tujuanku online

ada teman yang bilang,” internetan nggak apa-apa. tapi jangan sampai jadi istiqomah.”

seakan-akan kata-katanya ada benarnya. memang internet, ngeblog adalah hiburan. aku juga kadang mengisinya dengan nonton youtube. lalu memang benar kalau ada yang lebih penting daripada online. misalnya tadarusan, ibadah dll. mumpung Romadlon.

tapi bagiku internet memiliki peran lebih dalam. internet memang hiburan. justru karena hiburan dia menjadi penting. karena dia bertugas menjaga keseimbangan pikiran, jiwa, raga dan hatiku dalam hidup. ada waktunya serius ada waktunya santai. waktunya serius adalah waktu kerja dan ibadah. baru waktunya santai adalah waktu tidur, online, main sama teman, main game dsb.

internet bagiku tidak hanya sarana bermain, tapi juga belajar. misalnya membaca berita terbaru, walau dari meme 1cak, anime crack dsb. sebab mereka menunjukkan trending topik sekarang. aku juga belajar kehidupan dari internet. misalnya matematika, menata hidup, tips dan trik. bahkan masalah agama aku juga cari di internet.

aktivitas utamaku di internet adalah ngeblog. dengan ngeblog aku bisa menulis diary sekaligus menulis jurnal pemikiran dan karya-karyaku. diary bisa sebagai media relaksasi pikiran setelah menjalani kehidupan seharian. jurnal pemikiran itu sebagai karyaku. aku sudah menceritakannya sedikit dalam posting “buku ilmu pengetahuan” dan “diary”.

di dalam blog ini, karya tulis ini, kehidupan ini aku ingin membuat suatu mahakarya (walau aku amatiran). masterpiece istilah kerennya. aku ingin menjadi seorang ilmuwan yang menghasilkan suatu penemuan hebat yang mampu mengubah dunia. penemuan ini setelah dipublikasikan akan diterapkan dalam semua aspek kehidupan manusia. penemuan ini memiliki catatan penelitian. nah, blog inilah catatan penelitian itu. (walau isinya nggak jelas).

dalam hal ilmuwan aku ingin menjadi seperti 3 ilmuwan:

  1. Albert Einstein. dia adalah ilmuwan penemu teori relativitas. dia menemukan teori yang mengubah pandangan masyarakat dunia tentang alam semesta. penemuannya juga diterapkan sehingga menghasilkan dampak besar walau penyalahgunaannya menghancurkan sebagian dunia.
  2. Thomas Alfa Edison. dia penemu lampu. setelah penemuannya, dunia di waktu malam yang semula gelap kini menjadi terang benderang (walau tak seterang siang).
  3. Ibnu Khaldun. dia ilmuwan yang menulis buku berjudul “mukaddimah”. dia menuliskan tentang masyarakat. dia adalah bapak historiografi, sosiologi dan ekonomi Islam.

dalam hal ibnu Khaldun aku membayangkan begini: seorang ilmuwan sosial sedang meneliti masyarakat. ia kemudian menemukan ada suatu masalah di masyarakat. ilmuwan itu berusaha mencari tahu asal mulanya, sumbernya. setelah itu ia berusaha mencari solusinya. solusinya agar bisa diterapkan secara efektif membutuhkan dukungan pemerintah. jadi dia bekerja sama dengan pemerintah. misalnya pemerintah membuat kebijakan, lembaga atau program tertentu. ilmuwan itu yang menjadi pengawas, manajer dan kepalanya. dia lalu berusaha menerapkan kebijakan itu demi memperbaiki masyarakat.

dalam film dan anime kadang diceritakan ilmuwan yang seperti itu kadang menjadi tokoh jahat. misalnya kihara gensei (anime railgun) spiderman 2, captain america: first avenger (walau ilmuwannya di bawah perintah Hydra), maze runner dll.

kembali ke soal internet. internet, khususnya blog adalah bidang yang aku kuasai walau bisanya cuma posting. dulu ada yang bilang asah kelebihanmu. asah kemampuanmu. tak perlu perbaiki kekuranganmu biar setara dengan orang lain, cukup fokus pada kelebihanmu. kelebihanmu yang akan menutupi kekuranganmu. tak ada yang sempurna. setiap orang punya kelebihan dan kekurangan. kelebihan itu yang akan jadi identitas dia, jati dirinya.

oleh karena itu aku menjadikan blogger sebagai jati diri dan identitasku. blogger dan penulis maya pribadi, itulah cita-citaku. itulah jalan hidupku. itulah tempatku di dunia. walau dunia tidak membutuhkanku, walau dunia terus berjalan tanpa ada aku, inilah yang kulakukan. setidaknya inilah yang kulakukan dalam hidupku. dengan cara inilah aku mengisi waktu dalam hidupku, dengan harapan agar hidupku tidak sia-sia. Tuhan, saksikanlah! inilah yang kulakukan. kumohon terimalah. dan jangan anggap aku menyia-nyiakan waktu dan hidupku! jangan masukkan aku dalam siksa-Mu!

saat belajar mengasah diri aku jadi membayangkan seperti Tony Stark. dia terus berusaha setiap malam demi terus memperbaiki armor ironman-nya. dia terus belajar dan berusaha. dia terus berusaha agar bisa melindungi masyarakat dari berbagai macam kejahatan dan serangan baik dari bumi maupun dari luar angkasa.

aku juga ingin seperti itu, walau tidak setinggi itu. setidaknya aku ingin terus belajar, berusaha, mengasah diri, meningkatkan kemampuan diri supaya bisa membantu orang lain. karena aku ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dan masyarakat. tidak hanya menjadi orang egois, dan individualis yang hanya memikirkan diri sendiri, apalagi menjadi penjahat yang berusaha memanfaatkan orang lain demi kepentingan pribadi. kita sebagai makhluk sosial semestinya saling membantu tolong menolong. jadi berusahalah membantu baru layak dan pantas meminta tolong. untuk itu kita harus punya kemampuan untuk bisa membantu orang lain. untuk itu kita harus mengasah dan belajar untuk memiliki kemampuan kita untuk membantu orang lain. untuk itulah aku ngeblog. untuk belajar dan terus berusaha meningkatkan kemampuan diri.

bagaimana menurut kalian?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *