kebahagiaan dengan bersyukur dan menikmati hidup

ini adalah opiniku sendiri, dari seseorang yang hanya tahu sedikit tentang dunia:

salah satu kunci bahagia adalah dengan bersyukur. caranya adalah dengan mengingat kebaikan-kebaikan, nikmat dan hal-hal yang telah kita terima. ingatlah umur kita, kita masih hidup. kita masih sehat. tubuh kita masih hidup. kita sudah makan hari ini. kita masih punya keluarga, teman-teman. kita masih punya pekerjaan.di luar sana masih ada yang pengangguran, mencari pekerjaan, bahkan ada yang sudah jadi penjahat. bersyukurlah kalau kita masih punya akal, waktu luang dan terakhir iman. tanpa iman kita takkan selamat di akhirat.

jadi cara untuk bersyukur adalah dengan mengingat nikmat-nikmat hidup kita. lalu kita berusaha menikmati hidup. menjalani hidup dengan tenang dan nikmat. berbeda dengan hidup bersenang-senang, tapi hidup dengan tenang, sederhana dan bermakna. hidup seperti itulah yang menurutku layak dan pantas untuk dijalani. hidup yang seperti itulah yang layak untuk dikenang.

hidup yang bermakna adalah hidup yang memiliki nilai penting. tidak hanya asal hidup. asal hidup itu hanya bekerja, makan, BAB, tidur. tidak hanya main-main. hidup yang bermakna adalah hidup yang memenuhi tujuan hidup, memberikan makna bagi diri sendiri dan orang lain. berkontribusi positif bagi diri sendiri, bagi orang lain dan masyarakat.

bagi diri sendiri caranya dengan hidup seimbang. ada waktu serius ada waktu santai. ada waktu bekerja, mengerjakan tugas rumah, beristirahat. ada pula waktu untuk membersihkan rumah, bergaul dengan orang lain, menolong sesama dsb. menjaga kebersihan, penampilan, kesehatan, berusaha mengasah kemampuan diri, terus belajar, memperbaiki diri.

berkontribusi positif bagi orang lain itu sederhana. caranya bisa dengan bergaul dengan orang lain. misalnya saling berkunjung ke rumah, saling membantu dalam kebaikan. kalau ada yang sakit, jenguk mereka. kalau ada yang meninggal kunjungi mereka. begitu juga saat ada acara-acara. misalnya pernikahan, kelahiran, perayaan atas kesuksesan tertentu. saat ada undangan kita menghadiri. saat kita mengadakan acara tertentu kita mengundang balik mereka. semua ini membutuhkan materi, waktu, pikiran, jiwa dan pengorbanan tapi hasilnya setimpal.

berkontribusi bagi masyarakat adalah dengan memperhatikan masyarakat. apa yang kurang dari mereka kita benahi. apa yang bagus kita pertahankan. kalau ada acara-acara masyarakat, non individu kita hadiri. kita berusaha berpartisipasi semampu kita. bagi seorang inventor atau ilmuwan, mereka bisa melakukan penelitian di masyarakat. mereka berusaha mencari apa yang kurang. mereka berusaha mengidentifikasi apa masalahnya, bagaimana rumusan masalahnya, asal mulanya, lalu obat penyembuhnya, penerapannya. penemuannya bisa saja teknologi tertentu atau teknik/ tips menyelesaikan masalah tertentu di masayarakat. kalau di masyarakat sudah timbul penyakit sosial maupun biologis yang membutuhkan penanganan secara massal dan kontinuu, bisa dibuatkan regulasi dan kebijakan publik yang mengatur sistemnya. misalnya antraks, AIDS , wabah yang membutuhkan karantina dll.

jadi bahagia itu luas dan bermakna. tidak hanya perasaan hati individu, tapi bisa sampai pola hidup, jalan hidup hingga pengaturan masyarakat demi mewujudkan tujuan hidup tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *