kenapa selalu mengaji aqidah dulu?

ketika orang mempelajari agama islam hal yang pertama dpelajari pasti aqidah. di mana-mana sama dan selalu begitu. kenapa begitu?

jawab:

ini bukan sekedar kebiasaan tanpa dasar. ini sudah mengikuti kaidah pemikiran dan iman yang sitematis. pembahasan aqidah di awal sangat penting sebab dia adalah awal dan dasar bagi segala ilmu dan kehidupan islam. masalah aqidah adalah masalah iman. jika aqidahnya rusak maka imannya juga rusak. hal ini berbahaya sebab iman yang rusak membuat orang menjadi kafir dan ibadahnya tidak diterima oleh Alloh. kalau ibdah tidak diterima sia-sia seluruh amalan dan kehidupannya. di akhirat dia akan menjadi orang yang merugi. dia akan dimasukkan dalam nerak disiksa selamanya. oleh karena itu aqidah menjadi penyelamat dia. makanya pembahasan aqidah menjadi pembahasan yang penting secara mutlak.

aqidah adalah keyakinan yang menjadi ajaran agama islam. aqidah adalah ilmu pengetahuan yang fakta baik tampak maupun gaib yang menjadi keyakinan, dasar pemikiran, cara pandang dan pola pikir seorang muslim terhadap dunia. aqidah juga menjadi dasar dari perilakunya. aqidah dasarnya dan syariah panduannya. aqidah adalah pegangan umat muslim, ikatan antara dia dengan Alloh dan umat muslim yang kelak akan menyelamatkannya di akhirat kelak. aqidah adalah pemikiran yang menyeluruh tentang alam semesta, kehidupan dan manusia beserta apa yang ada sebelum alam semesta diciptakan dan apa yang ada setelah alam semesta berakhir juga hubungan antara segala aspek tersebut.

aqidah itu sangat luas. aqidah itu mencakup pengetahuan tentang ketuhanan, Alloh dan sifat-sifat-Nya, perkara – perkara gaib, kehidupan, alam semesta, manusia, bekerja, rizki, kesehatan, sakit, takdir, nabi, kitab suci, doa, dan lan-lain. aqidah itu tak terbatas menjangkau segala hal di dunia ini. aqidah itu seluas ilmu Alloh.

meskipun sangat luas, hanya dasar yang wajib diimani oleh setiap muslim. dasar dari aqidah itu adalah rukun iman. rukun iman itu berisi sebagai berikut:

1.  iman kepada Alloh.
2. iman kepada malaikat.
3.  iman kepada kitab suci.
4.  iman kepada Utusan-utusan Alloh.
5.  iman kepada hari kiamat.
6.  iman kepada qadha dan qadar.

setiap muslim wajib beriman kepada 6 rukun iman itu. sebagai seorang muslim, demi iman dan agama mereka mereka wajib menerima rukun iman itu dengan sepenuh hati tanpa keraguan dan keterpaksaan sedikitpun. mereka wajib membenarkan dengan pembenaran yang pasti dengan disertai bukti dan argumen yang memuaskan akal dan menenangkan hati. mereka wajib meyakini dalam hati bahwa rukun iman itu benar, bersaksi dengan lisan – yaitu bersyahadat dan menjalankan dengan anggota tubuh. yang dijalankan adalah syariah islam, ibadah dan ketaatan sebagai konsekuensi iman. syariah dan hukum islam itu wajib dilaksanakan dengan konsisten/ istiqomah, terus-menerus sepanjang hayat sampai meninggal. insya Alloh nanti husnul khotimah, selamat di alam kubur dan akhirat sehingga dimasukkan Alloh ke dalam surga-Nya. amin.

Tentang iklan-iklan ini

Pada waktu-waktu tertentu, beberapa pengunjung Anda akan melihat iklan di sini.

Jelaskan | Tutup pesan ini