aqidah adalah pandangan hidup



Aqidah adalah jawaban uqdatul kubra. Aqidah adalah pemikiran yang menyeluruh tentang alam semesta, kehidupan dan manusia beserta penjelasan tentang apa yang ada sebelum ketiganya ada dan apa yang ada setelah ketiganya berakhir serta hubungan antara segala aspek tersebut. singkatnya aqidah adalah pandangan hidup, pandangan tentang dunia, kehidupan, manusia dan masyarakat. pandangan ini mencakup tujuan hidup manusia dan jalan untuk mencapainya. pandangan ini pula mencakup kaidah berfikir dalam menilai segala sesuatu dan kaidah dalam berbuat dan menjalani hidup. semua itu terikat dan terangkai dalam sistem keyakinan individual yang disebut aqidah.

kata “aqidah” berasal dari kata aqada – ya’qidu – aqidatan yang berarti ikatan. pengambilan nama pandangan hidup dari nama aqidah yang berarti harfiah ini disebabkan pandangan hidup manusia semuanya diikat dan dirangkum sehingga membentuk penjelasan singkat pandangan hidup. hal ini sama seperti nama “kesimpulan” pada setiap akhir karya ilmiah yang menunjukkan singkatan dan rangkuman segala isi karya ilmiah.
pada zaman dulu hidup manusia diatur oleh agamanya sehingga pandangan hidupnya ditentukan oleh agamanya. agama memberikan pandangan hidup berupa ada Tuhan yang menciptakan segala sesuatu.  Tuhan mempunyai sifat-sifat tertentu. Tuhan menguasai alam nyata dan alam gaib seperti akhirat, jin, malaikat, surga dan neraka. ajaran agama itu harus diyakini oleh setiap penganut agama itu tanpa keraguan sedikitpun dan tanpa pertanyaan. aqidah agama menjelaskan hakikat kehidupan dan kehidupan manusia. sistem ajaran itu adalah dasar agama sehingga nama aqidah pun disematkan pada ajaran dasar agama itu, termasuk agama islam. dasar aqidah islam adalah rukun iman.
pada masa kini kehidupan manusia tidak lagi diatur dengan agama, tapi dengan ideologi politik. sejak renaissance di eropa, eropa bangkit dengan ideologi kapitalisme dengan asas sekulerisme. di samping kapitalisme tumbuh pula komunisme. kedua ideologi ini mendominasi dunia dan mengatur kehidupan seluruh umat manusia. peraturan-peraturan itu diterapkan dan pandangan hidup ideologi itu diajarkan di sekolah-sekolah, disosialisasikan melalui media massa dan politik. akibatnya manusia mengikuti pandangan hidupnya. dari sini pun aqidah dapat ditempatkan, yaitu pandangan hidup/ filosofi dasar ideologi politik.
jadi aqidah itu berlaku umum. tidak hanya aqidah islamiyah yang berisi rukun iman. ada aqidah kristen yaitu doktrin trinitas. ada akidah hindu, buddha. ada aqidah ideologi kapitalisme yaitu sekulerisme. ada aqidah sosialisme, yaitu materialisme/ atheisme. semua itu pandangan hidup yang menjelaskan asal-usul dari mana asal manusia, kehidupan; tujuan hidup manusia serta akhir dari kehidupan manusia beserta segala yang ada.