jawaban aqidah islam terhadap uqdatul kubra

islam telah memberikan jawaban bagi uqdatul kubra. secara singkat jawaban aqidah islam adalah:

  1. seluruh alam semesta, kehidupan dan manusia berasal dari Alloh
  2. tujuan seluruh alam semesta, kehidupan dan manusia ada adalah untuk beribadah kepada Alloh. walaupun caranya berbeda-beda tujuan mereka semua sama.
  3. kelak setelah mati seluruh manusia, alam semesta dan kehidupan kembali kepada Alloh. kelak hari kiamat akan terjadi dan seluruh manusia akan dibangkitkan. manusia akan dihakimi dan dibalas menurut perbuatannya di dunia. kalau perbuatannya baik dia akan masuk surga sedangkan kalau perbuatannya buruk dia akan masuk neraka.

jawaban di atas dapat dijabarkan sebagai berikut:

pada awalnya awal dari segala sesuatu adalah Alloh. Alloh maha awal. Alloh tidak berawal. hanya Alloh yang ada. lalu Alloh menciptakan alam semesta, malaikat, jin, kehidupan baru manusia. Alloh menciptakan segala makhluk untuk beribadah kepada-Nya dengan cara-cara yang berbeda-beda menuruti sifat dan kondisi masing-masing makhluk.

Alloh menciptakan manusia untuk beribadah kepada-Nya. untuk itu Alloh menurunkan agama islam sebagai panduan untuk menjelaskan kepada manusia hakikat kehidupan, cara beribadah kepada Alloh dan cara menjalani hidup yang benar sesuai yang Alloh kehendaki. Alloh menciptakan manusia untuk menjadi khalifah di dumi untuk memakmurkan di bumi. untuk memakmurkan bumi ada berbagai hal yang harus dilakukan. untuk itulah agama Islam ada. aqidah dan syariah Islam menjelaskan aturan pengelolaan bumi dan kehidupan bagi manusia.

agama islam tidak mungkin tiba-tiba ada. untuk itu perlu seorang rasul yang menyampaikannya, menjelaskannya dan menunjukkan teladan cara pelaksanaannya. oleh karena itu manusia wajib mengikuti sang rasul tersebut. jalan hidup rasul itulah jalan hidup yang benar yang sesuai dengan islam. manusia wajib mengikutinya.

kelak seluruh manusia, kehidupan dan alam semesta akan berakhir. saat itulah terjadi hari kiamat. seluruh alam semesta, kehidupan dan manusia akan mati. setelah kiamat seluruh umat manusia akan dibangkitkan dari manusia pertama sampai manusia terakhir. seluruh umat manusia akan diadili dan dihakimi dengan hukum Alloh yang telah Alloh turunkan dalam syariat Islam. seluruh amal manusia yang telah dicatat akan ditimbang. kalau amalnya baik dia akan masuk surga. di sana dia akan bahagia selamanya. sedangkan jika amal manusia buruk dia akan dimasukkan ke dalam neraka. di sana dia akan disiksa dalam siksaan yang pedih tiada tara selamanya.

untuk pembalasan itu seluruh amal manusia dicatat spanjang hidupnya. di kedua sisinya dua malaikat pencatat amal senantiasa mengawasi dan mencatat amal perbuatannya. malaikat itu adalah raqib dan atid. raqib mencatat amal baik dan atid mencatat amal buruk. oleh karena itu hendaknya manusia memperhatikan apa yang telah diperbuatnya sebab segala yang diperbuatnya kelak akan dibalas di hari kiamat nanti.