ekonomi makro kehidupan kita

ilmu ekonomi dibagi menjadi 2: ekonomi mikro dan ekonomi makro. ekonomi mikro mempelajari aktivitas dan permasalahan internal perusahaan sedangakn ekonomi makro mempelajari aktivitas dan permasalahan negara dan masyarakat. dari dua jenis ekonomi itu ekonomi makro yang banyak mempengaruhi kehidupan masyarakat termasuk kita. ekonomi mikro dialami orang tapi hanya sebagian kecil orang yang bekerja di perusahaan itu sedangkan ekonomi makro mempengaruhi seluruh kehidupan masyarakat dalam satu negara.

oleh karena itu media massa selalu atau sering sekali memberitakan kondisi ekonomi makro sebagai pertimbangan bisnis dan kondisi masyarakat indonesia. misalnya nilai tukar uang, nilai emas sebagai standar, PNB, PDB, pendapatan perkapita, suku bunga, inflasi, rasio gini termasuk kebijakan pemerintah di bidang ekonomi seperti standar ekspor, pelepasan harga ekonomian, pencabutan subsidi, dsb.

dari kondisi ekonomi makro kita menyadari masalah besar masyarakat dan negara kita. ada masalah pengangguran, kenaikan harga barang, infrastuktur yang tidak memadai, pajak dan lain-lain. kenaikan suku bunga mempetinggi bunga pinjaman bagi peminjam modal bank. semua mempersulit hidup dan mnyengsarakan masyarakat terutama rakyat kecil yang miskin. biaya sekolah jadi mahal.

kemudian di sisi ekonomi makro kita akan menyadari ternyata sistem ekonomi yang diterapkan di negara kita adalah sistem ekonomi kapitalisme. tonggak kapitalisme adalah perbankan, kemudian perseroan saham, pasar saham, asuransi, kredit, perusahaan-perusahaan yang besar menjadi powerhouse negara. perusahaan-perusahan itu saling bersaing besar-besaran dan semakin canggih, canggih, semakin kaya hingga jauh meninggalkan rakyat kecil. kesenjangan yang kaya dari rakyat biasa dan orang kaya dari pengusaha dan kapitalis makin besar. pemerintah pun diracuni pandangan ini sehingga mengukur kesejahteraan rakyat dari PNB, PDB, pendapatan per kapita, pertumbuhan ekonomi, nilai tukar uang, suku bunga, inflasi, pengangguran, UMR, pajak. akibatnya mereka menerapkan kebijakan fiskal dan moneter di samping kebijakan ekonomi yang menyusahkan rakyat seperti area pasar bebas. akibatnya rakyat miskin harus bersaing dengan imortir besar yang murah dan bagus. (nggak semua imopr bagus. ada yang jelek juga seperti baju bekas). produksi asli negeri jadi jatuhkalah dengan impor. seluruh rakyat jadi buruh di negeri mereka sendiri. kebutuhan mereka tidak dapat terpenuhi.

semua itu salah. buktinya dia menyengsarakan rakyat. walaupun dia memperkaya sebagian orang, tapi dia menghancurkan ekonomi mayoritas rakyat. apalagi orang-orang kaya itu yang melakukan kejahatan penjajahan. kelompok kaya (kapitalis) negeri ini dan asing mengeruk kekayaan dan memperbudak yang miskin. ini bukan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh sakyat indonesia atau kaum muslimin.

oleh karena itu sistem ekonomi negara Indonesia harus diubah. kapitalisme harus diganti. ekonomi makro yang diisi sistem ekonomi kapitalisme harus diganti. digantinya dengan sistem ekonomi Islam. sistemnya sudah ada tinggal diterapkan. sistem ekonomi islam berusaha memenuhi kebutuhan primer dan sekunder setiap individu rakyat Indonesia. jadi semua bisa makan, pakaian dan tinggal. sistem ekonomi Islam membuka lapangan pekerjaan bagi semua orang. sistem ekonomi Islam mengambil alih dan mengolah sendiri kakayaan alam Indonesia yang selama ini dijual ke asing. dengan begitu setiap rakyat Indonesia merasakan kekayaan alam yang ia miliki. tidak hanya rakyat Indonesia, tapi juga seluruh umat Islam dan non Islam dalam naungan negara Islam khilafah Islamiyah.

ekonomi makro adalah kehidupan kita. selama ini dia diisi dengan sistem ekonomi kapitalisme sehingga menyengsarakan rakyat. semua orang minta perubahan dan perbaikan. revolusi, bukan reformasi. oleh karena itu sudah selayaknya sistem ekonomi kapitalisme diubah. ekonomi makro kita harus diganti dengan sistem ekonomi Islam demi rakyat indonesia juga kewajiban umat Islam yang telah dititahkan oleh Alloh dalam kitab suci Al-quran dan hadist-Nya.