siapa itu blogger

Blogger adalah orang yang mengoperasikan blog. Dia menulis posting, mengedit, mengatur setting termasuk template. Dia juga yang mempromosikan blog dengan blogwalking atau mengikuti program SEO.

Blogger bisa laki-laki atau perempuan. Tua muda, kaya miskin, kuper atau gaul, kota atau desa semua bisa. Agama apapun, ras apapun atau Negara manapun bias ngeblog. Kesempatan itu terbuka lebar membuat blog menjadi media kesetaraan jurnalisme.
Untuk menjadi blogger tidak dibutuhkan keahlian banyak seperti ahli TI. Minimal dia hanya perlu bisa mengoperasikan blog saja. Selanjutnya dia bisa meningkatkan kemampuannya dengan skill HTML, bahasa pemorgraman, pengelolaan website, SEO dan sebagainya.
Menurut niatnya blogger dapat dibagi dua:
1). Blogger karena hobi. Blogger ini ngeblog hanya untuk mencari kesenangan. Dia suka menulis dan mengungkapkan perasaannya di blog. Baginya blog adalah diary online untuk kesenangan pribadi. Banyak yang kayak gini. Contohnya anak-anak muda, ibu rumah tangga atau orang-orang lain.
2). Blogger professional. Mereka benar-benar bekerja serius mengerjakan blog mereka. Mereka fokus, professional dan menjalankan program SEO atau macam-macam cara ngeblog yang lain. Mereka ini contohnya pelaku bisnis online atau marketer perusahaan melalui blog.
Kedua jenis blog di atas punya niat yang berbeda membuat tujuan yang berbeda, jalan yang berbeda dalam ngeblog, cara yang berbeda sehingga bentuk blog yang dihaslikan pun berbeda.