magang ala sekte

sebelumnya aku telah menulis tentang master sekte. aku ingin membuat sebuah sekte. bukan berarti aliran sesat, tapi sebuah kelompok spiritual, perkumpulan, persaudaraan, atau perkumpulan spiritual. bisa sungguh-sungguh dan diterapkan tapi bisa juga sebagai ide saja.

langsung saja sekarang kita masuk sub sistemnya, yaitu magang.

pelajar akhir yang hendak menyelesaikan belajarnya dan ingin menjadi master harus ikut magang. itulah aturan dari sistem sekte. cara magangnya sebagai berikut:

1). mengikuti kunjungan master. misalnya master mengunjungi masyarakat dan mengajar ilmu tertentu. pelajar akhir harus ikut. dia di sana bisa belajar cara master mengajar. dia tahu apa yang diajarkan oleh master, cara master mengajar, cara menerapkannya juga cara master menjawab pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat. kunjungan ini dilakukan beberapa kali. misalnya seminggu sekali atau beberapa kali selama beberapa bulan. diharapkan dengan cara ini pelajar akhir bisa lebih memahami dan menghayati pengajaran yang diajarkan oleh master dan sekte selama ini. setelah setiap kunjungan diadakan ujian bagi pelajar akhir. begitu juga setiap akhir bulan dan akhir masa program kunjungan ini.

2). latihan mengajar. setelah lulus tahap 1 ganti pelajar yang mengunjungi teman-teman, kenalan atau keluarganya. di sini dia yang harus berdiskusi, berdialog dan menyampaikan apa yang telah dipelajarinya kepada orang-orang tersebut. master hanya mengawasi dan mendengarkannya. kalau ada penjelasannya yang kurang benar atau tepat nanti diperbaiki di perguruan, saat kunjungan berakhir. jika dalam diskusi sasaran diskusi bertanya sesuatu dan pelajar akhir kebingungan dan tidak bisa menjawab maka master yang membantu menjawab. kegiatan ini berlangsung rutin hingga beberapa bulan. jumlahnya tidak pasti. hal itu keputusan pribadi master dan tidak ada yang berhak memprotesnya. setiap akhir pertemuan, setiap bulan dan akhir tahap ini diadakan ujian. kalau lulus bisa masuk ke tahap berikutnya.

3) mengajar mandiri. setelah lulus latihan mengajar, ujuga lulus tahapan menjadi master maka pelajar akhir telah mencapai gelar master. master baru ini bisa mengajar para anggota baru. pada masa awal mengajar baru dia masih bisa diawasi masternya atau seniornya, kakak kelasnya yang sudah menjadi master terlebih dahulu. masa pengawasannya 3 bulan. selain itu dia juga bisa mengajar di luar perguruan, misalnya mengunjungi masyarakat, berdiskusi dengan mereka, mengajar anak-anak mereka, terutama bagi mereka yang tidak mampu ikut masuk perguruan. mungkin karena sibuk, membantu orang tua, bekerja dll.

begitulah cara magang ala sekte “orde of red diamond” buatanku. sekte ini fiktif, tapi cara pengaturannya bisa digunakan untuk organisasi manapun. baik spiritual maupun bisnis. bisa untuk parpol, ormas, madrasah, pondok pesantren, dll.

sebenarnya inilah maksudku tentang sekte ini. bukan mau membuat aliran sesat atau mengajak orang bergabung, tapi menawarkan ide manajemen sistem organisasi yang– barangkali — lebih sistematis, rapi dan efektif. bagaimana menurut kalian? apa kalian mau menerimanya?

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *