cerpen cewek pmr

mumpung lagi nulis diary sekalian aku ceritakan masalahku di sini. sebab di sini tempatnya proses penulisan karya dan blogku. soal hasilnya di blog lain.

jadi singkatnya gini. aku lagi nulis kumpulan cerpen. antar cerpennya saling berhubungan dan berurutan. jadi serial cerpen remaja. tokoh utamanya Wika Nurviana. dia anak SMP. kalian bisa lihat ceritanya di studentsweet. studentsweet.wordpress.com.

kali ini ceritanya adalah tentang PMR. aku ingin menceritakan kalau Wika ikut ekskul PMR. lalu bagian ini bagian awalnya yaitu diklat. masalahnya bagaimana membuat cerita yang menarik tentang diklat PMR?

nggak hanya tentang alur aku juga harus belajar tentang PMR. sama seperti posting kemarin, aku harus melakukan riset supaya ceritaku tentang PMR menjadi realistis. jangan sampai nanti ada anak PMR atau orang PMR yang baca ceritaku lalu protes,” ini ceritanya nggak benar. bukan tokohnya yang salah, tapi PMR. cerita tentang PMR-nya yang nggak benar. kami yang ikut PMR yang tahu. nih penulisnya pernah ikut PMR nggak sih? atau cuma ngarang aja?”

aku riset data PMR menemukan:

  • materi PMR seperti 7 prinsip PMR, tri bakti, sejarah PMR, pengobatan darurat, cara membuat perban dsb.
  • cerita diklat PMR. sama susunan acaranya. ternyata ada yang 1 hari, 2 hari  sama 3 hari. bahkan yang 4 hari juga ada.
  • tingkatan PMR seperti mula, wira dan caraka.
  • cerpen PMR di luaran.
  • ternyata di PMR diklat dan outbond dipisah. jadi beda sama yang aku ikuti dulu.
  • beberapa diklat PMR diadakan di akhir september. jadi nggak di bulan juli. aku pikir diklat itu diadakan di awal setelah pendaftaran siswa baru dan setelah ada siswa baru.
  • di PMR ada latihan fisik sebelum pemberian materi dalam pertemuan rutin.
  • scarf diberikan setelah diklat. waktu awal diklat bisa pakai seragam olahraga. kalau seragam PMR yang biru bisa beli sendiri di toko seragam.

gimana hasilnya?

ceritaku masih belum kelar. dulu aku pernah nulis jadi tapi harus aku perbaiki. aku tulis ulang hasilnya 50% lalu harus direvisi lagi. jadi hasil akhirnya gimana ya?

intinya sih cerita tentang seorang pelajar kelas 7 SMP yang baru ikut PMR. lalu ada masalah dan tantangan dan dia harus menghadapi tantangan tersebut. tinggal bagaimana membuat tantangan dan jalan cerita yang menarik.

ada yang bisa kasih saran?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *