cerpen ilmu pengetahuan

 

 

aku suka menulis cerpen. karena cerpen bisa menceritakan kehidupan dengan indah, menarik dan mengandung makna, pesan atau pelajaran. dengan cerpen kita bisa membayangkan bahwa kita bisa menjalani kehidupan yang lain yang berbeda dari yang kita alami selama ini. dengan cerpen pula kita berusaha merasakan apa yang orang lain rasakan, memmahami apa yang orang lain pikirkan dan mengamati apa yang mereka lakukan walaupun secara tertulis, tidak secara visual.

kebanyakan cerpen yang aku temui adalah cerpen remaja. kebanyakan tokohnya pelajar SMP atau SMA. anehnya walaupun tokohnya pelajar tapi kisah pelajaran di sekolahnya hampir tidak pernah diceritakan. yang diceritakan kebanyakan malah masalah pacarannya. ini serius pelajar nggak sih?

malah ada yang diceritakan masalah tawuran, bolos, menyontek. kok malah yang buruk. kisah penting dari masa remaja malah tidak diceritakan. padahal sebagian besar waktu pelajar digunakan untuk belajar di sekolah. kegiatannya belajar mencari ilmu pengetahuan, tapi sedikit sekali diceritakan.

memang ada kalanya proses kegiatan belajar mengajar bisa saja dianggap membosankan. pelajaran dari guru dianggap statis atau monoton jadi tidak menarik untuk diceritakan. makanya jarang diceritakan.

aku jadi ingin menulis cerita tentang ilmu pengetahuan tersebut. karena menurutku ilmu pengetahuan itu menarik. nggak cuma harus membaca seabrek buku, mendengarkan ceramah guru, mengerjakan tugas, soal-soal latihan, mengerjakan PR atau ulangan harian. tapi ada juga pengetahuan sampingan di samping materi yang tertulis di buku atau soal-soal latihan. misalnya:

  • soal cerita dari suatu materi.
  • kisah seorang murid yang berusaha mengerjakan PR walau dia diajak teman-temannya berpesta.
  • bagaimana mengajar materi dengan menyenangkan.
  • bagaimana sejarah atau ilmu pengetahuan tambahan bisa menarik perhatian.
  • tips-tips belajar biar efektif dan pelajar bisa menjadi berprestasi.
  • bagaimana menerapkan ilmu yang didapatkan dari sekolah ke dalam kehidupan.

semua itu bisa menjadi bahan cerita yang menarik. jadi kita bisa menceritakan ilmu pengetahuan dan remaja secara bersamaan menjadi hal yang menyenangkan. bermain sambil belajar namanya. anak-anak bisa belajar dengan cara itu. kenapa remaja tidak?

ada beberapa referensi cara itu. misalnya buku “kartun fisika”, “kartun biologi”, komik “archie & meidy”. ada juga serial “why”.

untuk film yang jelas ada film dokumenter. tapi film dokumenter hanya berisi liputan. dia tidak punya tokoh utama, konflik, tokoh antagonis dan suspense (ketegangan). jadi untuk film yang punya aspek ilmu pengetahuan dan cerita yang bagus adalah film-film fiksi ilmiah. contoh film fiksi ilmiah: ready player one, the core, armageddon, inception, the matrix series, terminator series, the transformers series, ghost in the shell, jurrasic world, alita battle player, dll, inception. ada banyak sekali.

ada beberapa film fiksi ilmiah yang akurat. misalnya: deep impact, gravity, the martian, interstellar, blade runner 2049.

meskipun begitu di dalam fiksi ilmiah meskipun menggunakan ilmu pengetahuan, mereka membahas teknologi yang belum ada lalu dengan teori yang seolah-olah ada, berusaha menyelesaikan masalah yang belum ada sampai melewati batas ilmu pengetahuan. misalnya mesin waktu. ada banyak yang melibatkannya. misalnya: spy kids all time of the world, the time machine.

aku ingin menceritakan ilmu pengetahuan yang sudah ada. misalnya pelajaran sekolah, ekstra kurikuler pramuka, PMR, jurnalistik dan pencinta alam. keempat itu yang aku tahu. yang lain mungkin ada tapi aku belum tahu banyak. dengan cerita itu aku ingin menceritakan seorang remaja yang berusaha menyelesaikan masalah-masalah dalam kehidupannya menggunakan ilmu pengetahuan yang didapatnya dari sekolah. misalnya saat seorang anak diculik dia menemukan cara untuk meminta tolong kepada temannya adalah dengan menggunakan kode morse. bagaimana dia akan mengirim pesan jika dia tidak boleh berisik? kalau berisik penculiknya akan tahu. itu dia masalah yang harus dia pecahkan.

aku sudah ceritakan semua. sekarang bagaimana menurut kalian?

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *