cewek gaul

kalau nonton sinetron remaja ala indonesia pasti akan nemu tipe cewek gaul. cewek ini populer, jadi pujaan banyak cowok, dikejar banyak teman. mereka cantik, kaya, terkenal lagi. mereka dihormati, disegani bisa juga ditakuti. sayangnya karena semua kelebihan itu banyak yang jadi sombong. mereka jadi arogan, judes, suka merendahkan orang lain, meremehka orang lain. suka menghina. kayaknya jarang ada cewek gaul tipe tuan putri yang bisa rendah hati, merendah dan menghormati orang lain.

aku kali ini akan merumuskan sendiri apa arti cewek gaul. setidaknya menurutku sendiri. cewek gaul itu:

1). pergaulannya luas. dia punya banyak teman di kelas, di kelas lain seangkatan, kakak kelas, adik kelas, guru-guru. dia punya teman SMP atau SD di sekolah lain. apalagi kalau dia rajin ikut acara-acara semacam lomba. maka temannya di sekolah lain juga banyak. jadi terkenal di seluruh sekolah, bahkan antar sekolah. tidak hanya punya teman tapi rajin berhubungan dengan mereka. jadi tetap berkomunikasi. biarpun tidak langsung, — pakai alat komunikasi seperti HP — yang penting hubungan tetap terjaga.

2). wawasannya luas. dia selalu up to date. dia selalu tahu berita terbaru, perkembangan terbaru. misalnya teknologi terbaru, isu terbaru. ada juga jenis berita yang jadi plus dan minus bagi cewek, yaitu ngegosip. mereka tahu berita artis di TV. mereka nonton sinetron, drama korea terbaru. ada drama terbaru mereka tonton juga. kalau ada film yang bagus mereka juga nonton. ada juga langkah berikutnya adalah ngikutin trend. langkah ini jadi plus minus. misalnya jadi boros buat hunting barang-barang bermerk padahal mahal. lalu selalu mencoba tempat-tempat terbaru seperti kafe. lalu fashion terbaru, kuliner terbaru. lipstiknya warna-warni. lalu dandannya jadi aneh-aneh seperti alisnya dicukur. lalu diet ketat biar tubuhnya jadi langsing kayak barbie. merokok biar dibilang keren dan macho. langkah-langkah ini sudah negatif sehingga sebaiknya tidak dilakukan.

3). aktif di organisasi. misalnya ekskul atau OSIS. ikut 1 atau  2 ekskul sih masih nggak apa-apa tapi kalau banyak malah jadi nggak fokus dan terlalu membebani deh. kayaknya nggak ada cewek yang bisa ikut semua ekskul deh. kalau ikut ekskul  atau 2 jadi bisa dikenali. misalnya,” eh, tuh cewek ikut ekskul apa?”

“cheerleader.”

“pantesan cantik dan seksi.”

popularitas tertinggi jelas di OSIS. apalagi jadi ketua, pasti terkenal di seluruh sekolah. bahkan bisa keluar sekolah juga. di bawah OSIS ada paskibraka. sebab mereka selalu terlihat waktu upacara. jadi hangat-hangat sejuk liat yang bening di pagi hari. setidaknya upacara nggak lagi panas terik. nggak terasa panas maksudnya sebab liatin terus dia.

4). berprestasi. jangan sampai jadi cewek gaul tapi nilainya jeblok. malu-maluin kan kalau langganan remidi? iya terkenal, tapi terkenal bodoh itu kan nggak baik? setidaknya kalau terkenal terkenal baik. dengan begitu cewek gaul harus tetep rajin belajar. nilainya harus bagus. nggak harus  selalu dapat 100 walau kalau dicapai baik juga. tapi kita tidak perlu memaksakan diri. cukup belajar semaksimal mungkin. nilai 90 nggak apa-apa deh. dan selain belajar pelajaran di  sekolah bisa ditambahi dengan belajar tambahan. bukan berarti harus ikut les, tapi mengetahui materi tambahan. jadi saat jam pelajaran misalnya setelah guru menerangkan, cewek ini bisa memberikan tambahan atau bertanya hal yang belum jelas tapi tidak ditulis di buku teks. misalnya saat guru menerangkan perdagangan internasional, cewek itu bisa bertanya,” Bu/ Pak, kenapa kita harus menggunakan standar dolar dalam perdagangan internasional? padahal kita kan tidak selalu berdagang dengan Amerika Serikat? bagaimana asal mula organisasi WTO? adakah hubungan antara perdagangan internasional dengan kapitalisme global? bisakah produk-produk indonesia bersaing dengan produk-produk impor tanpa proteksi dan dukungan dari pemerintah? kalau pemerintah mendukung perekonomian Indonesia apa sajakah bukti-bukti dan kebijakan mereka?” dst. jadi siswi yang kritis deh.

5). menjaga etika yang baik. misalnya nggak sombong, rendah hati, menghormati teman-teman dan guru, memperhatikan orang lain. mau menolong siapa saja yang membutuhkan. baik teman, kakak kelas maupun adik kelas.

kalau semua ciri-ciri di atas insya Allah akan jadi cewek gaul yang sempurna. sayangnya tidak ada manusia yang sempurna, termasuk cewek. jadi aku kasih batasan minimal aja deh. minimal temannya banyak. dengan begitu wawasannya jadi banyak. nggak harus selalu update barang branded. sebenarnya soal ekskul, rajin belajar dan menjaga perilaku itu bisa dilakukan kan? jadi kurasa kriteria ini realistis, nggak terlalu tinggi.

cewek gaul dalam gambaranku berbeda dengan cewek gaul di kenyataan ala jakarta. aku semalam browsing ciri-ciri cewek gaul ala jakarta. dari brilio, cewek gaul itu:

  1. Alis harus cetar
  2. Tas branded
  3. Lipstik warna-warni
  4. Merokok adalah tren
  5. Pakai iPhone
  6. Jiwa sosial media
  7. Melakukan selfie lebih sering dibanding yang lain
  8. Cek HP setiap 5 menit sekali

sumber: https://www.brilio.net/life/ini-8-ciri-cewek-gaul-dan-kekinian-ibu-kota-di-mata-non-jakarta-150403l.html

oh,ya cewek gaul itu beda dengan tipe cewek tuan putri. tipe cewek tuan putri itu sudah bawaan. dia cantik dan kaya. itu kan sudah dari sononya? jadi nggak bisa diubah atau diusahakan. tinggal dia bisa memilih sikap sebagai tuan putri yang rendah hati seperti putri salju atau ratu yang sombong seperti ratu sihir. tentu saja yang baik adalah tuan putri yang rendah hati dan baik pada siapa saja.

cewek gaul bisa diusahakan oleh siapa saja. siapapun bisa memilih menjadi seperti dia. memang nantinya tidak semudah membalik telapak tangan sebab perlu usaha dan modal (buat update informasi fisik kalau mau dapat barang branded. buat yang penting tahu informasi, tinggal browsing aja bisa). ada yang secara alami jadi cewek gaul karena terbiasa dari kecil bersama lingkungan yang gaul. ada yang perlu berusaha karena sifat awalnya adalah kuper dan introvert. perlu usaha untuk ini. tapi nggak perlu dipaksakan. kalau nggak mau nggak apa-apa. jadi diri sendiri saja.

terakhir, menjadi cewek gaul hanya nilai plus kehidupan, bukan inti kehidupan. dia bisa digunakan waktu nongkrong dan kumpul dengan teman-teman. dia adalah hiasan hidup. jangan dijadikan tujuan hidup. jadi jangan sampai usaha menjadi cewek gaul mengorbankan hal-hal yang lebih penting seperti berbakti pada orang tua, belajar, ibadah, istirahat dsb. tentukan tujuan hidupmu dan biarkan nilai positif cewek gaul menghiasi dan menjadi nilai plus kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *