10 Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari Blogger Pemula (Newbie)

Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula (Newbie)

Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula (Newbie)

Sobat. Untuk mengisi waktu karena belum bisa tidur, kali ini akan saya sampaikan kesalahan umum yang sering dilakukan blogger pemula (newbie). Kesalahan tersebut tentu bisa berakibat fatal terhadap keberjalanan situs blog yang akan Sobat kelola.

Pada dasarnya, kesalahan-kesalahan yang akan saya uraikan nanti kelihatannya seperti masalah sederhana, namun sangat berdampak buruk bagi blog kita. Disadari atau tidak, saya pun awal mula belajar ngeblog juga melakukan hal itu. Maklum juga sih, kan baru belajar, tentu banyak sekali berbuat kesalahan, hehe.

Langsung saja, berikut beberapa daftar kesalahan yang harus dihindari para blogger pemula (newbie) jika tidak ingin situs blog yang Sobat kelola tetap “eksis” dan sukses di masa mendatang.

10 Daftar Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari Blogger Pemula

1. Salah Menentukan Topik

ide gagasan

Jika ingin menjadi blogger yang eksis dan sukses, sejak awal sebelum membuat blog adalah harus menentukan topik apa yang harus Sobat fikirkan.

Tentu langkah terbaik yang harus dilakukan dalam memilik topik blog ini adalah menyesuaikan ilmu, bakat, minat dan keahlian sobat.

Banyak sekali hasil penelitian Ane, bahwa rata-rata para blogger pemula hanya berfikiran “niru” alias “meniru” blog yang memang sudah terkenal.

Misalkan saja tentang “Blogspot”. Pasti kebanyakan newbie hanya akan menulis berkenaan dengan masalah “Blospot” saja. Padahal menurut pengamatan Ane, 10 Blog terbaik di Indonesia tidak ada di antara mereka yang isi kontennya berbicara tentang “blog”,

So, optimalkan bakat menulis dan ide serta keahlian Sobat. Maka akan terbentuk sebuah topik gagasan yang unik dan relefan dengan keahlian Sobat.

2. Salah Memilih Template

SL Super Fast Best Blogger template

Hal ini sudah sering kali saya sampaikan. Bahwa langkah selanjutnya setelah menentukan topik adalah memilih template blog yang akan dijadikan tampilan desain serta tata kelola SEO di dalamnya. Tentu hal ini masih teringat dengan bahasan saya sebelumnya tentang cara memilih template blog yang benar sesuai saran Google.

Kebanyakan para blogger pemula biasanya lebih memilih template dengan tampilan “wah, ngejreng, penuh animasi, dll. Padahal pada faktanya, search engine Google lebih menyukai template yang responsive, SEO, super fast loading dan user friendly. Jika Sobat mengingingkan desain tapilan blog seperti punya Ane, silakan saja gunakan SL Super Fast blogger template: Best Blogger Template 2015.

Dengan template yang sudah memenuhi kriteria saran Google, kita tidak perlu repot-repot memikirkan SEO lebih dalam. Kita hanya perlu fokus pada isi konten yang berkualitas.

Jika masih kesulitan untuk membuat konten yang berkualitas, silakan baca pandunnya [klik di sini]. Selain daripada itu, kebanyakan para blogger melakukan cara yang salah ketika melakukan pergantian template. Ingin tahu alasanya kenapa? Berikut ulasan panduan dasar ganti template yang benar.

3. Copas Artikel
Copas ArtikelSiapa sih yang tidak faham dengan istilah copas alias copy paste? Kebiasaan ini sering kali dilakukan oleh para newbie. Dimaklumi atau tidak karena masih pemula, namun cara ini akibat dari tidak menghiraukan point pertama pada bahasan ini, yakni menghiraukan topik blog sejak awal.

Jika di fikiran Sobat sudah penuh dengan yang namanya copas, yang terjadi adalah kemalasan belajar untuk menulis dan menghasilkan ide. Terlebih lagi, jika hal itu Sobat lakukan, Google tak akan segan untuk menghapus blog sobat karena terjaring razia Google Panda, hehe.

Sudah lama buat blog Copas, eh malah dihapus Google. Nangis deh, hehe. Lebih jelasnya, silakan simak bahaya copy paste artikel serta solusinya.

4. Salah Menerapkan Optimasi SEO


Lebih jelasnya point keempat ini, silakan baca dan fahami artikel tentang optimasi dasar SEO blog bagi pemula. Selain itu, lebih baik juga menerapkan 8 SEO Onpage terpopuler 2015. Insyalloh bermanfaat.

5. Suka Melakukan Aktifitas Spam

jangan nyepam

SPAM di sini tergolong tindakan yang sangat merugikan diri sendiri Sob. Karena Google dengan jelas sangat membenci aktifitas spam. Spam biasanya dilakukan oleh para blogger pemula dengan tujuan untuk mendapatkan backlink guna meningkatkan trafik di dalam mesin pencari (searc engine).

Apakah benar dengan melakukan aktifitas spam bisa meningkatkan backlink?

Yang terjadi adalah sebaliknya Sob. Blog yang sobat buat bisa-bisa akan dibanned oleh mesin pencari. Sudah nulisa susah payah (bagi yang tidak copas), eh malah tidak ada satupun pengunjung karena terbanned dari index mesin pencari. Rugi kan?

Selain daripada itu, spam bisa juga merugikan blog kita yang menjadi sasaran tembak para spammer. Guna mengatasi hal ini, tentu ada cara jitu untuk mengatasi hal itu. Lebih jelasnya, silakan baca artikel cara jitu mengatasi komentar spam.

6. Asal Gonta-Ganti Template Tanpa Ilmu

Asal Gonta-Ganti Template Tanpa Ilmu

Hal ini (dulu) sering saya lakukan. Karena ya memang belum tau dampak negatif dan postifnya. Namun, setelah melakukan berbagai diskusi, tidak sepenuhnya benar jika melakukan pergantian template berakibat buruk. Bahkan malah terjadi sebaliknya.

Yang terpenting adalah menguasai ‘ilmu cara ganti template yang benar.

Jika sudah menemukan kualitas template yang mumpuni sesuai dengan saran google, maka fokus saja dengan kualitas konten. 

Jika tidak bisa mengatur waktu dan memahami ilmu tentang ngeblog, yang terjadi malah pusing tujuh keliling, karena saking banyaknya pilihan template di mbah Google. Fahami dan resapi manfaat dan dampak buruk gonta ganti template blog. Buat saya, modal dikit asal sukses selanjutnya.

7. Tidak Mau Belajar SEO
Tidak Mau Belajar SEOSEO merupakan “pegangan” wajib bagi seorang blogger. Jika ingin bersaing dengan jutaan para blogger lain, maka mutlak dan wajib bagi blogger sejati untuk belajar SEO. Tidak sekedar ngeblog aja ya. Akan sangat percuma jika menulis begitu banyak, namun tidak ada satupun orang yang berkunjung bahkan membaca tulisan kita. Itulah salah satu panduan SEO yang wajib dipelajari.

8. Selalu Berfikir Profit

Selalu Berfikir Profit

Kebanyakan para blogger pemula (termasuk saya), profit oriented adalah tujuan awal dalam membuat blog, walaupun banyak juga yang tidak berfikiran seperti ini. Seperti misalkan berfikiran untuk mendapatkan penghasilan dari sebuah blog.

Hal itu tidak salah dan malah saya benarkan. Pecuma juga donk jika sudah mengeluarkan banyak waktu namun nihil hasilnya?

Benarkah demikian?

Saya sendiri kurang memikirkan masalah profit. Sedari awal saya tanamkan untuk mencoba “belajar” menulis yang baik dan disukai pembaca. Seperti pepatah Jawa yang saya jadikan motivasi:

Ojo golek jenang, naging goleko jeneng disek agi golek jenang (janganlah berfikiran mendapatkan uang, namun fikirkanlah cara mendapatkan nama besar yang akhirnya uang akan kamu peroleh dengan sendirinya)

Siapa yang sepakat acungkan jempol ya.

9. Malas Nulis

Ini adalah point yang menghinggapi tidak hanya blogger pemula, bahkan mungkin sebagian besar blogger, hehe.

Bukan-apa apa, namun banyak kok yang sering copas alias copy paste?

Seperti pesan Eyang Kakung,: “Jadi blogger kok gak mau nulis”

Penyebabnya yang cuma satu, yakni malas nulis. Sudah tahu kan akibat dari copas artikel orang sebarangan? Tidak ada solusi jitu bagi seorang blogger untuk terus belajar cara menulis artikel yang baik agar disukai pembaca serta ramah terhadap Google.

10.Tidak Suka Diskusi dengan Para Master

Tidak Suka Diskusi dengan Para Master

Hal inilah yang “mungkin” belum dilakukan newbie. Padahal;

Cara terbaik untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah dengan sering melakukan diskusi (blogwalking) dengan para master blogger.

Dengan aktifitas diskusi dengan para master blogger, tentu selain menambah ilmu ngeblog juga mendapatkan backlink yang berkualitas. Tidak sekedar nyepam lho ya. Ibarat pepatah;

Sekali dayung dua pulau terlampaui.

Demikian uraian singkat 10 kesalahan fatal yang sering dilakukan para blogger pemula (newbie). Semoga dengan ulasan di atas, bisa memberikan semangat untuk berkarya dan menelurkan ide gagasan terbaik guna membangun peradaban bangsa Indonesia ini menjadi lebih baik.

Ada yang mau menambahkan?
Jika Sobat mempunyai pengalaman lain, silakan dishared kepada rekan-rekan blogger lain njeh. Jangan segan untuk menuliskan penjelasan Sobat di kolom komentar di bawah ini.

Happy blogging and salam.
(http://forumblogindo.com).*