belajar kehidupan

setelah nonton doctor strange aku jadi ingin belajar kepada dia. karena dia seorang master. seorang master layak, pantas dan boleh untuk mengajar kan? makanya aku jadi ingin belajar kepadanya. aku ingin jadi seorang master juga seperti dia.

kalau belajar dari master, kita sebut saja master strange, aku ingin belajar kehidupan. seperti ini ini sistematika-nya:

  1. hakikat kehidupan
  2. asal mula kehidupan, alam semesta dan manusia
  3. tujuan hidup manusia yang hakiki
  4. pedoman hidup, bagaimana menjalani hidup
  5. metode berpikir, metode dalam menghadapi berbagai persoalan hidup
  6. disiplin pribadi, disiplin harian
  7. nilai-nilai kebaikan
  8. hati manusia
  9. arti kebahagiaan
  10. bersyukur
  11. bersabar
  12. qona’ah
  13. adab/ moral/ etika dengan orang lain
  14. etika dengan orang tua
  15. etika dengan teman
  16. etika dengan istri dan anak

seperti itulah belajar kehidupan yang aku butuhkan. karena aku sebenarnya masih tak tahu apa-apa tentang kehidupan. aku masih tak paham arti dan makna kehidupan termasuk kebahagiaan. mungkin aku bisa disebut hikikomori atau seorang no life. NEET. walau aku sudah touring ke mana-mana aku masih belum tahu bagaimana seharusnya bersikap terhadap orang lain, diri sendiri dan Tuhan.

aku masih perlu belajar banyak. aku berharap aku akan menemukan seorang master yang sungguh-sungguh layak untuk kupercaya dan kuikuti. saat aku menemukannya aku akan berusaha mematuhinya dan mengikutinya. belajar kehidupan. merasakan senang dan sedihnya, suka maupun dukanya, berusaha melewati masalah, kegagalan, kesulitan, halangan dan rintangan hingga akhirnya meraih kesuksesan dan kebahagiaan di puncak dunia.

saat itulah aku akan juga menjadi seorang master. aku akan siap untuk mengajar juga. aku sendiri terus belajar karena ilmu dan kebijaksanaan dunia tidak ada akhirnya. sampai akhir hayat. semoga terkabul.

aamiin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *