Alasan Blog Kamu Super Jelek Sekali

Alasan Blog Kamu Super Jelek Sekali

Sobat blogger di manapun berada. Pada kesempatan ini, kita coba ulas beberapa alasan Google meluncurkan Algoritma terbaru, yakni Google Panthom dan Mobilegeddon.

Kedua algoritma tersebut menjadi momok para blogger, bahkan pengelola website dunia sekalipun. Alasanya kenapa? Silakan simak sepenuhnya tentang Google Panthom dan Mobilegeddon.

Namun demikian, di dalam artikel tersebut sudah kami jelaskan berbagai solusinya.

Kali ini, sedikit menyinggung soal judul artikel ini, kok bisa-bisanya berani menelaah “blog dibilang super jelek” ?

Jangan sensi dulu Sob. Situs ini pun, juga masih banyak kekurangan kok. Karena pada dasarnya:

Di dunia ini tidak ada yang sempurna; kesempurnaan hanya milik sang Pencipta.

Dengan berbekal pedoman tersebut, maka tidak ada hal yang perlu dibanggakan. Namun begitu, perlu kiranya kita ulas topik “nyeleneh” namun “berbobot” dan “sarat makna”. Kenapa saya katakan demikian?

Ulasan kali ini nanti tidak lepas dari munculnya dua Algoritma Google terbaru tersebut. Sehingga, jangan heran dan kaget kenapa saya angkat judul yang “nyeleneh” ini.

Alasan Blog Kamu Jelek Banget

Pada dasarnya, sudah menjadi sunnatulloh, hukum alam, setiap blogger pasti ingin membuat blognya menjadi keren abis, bahasa gaulnya populer. Saking ngebetnya bahkan ada diantara blogger yang rela mengeluarkan banyak uang untuk beajar SEO Onpage maupun Offpage.

Kalau sobat tahu, ternyata belajar SEO dengan para master lewat pelatihan itu tidak murah, tetapi mahal. Bahkan sampai puluhan juta.

Tuhkan, saking pengen terkenal dan populer, para blogger rela menekuni hal ini. Ya karena memang mungkin tujuan ngeblog adalah karena bisnis atau materi.

Pada intinya, usaha-usaha tersebut tidak sekedar hanya teori yang sudah diperoleh, namun juga harus diiplementasikan (diterapkan) pada blog kita. Jika sekedar omongan doang (omdo), maka hanya akan menguras tenaga dan waktu serta mteri (uang).

Berkaca dari hal itu, sedikit banyak rekan-rekan sudah faham secara umum teori tentang SEO. Sehingga, pada kesempatan ini tidak akan saya singgung secara rinci tentang hal itu. Namun pada aspek penyebap blog atau situs yang kita kelola menjadi sulit berkembang, alias tergolong super jelek sekali.

Alasanya apa aja mas?

1. Konten Blog Kamu Biasa Saja (amburadul)

 Tidak perlu saya jelaskan secara rinci. Namun intinya, dari proses penulisan dan pembahasan, bahkan dari judul semuanya tidak nyambung alias “asal nulis”. Kenapa hal inin bisa terjadi? Bukan bermaksud apa-apa, namun ada kemungkinan kita belum bisa praktek menulis yang baik dan disukai pembaca.

Lalu ciri-ciri tulisan yang baik itu seperti apa gun?

Tidak usah bertele-tele, silakan simak dan pelajari secara nyata dan dipraktekkan cara menulis artikel agar disukai pembaca dan ramah Google (mesin pencari lainnya).

2. Konten Blog Kamu hasil Copas (copy paste)

Dengan alasan apapun, tindakan copy paste artikel merupakan tindakan yang kurang pas (secara ilmiah). Namun demikian, mengingat mungkin banyak sekali kendala untuk belajar nulis, jalan terbaik bagi blogger yang demikian adalah melakukan rewrite terhadap artikel dari orang lain. Atau bahasa kerennya “sadur”.

Ingatlah bahaya copy paste artikel bagi blog kamu. So, tetap semangat untuk belajar nulis.

3. Pageload time Blog Kamu Berat Banget

Maksudnya, ketika blog Sobat dibuka oleh pembaca, ternyata membutuhkan waktu yang sangat lama. Maka, tidak ada jalan lain bagi sobat apabila memang belum mengetahui kecepatan loadingnya, silakan cek di GTmetrix.

Dengan menggunakan tools tersebut akan bisa kita ketahui berapa kecepatan page load time blog kita, dan bagusnya kita akan diberikan saran beserta keterangannya. tengok saja misalkan kecepatan situs forum blog ini:

loading situs forum blogger indonesia super cepat
Pengujian pada 17 September 2015

Keren kan, hehe. Jika sobat ingin seperti situs ini, silakan simak cara mudah mempercepat loading blog.

4. Berlebihan dalam Memasang Iklan

Dalam hal ini, mungkin sobat berbeda pendapat. Karena berbeda pendapat itu sah-sah saja. Namun menurut kami, pemasangan iklan yang berlebihan akan membuat pengunjung tidak nyaman. Karena pembaca intinya ingin membaca artikel yang kita buat. Jika sebelum membaca sudah dihalang-halangi oleh iklan, wah males banget deh jadinya.

Adanya iklan (berbayar) akan bisa menunjang pendapatan. Namun, bijak dalam tata kelola iklan yang baik dapat meningkatkan pendapatan kita.

5. Desain blog yang Berlebihan

Maksud berlebihan di sini salah satunya adalah adanya iklan di mana-mana. Selain itu, pemilihan tata kelola warna, banyaknya widget yang begitu banyak (trafik pengunjung, alexa dll), pengaturan optimasi font huruf dan jenisnya dll sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pembaca. Jika tidak memenuhi kenyamanan pembaca, jangan harap blog Sobat minta disebut user friendly.

6. Tidak ada Kolom Komentar

Apakah ada blog yang seperti ini? Saya kira sangat jarang sekali. Namun yang penting, usahakan untuk mengaktifkan kolom komentar. Kebanyakan blog biasanya sudah diatur oleh blogger bawaan secara default.

Kalau sudah ada kolom komentar, usahakan untuk membuat tulisan dengan selalu melibatkan pembaca untuk memberikan masukan dan solusinya.

Kesimpulan

Ulasan di atas menjadi parameter blog kamu bagus atau jelek banget. Namun demikian, hal itu sekedar pendapat semata. Baik dan jelek, ganteng dan cantik, semuanya adalah relatif tergntung bagi orang yang menilainya, dan tentu hasilnya bisa sama dan bisa berbeda. Paling tidak, pendapat di atas menjadi masukan (jika memang bermanfaat).

Demikian ulasa tentang alasan blog dikatakan bagus atau jelek, semoga bermanfaat. Salam blogger and happy blogging.

(http://www.forumblogindo.com/).*