blogwalking

bertahun-tahun aku ngeblog aku hanya memikirkan soal posting. mau posting apa, itu yang selalu aku pikirkan. aku banyak baca buku di perpustakaan, nonton film, dengerin lagu, merenung, mengarang cerita dll. semua demi kesenangan diriku. memang aku juga ingin berbagi pengetahuan, cerita dan pengalaman dengan orang lain.

akibatnya blogku jadi sepi. gak ada pengunjung, apalagi like, komentar dan follow. statistiknya selalu nol. agak sedih juga sih. aku selalu berharap suatu saat akan ada pengunjung. aku juga berharap suatu saat posting-ku akan direspon dan dikomentari orang lain. dengan begitu setidaknya aku tidak berbicara sendiri, tapi bisa berbicara dengan orang lain.

aku masih belum paham SEO. lalu aku baca buku tentang meningkatkan pembaca blog. penulisnya membahas tentang seorang blogger sukses bernama yaro Starak. yaro Starak mengatakan bahwa blog sukses tidak hanya butuh konten tapi juga kanal komunikasi. konten adalah artikel pilar, yaitu artikel-artikel yang menopang blog. artikel itu yang akan mengisi blog sehingga blog tidak kosong. kalau blog kosong jelas tidak menarik. tidak akan ada pengunjung yang mau datang ke situ, apalagi berkomentar. popularitas jelas nihil.

tambahan, aku mengikuti sarannya. lebih baik punya sedikit artikel/ konten penting dulu baru promosi, baik di sosmed, blog lain, atau di social bookmark. setidaknya ada isinya itu sudah bagus. 1, 2, 3 dulu baru promosi, termasuk blogwalking.

jalan kedua adalah kanal komunikasi. kanal ini adalah saluran yang mengkomunikasikan blog kita keluar. bentuknya seperti di atas. kalau mau lebih besar idenya bisa lebih luas. misalnya bikin stiker, join forum, bikin siaran di radio, TV, kontes penulisan blog, bikin seminar, wawancara dengan tokoh-tokoh terkenal dll. semua itu cara besar dan membutuhkan modal dan usaha besar.

aku jadi ingin mulai. tapi dari yang kecil dulu. yang kecil misalnya blogwalking dan share link di sosmed. misalnya twitter. kali ini aku bahas blogwalking dulu. twitter akan aku bahas di posting yang lain.

aku pernah lihat blog-blog lain ramai dengan pengunjung. komentatornya banyak. gimana caranya seperti itu?

aku sebelum ingin jadi blogger banjir komentar, ingin jadi komentator dulu. rasanya seneng juga kalau nama dan link blog kita tayang di blog orang lain. jadi ikutan populer gitu. cuma gimana caranya?

apa aku cari di google lalu secara acak buka blog, baca dan komen gitu?

terus kalau cari di google mau cari blog apa?

terus nanti mengingatnya gimana?

gimana kalau ingin mengunjungi lagi, kalau postingnya bagus gitu?

apa harus mengingatnya satu persatu?

untungnya sekarang sudah ada teknologi baru dari wordpress. namanya wordpress reader. itu sebutan buatanku saja sih. kalian boleh bikin nama yang lain.

wordpress reader hampir sama dengan feed. dia menampilkan cuplikan posting dari beragam blog. topiknya beragam. lalu aku harus cari blog apa dan posting apa yang harus aku komentari?

jawabnya sederhana: cari di blog kita sendiri.

kita perhatikan blog kita sendiri. apa topik blog kita. misalnya topik blog ivestring adalah hiburan, kehidupan, pengetahuan, musik, film, anime, diary. beragam topik. memang ini blog bebas. jadi topiknya bebas.

lalu aku ketik topik itu di tag. di wordpress reader ada menu blog yang diikuti, kelola, dan cari blog untuk diikuti berdasarkan tag. isi tagnya dengan tag blog kita. nanti akan ditampilkan blog-blog dan posting-posting yang berisi posting dengan tag seperti topik kita. dengan cara itu kita bisa mencari blog, posting dan blogger yang memiliki minat yang sama dengan kita.

selanjutnya kita tinggal baca dan komentar. bisa salam, tambahan posting mereka, usul, pertanyaan (aku pernah mencobanya. mereka sangat membantu dengan menjawab pertanyaanku). dengan cara itu kita mulai membuka komunikasi dengan mereka. kita harus berkomentar dulu baru bisa berharap mereka akan berkomentar balik pada kita. kita like mereka baru mereka bisa jadi akan like kita. bahkan follow juga.

alhamdulillah akhirnya berhasil. aku mencobanya dan hasilnya positif. menyenangkan bisa berbicara dengan orang lain.

untuk lebih membantu cara ini maka dalam memposting sebaiknya kita juga menambah tag dalam posting kita. memang kita sudah menata posting-posting kita dalam kategori. itu membuat posting lebih rapi, tertata dan mudah dikelola. cuma lebih bagus lagi ditambahi dengan tag. isi tag dengan topik blog. bisa juga sama dengan kategori. dengan begitu posting kita akan tampil dalam daftar posting di wordpress reader menurut topik dan tagnya. saat ada orang mencari posting di wordpress dengan kata kunci yang sama dengan tag kita, siapa tahu posting dan blog kita akan ditampilkan di sana. jadi peluangnya akan lebih besar bagi orang lain untuk menemukan blog kita, bisa membaca dan memberikan respon seperti like, komentar dan follow. kalau blog kita mudah ditemukan orang lain, maka orang lain juga akan mencarinya.

kisah ini adalah pengalamanku. jadi aku bisa menuliskan dari apa yang sudah kulakukan. dengan begitu sharing pengetahuan ini bisa menjadi lebih hidup, nyata dan praktis. lebih faktual, memuaskan akal dan menenangkan hati karena sudah dibuktikan. posting ini sebagai tanda terima kasih kepada teman-teman yang sudah berkomunikasi denganku. semoga menginspirasi. selamat blogwalking.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *