ending trip

judul di atas sudah betul nggak ya?

semoga aja bener. maksudku adalah akhirnya misi perjalananku berakhir. misinya selesai. bahasa inggrisnya mission accomplished. kayak mission impossible ghost protocol.

bermula dari 2 tahun yang lalu. aku dapat baru aja dapat sepeda motor. baru beli. aku jadi ingin bepergian ke mana-mana, touring ke mana-mana. aku ingin tahu banyak daerah. tujuannya biar kalau suatu saat nanti harus pergi ke sana aku tahu jalannya, tahu apa saja yang ada di sana dan bagaimana melewatinya.

misi touringku aku lakukan sendiri, sebab aku tidak ingin merepotkan siapapun. misi ini mengunjungi tempat wisata dan kadang menelusuri jalanan. tempat-tempat dan jalan yang kutempuh adalah mengelilingi kota, atau tempat-tempat yang ada di sekitar kota. dimulai dari timur, utara, barat hingga selatan. kadang ke barat, utara lalu selatan. misi ini disebut kembang kota, sebab rutenya kalau digambar akan membentuk bunga empat kelopak.

hasilnya, tempat-tempat yang sudah aku kunjungi sebagai berikut:

  1. bendungan serut
  2. bendungan jegu
  3. taman hijau wlingi
  4. kesamben
  5. bendungan karangkates
  6. penangkaran rusa maliran
  7. negeri dongeng ponggok
  8. kampung afrika
  9. bukit bunda
  10. bukit bonsai
  11. kolam renang sumberudel

sebelum misi ini dulu aku sudah menjelajah dulu wilayah dalam kota. tempat-tempat wisata dalam kota yang dulu sudah pernah aku kunjungi antara lain:

  1. alun-alun
  2. taman pecut
  3. BTS, B town square.
  4. taman sentul
  5. kebon rojo
  6. green park

ada tempat-tempat wisata yang lebih jauh. aku ke sana tidak sendirian, tapi bersama teman-teman. beberapa tahun yang lalu aku bersama saudara dan teman-temanku suka touring. tapi sekarang jarang. aku masih ingat tempatnya. suatu saat nanti aku ingin bisa ke sana. ini dia tempat-tempat yang pernah aku kunjungi bersama teman-temanku.

  1. pantai pangi
  2. pantai tambak
  3. pantai serang
  4. pantai jolosutro
  5. cuban rondo
  6. serah kencong
  7. simpang lima gumul
  8. kota batu
  9. selecta

ada juga mall yang pernah aku kunjungi, tapi cuma 2. yang pertama ada di kota malang. hampir setiap kali aku ke malang (walau aku jarang ke malang) aku mampir ke sana. yang satunya hanya sekali,yaitu waktu SMA. ini dia mall-nya.

  1. MATOS
  2. Sri Ratu

masih segitu saja yang pernah aku kunjungi. aku pernah berkunjung ke kota Tulungagung, Kediri, Malang, Surabaya, Cianjur tapi dulu sekali. aku belum pernah ke Jakarta. kejauhan. waktu perjalanannya lama sekali. aku nggak punya waktu libur selama itu.

kenapa aku melakukan semua ini? padahal semua ini menghabiskan uang untuk bensin, makanan, waktu dll.

karena aku ingin punya pengalaman hidup. aku nggak ingin memiliki kehidupan yang membosankan, kehidupan yang hanya itu-itu saja. dari kecil sampai tua hanya di tempat kelahiran, nggak tahu apa-apa, nggak pernah ke mana-mana. nanti kalau ngobrol sama orang jadi nggak paham mereka ngomong apa.

aku ingin punya pengalaman hidup. aku ingin merasakan kebahagiaan, petualangan dan naik turunnya kehidupan. dengan cara itu aku akan punya bahan cerita untuk diceritakan pada orang lain. dengan begitu aku tidak lagi seorang kuper, no life atau hikikomori yang isinya cuma mengurung diri saja di kamar.

di akhir anime “fullmetal alchemist brotherhood” ada karakter bernama winry rockbell. dia bilang,” laki-laki yang kerjanya di rumah saja itu membosankan.”

sejak saat itu aku jadi tidak ingin menjadi laki-laki yang membosankan. aku ingin memiliki kehidupan yang menarik. jadi penuh warna seperti pelangi. tidak hitam putih, suram atau abu-abu. jadi aku ingin mengunjungi tempat-tempat baru, tempat nongkrong baru, game baru. aku nonton anime baru, film baru, lagu baru, mencoba mainan baru. bikin proyek yang agak panjang biar ada tantangannya. misalnya beli rubik 4×4 lalu berusaha menyelesaikannya. ada gagalnya juga tapi menarik.

satu hal lagi, aku berusaha mengumpulkan pengalaman hidup supaya aku tidak kalah dengan teman-temanku, khususnya teman-teman SMA-ku. mereka sudah sampai ke mana-mana, menjadi seseorang yang keren dan layak untuk dihormati dan dihargai. aku juga ingin jadi seperti mereka. aku tidak ingin mengalahkan mereka. aku cuma ingin setara dengan mereka. dengan cara itu aku akan bisa mewujudkan keadilan dan kesetaraan. itulah makna keadilan bagiku. tidak harus persis sama tapi setara.

akhirnya aku melakukan semua ini supaya aku kelak bisa menjadi suami yang bisa diandalkan. jadi suami yang tahu banyak hal, punya pengalaman hidup, punya banyak bahan cerita yang bisa diceritakan waktu sepulang kerja sambil menikmati matahari senja, berdua bersama istri. aku percaya laki-laki yang serba bisa akan layak dicintai. jadi aku akan berusaha mewujudkannya. aku akan berusaha meraihnya.

demi kebahagiaan, demi kelayakan hidup dan demi cinta.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *