not hero

— superman is dead

Disudut kota ini melangkah sepi

Dihantui mimpi abadi

Tangis dan airmata dipinggir jalan

Kapankah ini kan berakhir…

Pemabuk dipelukan pelacur jalanan

Bermahkotakan duri tajam

Tutup matamu kawan besarkan hati

Surga dan neraka menanti…


 

 

Aku bukan pahlawan berparas tampan

Sayap-sayap pupus terbakar

Salah benar semua pernah kulakukan

Angkat gelas kita bersulang!

Pertarungan abadi setan malaikat

Luluh lantak darah mewangi

Berhamburan sejuta nafas terakhir

Dunia berhenti tertawa…

Aku bukan pahlawan berparas tampan

Sayap-sayap pupus terbakar

Salah benar semua pernah kulakukan

Angkat gelas kita bersulang!

Walau kalah jangan menyerah!

Angkat gelas kita bersulang!

ini nih lagu yang menurutku paling filosofis. ngakunya bukan pahlawan padahal dia sebenarnya sang nabi. buktinya: di baris pertama adalah kisah berjalan malam-malam mengamati kota, hiruk pikuk sejarah peradaban manusia. ia mengamati manusia.

lalu baris ketiga adalah sejarah jerussalem yang dijajah bangsa-bangsa selama ribuan tahun. bangsa yahudi meminta-minta pada nabi Musa agar Tuhan menolong mereka.

baris kelima adalah nabi isa. ia dikatakan pemabuk karena mengubah air menjadi anggur, minuman yang sekarang memabukkan. pelacur itu adalah maria Magdalena didasarkan pada anggapan orang-orang kristen. aneh, ya? orang kristen rela tuhan mereka didekati pelacur. mahkota duri tajam itu bukti penyaliban jesus.

baris kelima adalah nabi Muhammad. ia bilang menutup mata agar kita zuhud, tidak lupa daratan mengejar dunia. ingat tanah ingat akhirat.

selanjutnya adalah filsafat kebaikan kejahatan, filsafat yang dari dulu tak pernah berhenti. didengungkan oleh semua orang. Kecil besar, tua muda, laki-laki perempuan, serius bercanda semua membicarakan. Tuh buku, film, komik, novel, lagu berulang kali meneriakkannya.

Bait ketiga adalah pengakuan bahwa nabi itu tidfak sombong. Ia bukan pahlawan. Ia tidak tampan, berarti ia tidak mencari nama, popularitas atau pengaruh apalagi kekuasaan mengguncang dunia mengubah sejarah. Sayap-sayap pupus terbakat berarti ia tidak lagi berbicara dengan bahasa lagi. Ia bukan lagi tuhan yang berhak disembah-sembah dan disuci-sucikan. Ia telah menjadi manusia yang membumi, membaur dengan segala manusia. Ia ada di sekeliling manusia dengan melakukan segala kemanusiaan, kebiasaan yang pernah dilakukan manusia sejauh tidak melanggar perintah dan larangan Tuhan.

Terakhir ia tetap mendorong, memberi kabar baik, menasehati dan mengajak manusia kepada kebaikan Tuhan. Tak peduli apapun maslalu dan sejarah manusia. Ia akan mendorong mereka bangkit dari Lumpur kegelapan menuju kemenngan menjemput surga kerajaan Tuhan. Walau kalah jangan menyerah.

Tambahan lagi ternyata Kata bukan pahlawan mengandung sebuah rahasia. Jika ditulis dalam nbahasa inggris bukan pahlawan menjadi NOT HERO. Not hero adalah anagram dari NO OTHER yang berarti tak ada yang lain.

N=14 maka NOT HERO diterjemahkan menjadi: 14+15+20+8+5+18+15=95. 9+5= 14. ternyata 14 adalah jumlah huruf “ superman is dead”. Keren kan?

Originally posted 2006-08-30 20:48:00.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *