjukkan. semua orang dapat mengamati dan sepakat pada benda itu. definisi hal gaib lebih sulit, apalagi nilai-nilai abstrak sebab tak bisa dijangkau panca indra. nilai-nilai ini berkaitan dengan pengalaman, pemahaman dan cara pandanga terhadap dunia. contohnya definisi hati, nyawa, akal, Tuhan, jin, setan, malaikat, akhirat kemudian definisi nilai seperti kebahagiaan, kesuksesan, persahabatan, cinta, kebenaran, keadilan, kebaikan, keindahan. para ahli pun berbeda-beda dalam mendefinisikan manusia, kebudayaan, masyarakat, politik, seni dan lain-lain. mereka masing-masing hanya mendefinisikan dari satu aspek tapi meninggalkan yang lain. itulah kelemahan definisi mereka. contohnya definisi manusia sebagai homo sapiens, homo ludens, symbolicum animaticum, zoon politicon, hayawan nathiqun, dll.
karena pada benda-benda gaib tidak bisa dijangkau objeknya, maka dia diyakini ada dari akibatnya. dengan cara ini pula definisi benda-benda gaib dibuat. definisi ini dibuat dari syarat dan akibat dari sebuah pilihan. contohnya kalau ada ketekunan usaha keras akan sukses tapi kalau tidak ada ketekunan maka usaha keras akan gagal. dari situ dibuat definisi kesuksesan adalah ketekunan usaha keras, padahal faktanya sukses berbeda dengan ketekunan dan kerja keras, tapi dihubungkan agar menapai suatu kesimpulan. contoh lagi adalah sukses adalah mampu melewati kegagalan-kegagalan tanpa kehilangan semangat. artinya kalau kita bisa melewati sekian banyak kegagalan tanpa kehilangan semangat kita akan sukses.
kata-kata di atas bukanlah definisi ilmiah. kata-kata itu adalah pepatah, kata-kata mutiara dan motivasi yang diucapkan oleh seorang motivator atau orang bijak. kata-kata itu memiliki maksud tertentu. maksud itulah yang penting dan dituju agar dipahami oleh penerima kata mutiara agar digunakan. dengan begitu maksud pesan kata mutiara itu dapat dipahami dan digunakan. sedangkan kata adalah itu adalah majas agar kata-kata mutiara itu indah dan singkat. sama seperti syair yang puitis. jadi kata-kata itu bukan kata-kata ilmiah. itulah yang perlu diketahui agar makna kata-kata itu dipahami makna dan maksudnya.