akibat pendidikan ekonomi kapitalisme

akibat pendidikan kapitalisme terhadap pandangan hidup manusia adalah manusia menjadi berpikiran dan pandangan hidup kapitalisme. pandangan hidup kapitalisme dibangun dari beberapa pilar:
sekulerisme: pemisahan antara kehidupan dan agama.
liberalisme: perilaku hidup yang bebas.
materialisme: bertujuan hidup mengejar harta dan mengumpulkan kekayaan sebanyak-banyaknya. termasuk menilai kehormatan orang dari kekayaannya. orang-orang ini bercita-cita kaya dan takut miskin.
hedonisme: tujuan hidup mencari kesenangan jasmani berupa materi dan menjauhi segala macam penderitaan.

asal dari pandangan kapitalisme adalah bebas dari agama. agama boleh apapun tapi agama tidak mengatur kehidupan. agama tidak penting. yang penting hidup untuk bersenang-senang, memuaskan isi hati dan mengejar harta. tujuan hidup adalah mencari harta sebanyak-banyaknya. nanti kalau sudah kaya sungguhan sampai melimpah baru filantropi, beramal, derma sedikit.

pilar kedua kapitalisme, jalan hidup kapitalisme adalah liberalisme. orang berbuat apa saja semaunya. yang cewek pakai tank top, hot pant, rambut smooting. yang cowok telanjang dada dan terobsesi six pack, atletis. keduanya memuja penampilan fisik, lalu pacaran. hidup semaunya tanpa beribadah. sholat sangat jarang. sekolah semaunya. bekerja juga bebas. mereka lalu berpikir kreatif lalu membuat cara kerja yang beda tanpa sadar melanggar aturan agama, khususnya Islam. bahkan saat ini sistem kehidupan dan ekonomi masyarakat memaksa umat islam agar maksiat dan melanggar aturan Islam. misalnya untuk modal usaha harus pinjam bank padahal ada bunganya. dan bunga itu haram. bunga itu riba. lalu ada usaha perbankan, koperasi, perseroan terbatas yang pakai saham. lalu ada asuransi, pabrik minuman keras, kemudian ada finance, MLM, money game, pajak, semua haram. fakta ekonomi masyarakat saat ini berdiri dengan pilar-pilar usaha yang haram. orang mau tak mau jadi terkena debu yang haram itu. orang-orang yang kaya terkena dosa dengan transaksi yang haram, yang miskin terpaksa berusaha dengan bebas jadi berbuat curang. mereka terpaksa begitu karena adanya itu. mereka berbuat itu demi bertahan hidup. wanita penjual sex contohnya. semua kebebasan itu menipu umat islam untuk melanggar hukum islam. mereka tidak tahu. mereka pikir mereka boleh. bahkan bisa jadi mereka tidak paham dan tidak peduli agama. bagi mereka agama hanya sholat, bahkan bisa jadi mereka tidak yakin pada agamanya. mereka sendiri tidak tahu. yang penting bekerja untuk hidup.

pilar ketiga adalah tujuan hidup untuk mengejar materi. tujuan hidup mereka adalah kaya. hal ini diajarkan dalam motivasi-motivasi bisnis dan menjadi pandangan hidup. menjadi kaya dalam islam itu boleh. masalahnya orang-orang itu ingin kaya jadi karena ingin punya harta yang banyak, pesiar, liburan, bersenang-senang. mereka lalu menjadikan bekerja sebagai satu-satunya prioritas hidup. mereka mengabaikan agama, keluarga, anak, istri, teman dan saudara. mereka jadi pelit bahkan menuntut anaknya begitu. mereka menuntut standar tinggi pada anak mereka. anaknya disekolahkan tinggi-tinggi dengan biaya mahal dengan harapan anaknya supersukses seperti dirinya. kesalahannya adalah menilai anak dari manfaat. kalau anaknya tidak memenuhi manfaat atau tuntutannya dia marah-marahi bahkan bisa diusir.

orang-orang kapitalis menilai orang lain dari materi juga. menghormati yang kaya dan melecehkan yang miskin. buktinya mobil limusin dihormati sampai mengubah lalu lintas. kalau mobil pemerintah lewat pun dilindungi dan dikawal polisi sampai memacetkan lalu lintas.

menghormati orang kaya memang benar. sikap itu menghormati orang lain. menghormati untuk mengambil ilmu dari orang sukses untuk mengambil ilmu bisnis dari mereka memang benar. ilmu mereka membuat mereka sukses benar. mereka banyak ilmu dan pengalaman bisnis benar, tapi hal itu bukan berarti boleh membedakan orang kaya dan miskin. semua orang setara. orang miskin punya kelebihan dan ilmu juga dibanding orang kaya. orang miskin adalah kesempatan orang kaya untuk beramal. tanpa orang miskin tak ada zakat, amal dan sedekah untuk membersihkan harta orang-orang kaya. semua orang sama.

pilar keempat adalah hedonisme. hedonisme adalah pandangan bahwa tujuan hidup adalah untuk mengejar kesenangan sebanyak-banyaknya. inilah alasan sebenarnya kenapa orang kapitalisme ingin kaya. mereka ingin bersenang-senang. mereka ingin minum-minum sepuasnya, pesta, rekreasi ke seluruh dunia, memiliki banyak harta mewah, uang melimpah. mereka berusaha menjauhi penderitaan. mereka takut miskin. sebab hidup miskin itu susah. mau apa-apa tidak bisa. jadi mereka harus kaya dan berusaha mengubah kondisi walau harus mencuri, merampok dan sebagainya. yang penting kaya dan bersenang-senang. sebab hidup hanya di dunia ini saja. begitu pikir mereka.

kalau umat Islam sudah terpangaruh pikiran itu dan menjadikan kapitalisme sebagai pandangan hidupnya, bisa gawat. dia bisa bukan muslim lagi tapi kapitalis walau miskin. dia mengabaikan agama dan bekerja sebebas-bebasnya. yangd ditakuti adalah kemiskinan, tak ada uang, mati, sakit, penjara dan negara. dia bermaksiat sebebas-bebasnya. identitas muslimnya telah ditinggalkannya berganti dengan penampilan barat. dia jadi sama dengan orang-orang kafir – barat maupun indonesia -. orang islam indonesia jadi tak bisa dibedakan dari orang kafir indonesia lalu dengan orang-orang barat. gawat! saat begini kalau sampai mati, kalau sampai dia meninggalkan agama Islamnya, dia menjadi kafir. di akhirat dia akan masuk neraka disiksa dengan kejam dengan api neraka jahannam yang menyala selama-lamanya. dia akan menderita selamanya di akhirat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *