semangat hijriah remaja move on

selamat tahun baru teman-teman dan saudara muslim semua. semoga menjadi lebih baik, lebih soleh, sukses dan bahagia selalu. di tahun baru 1436 H ini aku ucapin ini aja.

ngomong-ngomong udah buat resolusi belum? biasanya kalo tahun baru kita bikin resolusi kan? kita bikin janji-janji semacam target untuk mencapai sesuatu, melakukan sesuatu, menggapai prestasi, berbuat baik kepada orang tua, keluarga dan teman. biasanya malam tahun baru  januari orang-orang melakukannya. masak yang ini nggak? padahal kalender hijriah itu kalender islam lo. banyak aktivitas ibadah umat islam berkaitan dengan kalender hijriah, bukan kalender masehi.

dalam tahun baru ini juga kita semua berharap semoga menjadi lebih baik. semoga masalah yang selama ini bikin kita galau cepat kelar jadi kita bakalan bisa move on dan happy lagi. semoga kita bisa tersenyum lagi, bangkit dan menang. ayo bangkit, sob.

nah, sekarang biar kita bisa move on dan bangkit di tahun baru hijriah ini kita bakalan bahas masalah galau ini. sekarang ini kayaknya banyak remaja yang galau ya? di mana-mana galau. di sini galau di sana galau sampe ada radio galau FM. apalagi sebab galau kalau bukan masalah cinta. masalah galau ini masalah berat yang bikin banyak remaja jatuh dan gak bisa bangkit. gak bisa move on istilahnya. kita akan pelajari sebab-sebab galau ini.

sebab-sebab galau ada banyak. antara lain:

  1. jones. jones (jomblo ngenes) ini gak punya cewek/ cowok jadi gak punya tempat belahan hati. udah gitu diledekin sama yang pacaran dan LDR lagi. jones jadi forever alone. tiap malam minggu doanya minta hujan. aktivitasnya di depan komputer, main game, tidur atau malah fap fap.
  2. ngegebet cewek tapi ditolak. biasa. sekarang cewek mintanya ninja, mobil, cowok cakep. buat yang kayak udin gambut ditolak mentah-mentah.
  3. PHP. si cewek dideketin cowok tapi cowoknya gak nembak-nembak. jadinya digantungin. abis itu tuh cowok ternyata jalan sama cewek lain. galau deh.
  4. si dia gak peka. padahal si cewek udah ngasih kode tapi cowok gak ngerti. emang bahasa cewek emang sulit sih.
  5. ditikung temen. udah pedekate, udah nyaman eh ditikung teman. sakitnya tuh di sini .(<3).
  6. si cowok gak pernah bener. apa aja pilihan cowok selalu salah. gak milih juga salah.
  7. friendzone. udah pedekate ternyata cuma dianggep teman atau kakak.
  8. gak bisa lupain mantan.

kalau kita berpikir lebih luas lagi, maka penyebab kegalauan remaja bisa kita temukan sebagai berikut:

Penyebab kegalauan di kalangan remaja

Galau. Galau is everywhere. Nggak di facebook, twitter, instagram, path, atau 1cak sampai internet penuh quotes-quote seputar remaja galau. Ts sendiri pernah galau. True story. Sebenarnya apa arti galau itu?

Galau itu sebenarnya artinya sederhana. Galau artinya sedih dan bingung. Sedih mikirin seseorang dan bingung mau ngapain. Sekarang galau dipersempit menjadi seputar masalah cinta.

Apa saja penyebab galau?

Nah, ini yang akan kita bahas. Tapi yang kita bahas bukan soal masalah-masalah yang dialami remaja seperti PHP, ditikung teman, jones, LDR, dan sebagainya. Masalah-masalah itu memang yang bikin sakitnya tuh di sini (<3), tapi kalo kita berpikir lebih luas, tidak terkungkung hanya dalam cinta maka kita akan mendapatkan kenyataan yang lebih luas yang bikin remaja galau. Ini gak seperti yang lo kira. Check it out!

  1. Mikirin cinta doang. Inilah penyebab umum dan terbesar yang bikin remaja galau. Contohnya: status jones, PDKT tapi dia gak peka, friendzone, LDR, ditikung teman, selalu teringat mantan dll. Otak remaja isinya cinta melulu sehingga menjadikan cinta sebagai tujuan hidup. Mereka melakukan segala cara untuk mendapatkan cinta. Aktivitasnya mikirin cinta mulu. Si dia terus seolah-olah gak ada yang lain. Jadilah remaja mellow. Katanya cinta adalah segalanya padahal tidak.
  2. Lingkungan yang isinya cinta mulu. Sekarang di mana-mana anak muda pacaran. Teman-teman sekolah, tetangga, orang asing yang gak dikenal di tempat manapun pacaran. TV-TV siarannya sinetron pacaran juga. FTV lalu berita artis. Status di sosmed banyak yang pajang foto sama cowok/ceweknya. Banyak yang pasang status yang-yangan. Pas ketemu teman, sodara atau keluarga ditanyai,”udah punya cowok/ cewek belum?” galau deh.
  3. Hati yang jauh dari Alloh. Inilah yang sebenarnya terjadi pada banyak remaja galau saat ini. Para remaja itu jauh dari Alloh. Makanya hatinya kering. Dia merindukan kebahagiaan, perhatian, kasih saying. Pinginnya ada yang merhatiin. Ada tempat curhat gitu tapi karena gak ada yang merhatiin jadinya galau. Alloh sudah bilang kalo manusia menjauh dari-Nya maka buat dia kehidupan yang sempit.
  4. Ortu yang sibuk. Zaman sekarang kita hidup di zaman kapitalisme. Ortu harus terus kerja untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dan kita. Sekarang harga-harga makin tinggi sehingga mereka harus terus kerja keras. Sebentar lagi BBM naik. Jadi deh anak-anak remaja itu kurang kasih saying. Mereka jadi sedih, kesal, marah. Terus anak-anak itu cari kasih saying di luar. Ini bukan yang menjadi anak nakal, tapi akhirnnya gaulnya dengan teman-teman. Ada juga yang cari perhatian dengan wujud cinta dari lawan jenis ditambah ketemu cewek cantik/ cowok cakep. Jadi ngejar dia deh.
  5. Zaman sekarang remaja-remaja itu kalau gak punya teman gak gaul. Nanti dibilang cupu, kuper dan sebagainya. Jadi dia selalu pingin cari teman, gang dan teman hangout gitu. Pas dapet dia melakukan sesuatu agar diterima mereka, antara lain mereka meniru teman mereka. Mereka pacaran dia juga pacaran. Mereka pakai gadget keren dia juga. Dia suka niru-nru gitulah.
  6. Jangan salah sangka bro. Negara juga terlibat yang bikin remaja galau. Negara bahkan yang bikin semua itu terjadi. Alasannya sebagai berikut:
  7. Negara membolehkan pergaulan bebas jadi cowok dan cewek bergaul bercampur baur. Akhirnya ada rasa, jatuh cinta dan pacaran. Akhirnya timbul persaingan cinta rebutan pacar plus masalah-masalah pacaran lain padahal belum bisa cari makan sendiri. Duit masih duit ortu.
  8. Negara membolehkan cewek-cewek pakaian mini dan seksi. Jadinya cowok-cowok tertarik pingin godain. Yang diterima jadi maksiat pacaran yang gak diterima jadi desperate, hopeless. Forever alone. Kasian. Pakaian cewek mini juga bikin pelecehan seksual bahkan pemerkosaan. Dia yang pamerin terus pas dilihat malah marah-marah. Maunya apa coba?
  9. Negara melarang pacaran sebelum umur 18 tahun padahal udah SMP udah jatuh cinta. Gara-gara aturan itu gak bisa nikah jadi pacaran. Urusan mampu itu nanti.
  10. Negara melarang remaja bekerja di bawah umur. Anak remaja jadi manja dan gak bisa mandiri. Jadi yang jatuh cinta Cuma bisa pacaran pake duit ortu. Coba kalo boleh kerja, mereka bakalan mandiri dan bisa merit sehingga komitmen lebih terjaga.
  11. Negara membentuk system pendidikan yang tidak aplikatif dan membebani. Misalnya kurikulum yang berat. PR, tugas,, UTS, UAS bejibun. Pengetahuan itu gak bisa dipake kerja lagi. Tetep aja anak muda gak bisa mandiri dan kerja. Jadi pacaran Cuma jadi mainan. Coba kalo aplikatif, bisa langsung kerja dia.
  12. Negara tidak menghukum pelaku seks bebas. Yang nama lainnya hubungan suka sama suka ini tak bisa dituntut. Beda dengan pemerkosaan. Dengan cara ini banyak cowok yang sebenarnya pingin IYKWIM dengan modus pacaran. Abis dapet ceweknya ditinggal. Ceweknya yang galau sebab mahkotanya udah dikasihin, eh di-PHP-in. madesu deh. Gak perawan lagi.

Nah, itu sebagian factor-faktor yang secara tidak langsung bikin remaja galau tapi benar-benar ngefek. Mungkin teman-teman bisa menambahi dan mengoreksi. Sekarang kita akan bahas solusinya. Ya kencangkan sabuk pengaman sobat, kita bakalan kenceng.
Untuk mengatasi masalah pertama kita harus meluaskan pikiran kita. Hidup isinya nggak cinta doing. Kalau kita mikir dalem-dalem mari kita tanyakan, hidup kita sebenarnya untuk apa? Hidup kita untuk apa? Buat apa mikirin dia kalo dia nggak mikirin kita?

Lebih baik mikirin yang lain. Masih banyak yang bisa kita lakuin dan pikirin. Misalnya mikirin ortu yang selama ini berjuang bekerja keras untuk kita kenapa nggak kita cintai aja. Terus masih ada teman-teman yang baik yang nggak mikirin cinta. Masih ada ekskul. Jadi kita bisa aktif dan berperestasi d sini. Kita bisa belajar pelajaran atau hobi yang kita suka. Seserem-seremnya pelajaran sekolah tentu masih ada pelajaran yang agak gampang dan kita kuasai kan? Masak gak bisa semua?

  1. Kita nggak bisa merubah kerusakan masyarakat gede itu sendirian. Butuh Negara untuk mengubah masyarakat yang gila cinta gitu, tapi yang bisa kita lakukan adalah meminimalkan hubungan itu. Jangan nonton sinetron dan FTV lagi. Gak usah dengerin lagu cinta. Atau kalo dengerin jangan terpengaruh. Kalo liat orang-orang pacaran cuekin aja. Sadar aja kalo mereka itu maksiat dan dosa jadi kita bakalan gak terpengaruh, malah jijik sama mereka. Murahan!
  2. Untuk mengisi hati yang kering kita bisa PDKT sama Alloh. Caranya gampang. Sering sholat wajib dan sunnah. Rajin baca Al-qur’an. Nanti kalo baca Al-qur’an dan sejenak nggak mikirin cinta, nggak mikirin dunia kita bakalan merasa adem. Tenang dan bahagia gitu.
  3. Kita nggak bisa memaksa ortu buat ngasih perhatian sama kita tapi barangkali kita bisa ngomong. Kalo ortu kita benar-benar cinta sama kita (pasti dong) mereka pasti mau dengerin. Kalo disuruh nurut kalo dibilangin dengerin. Nanti ortu bakalan seneng dan ngasih perhatian sama kita. Kalo punya masalah curhat aja sama ortu. Cerita aja. Nanti mereka bakalan dengerin. Kalo kasih solus terima aja. Jangan minta duit ortu buat main-main game. Itu bikin kesel mereka. Susah-susah cari duit malah dibuang-buang. Perhatiin ortu, nanti mereka bakalan merhatiin kita.
  4. Kalo teman ngajakin ke jalan yang buruk tinggalin aja bro. itu bukan teman yang baik. Mereka ngajakin ke neraka. Lo gak mau kan masuk neraka?
    Jadi tinggalin aja mereka. Ganti teman yang lain. Cari teman baru. Masih ada teman yang baik dan solih yang mau ngajak kamu ke surga.  Mereka adalah aktivis keislaman yang mau mengaji, mempelajari agama islam dan mengajarkannya. Mereka adalah aktivis dakwah muda yang pingin kebaikan buat seluruh remaja dan semua orang. Percayalah! Teman yang baik membawa pada kebaikan.
  5. Untuk mengatasi masalah yang disebabkan dari aturan Negara ini kita tidak bisa mengatasinya sendirian. Kita butuh banyak orang. Kita butuh massa, kelompok dakwah, jamaah islam, ormas atau parpol untuk mengkritisi pemerintah. Oleh karena itu jadi remaja gak perlu takut, cuek atau ruwet dengan politik sebab politik mengurusi urusan semua orang termasuk remaja kayak kita-kita juga.

Untuk menangani masalah Negara ini kita harus menyadari sesuatu, yaitu bahwa Negara ini diatur dengan system pemerintahan yang bernama demokrasi. Dalam Demokrasi ini setiap pengambilan keputusan diambil dari DPR atau presiden/ gubernur atau walikota/ bupati. Setiap manusia berhak membuat aturan sendiri, padahal Alloh sudah punya aturan buat manusia. Dari demokrasi lahir kapitalisme yang bikin ortu kita sibuk kerja terus sampe pulang larut malam. Demokrasi juga yang bikin kurikulum yang nggak jelas, suka gonta-ganti dan tugas-tugas seabrek itu. Demokrasi yang bikin liberalism sehingga buat pergaulan bebas, pacaran, free sex dll. Demokrasi, liberalism dan kapitalisme bikin cewek-cewek matre dan modal tampang doang. (kasihan yang mukanya jelek dan miskin. Jones bro). demokrasi yang bikin liberalism sehingga pornografi menyebar, bikin perkosaan, pelecehan seksual, pedofil. Demokrasi juga bikin gay, lesbian, feminism dll.

Untuk itu, untuk mengubah Negara ini, untuk mengubah masyarakat ini biar jadi baik semua, biar semua sembuh gak galau lagi, maka system di Negara ini harus diubah. System demokrasi harus dibuang, diganti dengan system baru. Digantinya dengan system pemerintahan islam. System pemerintahan islam namanya khilafah. Dalam khilafah sudah ada aturan yaitu yang diambil dari syariat islam. Khilafah bakalan ngasih aturan yang beda dari yang sekarang, jadi hidup kita semua bakalan berubah total. Sebagian contohnya antara lain:

  1. Pelajaran gak banyak. Kamu ambil aja pelajaran yang kamu suka. Kalo gak suka gak usah ambil. Jadi semangat belajar terus. Gak ada guru killer. Gak ada UN.
  2. Nyari kerja gampang. Pemerintah bakalan bikin buka lapangan kerja seluas-luasnya. Jadi gak ada lagi pengangguran, madesu atau apalah. Kalo udah kerja bisa cepet nikah, buat halalin dapet cewek.
  3. Yang cewek wajib pake jilbab dan khimar. Jadi gak ada lagi godaan cowok nakal, godaan cewek seksi. Iman terjaga. Kehormatan juga terjaga.
  4. Gak boleh pacaran, jadi gak bakalan ada patah hati, PHP, dll. Sebagai gantinya ada nikah, yang langsung halal ngapain aja.
  5. Buat yang suka selingkuh, ada poligami biar nyukupin nafsunya. Tapi inget tanggung jawab lo ya?
  6. Harga2 barang murah dan gak bakalan naek. Jadi enak beli apa-apa gampang.
  7. Sekolah gratis dan kesehatan gratis. Malah dikasih uang saku lagi. Buku, seragam, alat-alat udah dikasih.
  8. Penelitian didukung. Kalo bikin KIR dan karya lo diterima, karya lo dibeli pemerintah dengan emas seberat makalah lo. Kurang greget gimana?
  9. Cowok/ cewek gak matre. Yang diliat agamanya. Jadi kalo soleh udah boleh nikah.
  10. Nikah dini boleh. Nikah selagi sekolah pas udah baligh, mampu dan udah kerja boleh nikah. Jadi umur 15 tahun udah boleh nikah. Daripada pacaran lama2, digantungan gak jelas lama lagi.
  11. Pikiran remaja gak cinta doing tapi bisa mikirin yang lain. Misalnya ibadah, bekerja, sekolah, belajar, bikin prestasi, berjuang buat islam, berbakti sama ortu dan lain-lain.

Masih banyak lagi yang bisa kita lakuin dalam system khilafah islam. Makanya jangan takut sama islam dan khilafah. Ayo bareng berjuang bersama memperbaiki generasi muda dengan mengobati kegalauan mereka. Mari ganti demokrasi dengan syariah dan khilafah. Dengan gitu kegalauan remaja bakalan terhapus selamanya. Happily ever after.

sekarang untuk solusi praktis dan hal yang bisa kita lakukan adalah:

  1. menjadi remaja solih. kita rajin mengaji, belajar ilmu agama. dengan begitu kita akan mendapat banyak ilmu agama yang akan berguna untuk kita. kita akan takjub dengan banyaknya ilmu islam dan pesonanya. kita bakalan sibuk mengaji jadi bakalan lupa sama kegalauan kita. jadi kita bakalan sembuh.
  2. rajin membaca Al-qur’an. dengan membaca Al-qur’an hati kita bakalan merasa tenang sebab Alloh bilang sendiri kalo Alloh menurunkan Al-qur’an dan di dalam Al-qur’an itu ada penyembuhnya.
  3. ganti teman. tinggalin teman-teman yang pacaran dan LDR yang suka ledekin dan bully kamu jadi jones. ganti teman-temanmu dengan teman-teman ngaji yang soleh. dengan teman-teman ngaji kamu bakalan ngerasain indahnya persahabatan, persaudaraan dan teman sejati. kamu bakalan dapat dukungan dalam kebaikan. kalo bener didukung kalo salah diingetin. ini lo gunanya sahabat sejati.
  4. buang semua kenangan mantan. apapun itu. kamu harus lupain dia.
  5. menyibukkan diri dengan belajar. kamu bisa belajar pelajaran yang kamu suka. kamu bisa aktif ikut ekskul. kamu bisa belajar, baca buku-buku islam. dengan gini prestasi kamu bisa naik. buktiin kalo kamu bisa berprestasi tanpa bergantung sama mantan.
  6. memperhatikan dan menolong orang lain. dengan cara ini kamu melatih jadi peduli dengan orang lain. misalnya bantu nenek menyeberang jalan, menyiram bunga, infaq, bantu di panti asuhan, merawat adik kecil, bantu tetangga pelajaran yang sulit tapi kamu bisa. dengan gitu kamu bisa berbagi kebahagiaan. sebagai balasannya kamu bakalan mendapat kebahagiaan juga. senenngnya bisa menolong orang lain. itu akan membuat kita merasa bersyukur juga.
  7. terakhir, aktif dalam jamaah dakwah. dengan aktif dalam jamaah dakwah, kamu akan memperluas wawasan dan cakrawala pemikiran kamu. kamu akan mulai menyadari dan memikirkan kondisi sekeliling kamu. mulai dari lingkungan rumah, kampung sampai negara dan umat islam global. kamu bakalan ngerti umat islam sedang menderita dan butuh bantuan kamu. iya kamu. umat islam sedang disiksa di Afganistan, Palestina, Rohingnya, di Filipina, Amerika. kamu adalah calon pejuang pembela umat islam. kamu adalah calon pahlawan. siapkan dirimu agar menjadi pemuda tangguh.

saat kamu siap kamu bakalan bangkit melebihi yang lain. kamu bisa lebih baik daripada cowok-cowok dan cewek yang pacaran itu. kamu sudah bangkit dengan keislaman yang kuat. kamu bisa move on, gak cuma mikirin cinta doang, tapi sampai kamu bisa nemuin tujuan hidup kamu, jalan hidup kamu, keyakinan agama, sadar akhirat, surga dan neraka serta umat yang butuh bantuan kamu.

solusi di atas sebenarnya klise. semua orang sudah tau itu. justru karena klise itu solusi itu benar dan sudah dipake di mana-mana. sebab masalahnya sama. jadi solusinya juga sama. kayak matematika tapi gak sekaku itu. sebab Islam sudah memiliki solusi yang pakem buat segala masalah manusia. siapa dulu yang buat? Alloh gitu loh.

jadi, bro, buat yang lagi galau sekarang gak zamannya lagi galau. tahun udah ganti dengan tahun baru masak gak bisa move on. let’s move on. msa depan kegemilangan islam bakalan datang menjemput kita. kapan lagi kalo gak sekarang. siapa lagi kalo bukan kita. mari tersenyum lagi sambut hari baru masa depan baru di tahun baru hijriah 436 H

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *