kota fiksi

sebelumnya aku telah bercerita kalau aku sedang menulis serial cerpen. ceritanya masih pendek. cerpen-cerpen itu aku posting di studentsweet.wordpress.com. kalau kalaian ingin baca silakan mampir ke sana.

sekarang aku akan menceritakan tentang setting tempatnya. cerita itu bersetting di kota fiktif. di dalamnya ada sekolah fiktif, tata kota, rumah, tokoh, perkumpulan fiktif. bisa-bisa nanti aku bikin juga negara fiktif bahkan dunia paralel.

kenapa aku membuat seperti itu?

karena aku ingin tidak hanya menceritakan kehidupan seorang tokoh, tapi aku juga ingin mengusulkan atau membayangkan sebuah tata kota, bagaimana menata kota supaya rapi, bersih, indah dan maju. aku ingin mengusulkan sebuah kota dengan susunan yang berbeda dari selama ini. tidak hanya kota tapi juga sekolah, rumah, tempat-tempat umum, pelayanan umum dll. aku ingin mengusulkan sebuah kota fiktif karena kota aslinya tidak semaju kota versi fiktifnya. kota fiktif ini adalah versi imajinasi dari kota asli, tempat tinggalku. kota tempat tinggalku adalah kota kecil dan masih tertinggal. aku ingin membayangkan sebuah kota yang maju seperti tokyo. maklum aku kebanyakan nonton anime, jadi aku membayangkan kota di anime saja sebagai settingnya.

beberapa contoh usulan dalam kota fiktifku:

  1. wilayah kota madya dan kabupaten digabung menjadi satu, yaitu wilayah kota. pemimpinnya adalah walikota. jadi walikota bertanggungjawab mengatur seluruh wilayah tersebut.
  2. kecamatan diganti dengan distrik. ada distrik 1 sampai 26, bahkan 30 distrik. tadinya aku ingin membentuk blok tapi kurang luas jadi aku ganti dengan distrik.
  3. ada banyak fasilitas umum seperti stasiun kereta api ke seluruh kota, bis kota, taman hijau kota yang sangat luas, perpustakaan, menara kota.
  4. sistem saluran got bawah tanah yang luas membentuk terowongan menjangkau seluruh isi kota seperti di new york.
  5. sekolah dengan gedung bertingkat. jadi wilayahnya kecil tapi punya fasilitas lengkap seperti stadium olahraga, lapangan basket, lapanganvoli, lapangan sepakbola, lab dsb.

aku masih bisa memikirkan sedikit hal, jadi cuma sebagian saja yang aku tulis. nanti akan  aku tambahi biar lebih lengkap. seiring perjalanan waktu, akan semakin terbentuk gambaran tentang kota fiktif buatanku.

sekarang aku akan memperkenalkan kota fiktif buatanku.

kota patria.

kota ini adalah sebuah kota yang terletak di lereng gunung Kelud sebelah selatan. kota ini terletak di provinsi Dwipa timur republik  Nusantara. kota ini memiliki 30 distrik, yang dikelompokkan dalam  5 area, area pusat, timur, barat, selatan, utara dan tengah.

di kota patria ada banyak sekolah. setiap distrik setidaknya memiliki satu sekolah. ada sekolah SD, SMP dan SMA. beberapa sekolah di Kota patria yang menjadi setting ceritaku adalah:

  1. SD pahlawan 1
  2. SMP Aryapati
  3. SMP melati
  4. SMP pahlawan
  5. SMP Dr. Sutomo
  6. SMP Koi
  7. SMP Kenari
  8. SMP Widuri
  9. SMA Satria
  10. SMA Gatra
  11. SMA Citarum
  12. SMK Kenari
  13. SMK Pahlawan
  14. SMK Tanjung
  15. MA (madrasah aliyah) Al-Islah
  16. Universitas Eka Patria
  17. INCA (Institut cahaya)

sekolah-sekolah di atas belum semuanya. aslinya lebih banyak. aku cuma cerita sebagian yang jadi setting lokasi cerita saja.

selain sekolah ada fasilitas umum seperti:

  1. fajar pustaka, perpustakaan nasional republik Nusantara. perpustakaan terbesar di Kota patria. perpustakaan ini dikelola oleh pemerintah pusat.
  2. perpustakaan kutub, yaitu perpustakaan yang dikelola oleh kelompok agama tertentu. perpustakaan ini terletak di sisi timur kota.
  3. garden of king, yaitu taman kota hijau yang menjadi titik temu tiga distrik, kompleks bisnis dan perumahan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *