apa itu blog

blog adalah website dinamis yang berisi kumpulan tulisan dan terus diperbarui. Tulisan-tulisan itu disebut posting.blog seringkali dimiliki secara individu dan bersifat pribadi. Blog mengandungopini pribadi pengelolanya yang disebut blogger. Tulisan-tulisan itu tidak hanya berisi tulisan saja, namun kadang-kadang ditambahi denan gambar, video, link dan sebagainya.


Tulisan-tulisan di dalam blog ditampilkan secara berurutan terbalik. Artinya tulisan yang ditampilkan paling atas adalah tulisan terbaru, lalu tulisan sebelumnya, lalu sebelumnya sampai tulisan yang paling awal ditulis. Tulisan-tulisan itu disimpan dalam arsip dan dapat dilihat dalam menu arsip. Tulisan-tulisan dalam blog juga dapat ditata dalam suatu kelompok yang disebut kategori. Kategori-kategori tersebut berupa kelompok yang mengumpulkan tulisan-tulisan dalam jenis-jenis tertentu. Misalnya politik, sosial, budaya, ekonomi, dan sebagainya.Selain kategori, tulisan dapat juga dikelompokkan dalam tag. Tag berarti kata kunci yang terdapat dalam posting tersebut. Tag juga berarti topik tulisan tersebut.
Blog awalnya dibuat untuk tujuan pribadi, berupa diary, tempat curhat dan sebagainya. Namun sekarang blog tidak hanya untuk tujuan pribadi saja. Dia bisa dijadikan media pendidikan, tempat menyebarkan pemikiran, promosi produk, kampanye bahkan bisnis. Oleh karena itu sekarang blog menjadi bermacam-macam bentuknya dan rupanya.