mnfaat ngeblog

manfaat ngeblog

manfaat ngeblog sama dengan tujuan ngeblog. manfaat ngeblog akan didapat kalau kita ngeblog sesuai tujuan. tujuan kita ngeblog juga adalah untuk mendapatkan manfaat dari ngeblog itu. jadi manfaatnya sama seperti tujuan ngebllog pada pembahasan yang lalu, yaitu:

1. manfaat pribadi, yaitu manfaat yang dirasakan secara individualoleh bloggernya. manfaat pribadi blog ini yaitu untuk:

-mengeluarkan isi hati.

– mengeluarkan pikiran.

– menjelaskan permasalahan yang dihadapi.

– relaksasi dari tekanan pikiran.

-melepas kerinduan kepada seseorang. kerinduan dan diwakilkan lewat tulisan. sama seperti manfaat tulisan.

– membangun branding diri.
2.  manfaat sosial, yaitu manfaat yang berkaitan denganorang lain tanpa memperhitungkan materi. manfaat ini berkiatan dengan aktivitas komunikasi dan interaksi sosial manusia dengan orang lain. manfaat ngeblog di bidang ini adalah:

– berbagi ilmu, dan informasi.

– berdakwah lewat tulisan.

– untuk pendidikan dari guru kepada muridnya.

– sarana berdiskusi.

– kampanye, perekrutan anggota baru.

– berkomunikasi dengan orang lain.

– mencari teman baru. bisa juga buat cari jodoh 🙂 .

– kampanye gerakan sosial, partai politik.

– sebagai tempat informasi komunitas atau kelompok tertentu. misalnya profil, agenda, berita acara, jurnal, perekrutan dll.
3. manfaat bisnis, yaitu manfaat untuk mencari keuntungan materi, yaitu uang. manfaat ngeblog yang bertujuan untuk bisnis yaitu:

– bisnis online.

– iklan di internet.

– melayani konsumen lewat internet.

masih banyak lagi manfaat ngeblog yang tidak tidak dicantumkan di sini. kita bisa mencari sendiri bahkan kadang kita merasakan sendiri menfaatnya tanpa kita sadari.

manfaat-manfaat di atas seringkali itulah yang dicari dan dijadikan tujuan untuk ngeblog. ketika kita sudah memilih satu manfaat sebagai tujuan kadang kita mendapatkan manfaat yang lain tapi kadang tidak dapat. dalam hal ini kita harus ikhlas. misalnya tujuan dan manfaat ngeblog yang ingin kita dapat adalah untuk pribadi dan sosial seperti kepuasan dan teman, maka kita harus terima kalau kita tidak dapat uang dari ngeblog, tapi malah kehilangan uang. begitu juga kadang kita kerja bisnis online lewat ngeblog, maka kita harus menyingkirkan ide posting yang tidak setopik dengan fokus blog kita. misalnya kita bisnis blog kuliner lalu kita dapat ide posting tentang lingkungan atau keluarga, maka kita tidak bisa posting di blog kuliner, tapi di blog lain yang dibuat untuk pribadi dan hiburan. jadi kita tidak dapat kepuasan pribadi di blog bisnis dengan cara itu. meskipun gitu kita dapat kepuasan pribadi dengan bekerja sesuai apa yang kita inginkan. tidak mustahil kita dapat seluruh manfaat di sana.. dan walau kadang kita tidak dapat 3 jenis manfaat itu, tapi kita bisa dapat 1 atau 2 manfaat di atas. jadi kita tetap dapat merasakan manfaat dari ngeblog itu. jadi syukuri saja manfaat blog yang telah kita dapatkan itu.