festival-festival di anime

setelah nonton cukup banyak anime aku menemukan banyak festival yang diceritakan di sana, baik sebagai sampingan maupun sebagai inti cerita. festival ini satu festival satu episode, jadi seperti menceritakan festival di jepang. jadi di anime maupun di jepang sama-sama banyak perayaannya.maklum, anime emang buatan jepang jadi budayanya pasti bersumber dari budaya jepang. apa saja festivalnya? ini dia:

  1. tahun baru. saat malam tahun baru orang-orang pergi ke kuil untuk berdoa. ada juga yang mencari ramalan. lalu melihat kembang api. pagi harinya melihat matahari terbit.
  2. membuat kue mochi di awal tahun.
  3. valentine day. pada hari valentine ini, si cewek memberikan cokelat kepada cowok yang disukai. bisa juga kepada teman yang disukai. gak harus 1. banyak juga bisa.
  4. white day. hari ini sebagai balasan dari si cowok ke cewek. jadi cowok ngasih hadiah ke cewek.
  5. tahun ajaran baru. di jepang tahun ajaran baru di jepang dimulai saat musim semi, bulan april. saat tahun ajaran baru ini ada banyak siswa baru. jadi banyak yang mengambil permulaan anime dari musim ini, khususnya anime genre school.
  6. liburan musim panas. liburan musim panas biasanya pada bulan agustus. bulan ini adalah saat panas-panasnya. biasanya diisi dengan liburan ke pantai, kolam renang dsb.
  7. festival budaya/ bunkasai. festival ini bertujuan agar para siswa dapat menampilkan kemampuan kreativitas mereka. biasanya ada stand untuk berjualan. ada beberapa cara siswa untuk mengisi acara festival budaya. misalnya rumah hantu, kafe maid, hiasan di kelas, observatorium, ramalan dll.
  8. natal. natal dirayakan pada malamnya, tanggal 24 dan tanggal 25. di jepang natal dianggap sebagai perayaan romantis. jadi ada yang mengajak kencan, memberi hadiah dan sebagainya.
  9. perayaan tambahan. misalnya ulang tahun teman, syukuran atas keberhasilan atau sesuatu. misalnya proyek kelas, klub mencapai juara dsb. perayaan ini dirayakan oleh sekelompok orang. mereka lalu minum sake, alkohol dsb.

nah, itu saja sedikit perayaan yang ada di jepang dan banyak ditemukan di anime. kalau lebih banyak aku belum tahu. kalau ada yang tahu dan mau nambahin tolong kasih tahu ya?

aku tunggu!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *