master sekte

teman-teman pernah nonton star wars? pasti tahu dong kalau di sana ada yang namanya jedi?

jedi itu nggak hanya satu orang, tapi sekelompok orang. mereka itu seperti pendeta tapi punya kekuatan khusus. mereka memiliki kekuatan yang berasal dari force, suatu kekuatan alam yang mengalir di dalam dunia star wars. dengan force seorang jedi dapat melakukan hal yang tidak masuk akal seperti terbang, mengenali orang dalam jarak jauh, mengendalikan benda-benda tanpa menyentuhnya, melihat tempat-tempat yang jauh, bahkan berkomunikasi. mereka pun bisa merasakan hawa kehidupan. yang paling keren, mereka bisa menggunakan light saber.

di samping star wars ada film doctor strange. film besutan marvel ini menceritakan seorang penyihir bernama doctor strange dalam menyelamatkan dunia. film ini pun luar biasa. doctor strange bisa menjelajah dunia lain, menggunakan kekuatan dari dunia lain, bertarung dengan cara yang luar biasa, bahkan ia bisa mengendalikan waktu. dengan cara itu dia bisa mengalahkan musuhnya.

apa hubungan antara kedua film tersebut?

kedua tokoh dari film itu adalah seorang master. seorang master adalah seorang anggota dari kelompok spiritual tertentu yang sudah menjadi anggota dan dapat mengajarkan ilmunya untuk para pelajar dan pemula. di film star wars tokoh-tokoh jedi yang telah mencapai tingkatan master antara lain qui gon jill, obi wan kenobi,  yoda, luke skywalker. sedangkan di film doctor strange tokoh-tokoh yang telah menjadi master antara lain the ancient one, master hamir, master mordo hingga akhirnya master strange, karena temple sudah diserang, tidak ada penjaganya sehingga membutuhkan penjaga baru. doctor strange yang ditugaskan menjadi penjaganya.

setelah menonton kedua film tersebut aku jadi ingin menjadi seorang master. menurutku master itu keren. mereka sudah punya wibawa, kekuatan, wewenang. mereka mengajar murid-murid. mereka dihormati dan dipatuhi. mereka mempunyai kekuatan untuk melindungi diri mereka dan murid-murid beserta organisasi mereka. mereka diakui oleh orang-orang di organisasi, di luar organisasi dan organisasi itu sendiri.

aku jadi ingin membuat sebuah sekte biar  bisa menjadi seorang master. aku misalnya membuat sekte seperti berikut:

nama: orde of red diamond

orde atau sekte ini adalah sebuah sekte yang bertujuan mencari kebenaran dan kekuatan sejati di alam. orde ini tidak menggunakan 4 elemen seperti avatar, tapi seperti force di film star wars.  para anggota sekte ini berusaha mempelajari dan menggunakan alam. hampir sama dengan fullmetal alchemist juga. selain berusaha menggunakan kekuatan alam, mereka juga diam-diam berusaha membuat philosopher stone dan ternyata bahan pembuatan philosopher stone adalah manusia hidup. oleh karena itu orde of red diamond terancam dipidana pembunuhan. sekte ini harus diperbaiki, bukan dimusnahkan. kalau biasanya perkumpulan seperti ini dianggap sesat dan jahat lalu berusaha dimusnahkan, tapi aku tidak ingin begitu. aku ingin sekte ini dilindungi dan bertahan. yang perlu diperbaiki adalah cara penelitian para petingginya yang berusaha membuat philospher stone dari manusia hidup. saat ini masih berusaha dicari solusi pembuatan philospher stone dengan selain manusia hidup.

tingkatan-tingkatan dalam sekte red diamond

di dalam sekte red diamond ada beberapa tingkatan. antara lain:

  • elder. elder adalah tetua sekte. mereka adalah para mantan pemimpin sekte. mereka tidak lagi memerintah, tapi jika kondisi darurat mereka memiliki wewenang untuk memerintah sekte.
  • grandmaster. grandmaster adalah pemimpian sekte. grandmaster ada satu pada setiap wilayah. ada wilayah pusat yang mancakup satu negara, wilayah provinsi dan wilayah setiap kota. jadi ada grandmaster pusat, cabang provinsi dan cabang kota.
  • general master. general master adalah master yang sudah menjadi petinggi. mereka setara dengan jenderal. mereka mengurusi setiap bagian dari sekte. mereka membantu grandmaster dalam mengambil setiap keputusan dan kebijakan grand master.
  • high master. high master adalah master yang menjadi pengurus sekte seperti sekretaris, bendahara, humas dan sebagainya.
  • senior master. senior master adalah master yang bertugas mengajar master yang lain. dengan kata lain mereka mengajar guru yang lain. tujuannya agar ilmu mereka lebih tinggi dan dapat mengajar murid dengan lebih baik.
  • master. master adalah seorang anggota sekte yang telah resmi dan diperbolehkan mengajarkan ilmu kepada para murid. mereka sudah lulus pendidikan, pelatihan dan ujian. mereka telah mendapatkan tanda kelulusan mereka.
  • pelajar akhir. pelajar akhir adalah pelajar yang telah menempuh jenjang akhir dari pendidikan sekte. mereka hampir menyelesaikan semua materi dan ujian.
  • pelajar senior. pelajar senior adalah pelajar tingkat menengah. mereka sudah mendapatkan pelatihan dasar dan telah lulus. pendidikan bagi mereka adalah pengembangan.
  • pelajar/ pelajar mula. mereka adalah pelajar yang baru memulai belajar di dalam sekte. mereka masih mempelajari dasar-dasar dari sekte seperti filosofi dasar, jurus-jurus dasar, disiplin dan pedoman hidup.
  • kontak. kontak adalah orang yang dihubungi oleh anggota sekte untuk diundang di dalam acar-acara yang diselenggarakan oleh sekte. mereka diundang ke acara-acara sekte, sering ditemui dan diajak diskusi oleh sekte. tujuannya untuk diajak mengikuti sekte seperti bergabung dan menjadi pelajar di sekte.
  • undangan. undangan adalah orang-orang yang menerima undangan dari sekte. misalnya sekte mengadakan suatu acara tertentu. mereka mengundang orang-orang umum. orang-orang umum itu disebut undangan. kalau mereka hadir, mereka diundang lagi dalam acara berikutnya. kalau beberapa kali hadir dan mau berdiskusi mereka dinaikkan statusnya menjadi kontak.

kenaikan setiap tahapan di atas tidak pasti. bisa saja seorang undangan menjadi kontak kalau dia sudah mau berdiskusi dan mau mengikuti sekte. bahkan kalau dia mau bisa saja langsung jadi pelajar mula.

pelajar mula biasanya satu tahun, pelajar senior dua tahun, pelajar akhir satu tahun. tapi bisa jadi lebih atau kurang tergantung kemampuan murid. kalau dia mampu, dia bisa lebih ceoat. kalau tidak lulus dia harus bertahan. dia tidak boleh melanjutkan tahapan pelatihan berikutnya sampai dia lulus ujian sebelumnya.

seorang master naik menjadi master senior kalau murid yang dia didik sudah menjadi master pula. jadi penilaiannya tergantung muridnya. selain itu dia juga bisa naik kalau dia dianggap lulus ujian master senior.

master senior dapat naik menjadi highmaster jika dia mengajukan atau diajukan sebagai pengurus sekte. jadi dia harus bisa mengatur waktu antara mengurus kegiatan-kegiatan sekte beserta mengajar murid-muridnya. senior master tidak hanya mengajar master saja, tapi bisa juga pelajar. jadi senior master pasti sangat sibuk.

kemudian masalah isi sekte. apa yang dipelajari sekte? apa yang mereka lakukan?

setidaknya ada tiga hal yang mereka pelajari:

  1. hakikat kehidupan. rahasia kehidupan dan kebijaksanaan. bisa menyangkut asal muasal kehidupan, dari mana manusia hidup, kemana manusia setelah mati, dan apa tujuan hidup manusia. bisa juga mengenai rahasia alam semesta dan kehidupan. dalam kedua film di atas adalah tentang adanya kekuatan. ada yang force, ada pula yang multiverse.
  2. cara menggunakan kekuatan. untuk dapat menggunakan kekuatan tersebut, para pelajar harus berlatih. bisa berlatih fisik, mental bisa juga spiritual. untuk itu para pelajar harus mengikuti disiplin peraturan dari sekte.
  3. pedoman hidup. pedoman hidup ini adalah peraturan yang harus diikuti setiap anggota sekte. tidak hanya pelajar, master hingga elder pun harus mematuhi. tujuannya agar mereka tetap selaras dengan sumber kekuatan mereka, disamping untuk mempertahankan tradisi sekte. misalnya dilarang makan daging, memiliki harta, dilarang menikah dan sebagainya.

sekarang kita analisis ajaran dari jedi dilm star wars dengan 3 aspek di atas.

  1. inti dari ajaran jedi adalah force. force dipercaya sebagai kekuatan yang mengisi seluruh alam semesta, kehidupan dan manusia. force mengalir di antara angin, ombak, bebatuan, kehidupan. tugas seorang jedi adalah selalu menjaga keseimbangan force di alam. saat force tidak seimbang akibat adanya kejahatan dan kerusakan, akan timbul penderitaan, masalah dan kesulitan. tugas seorang jedi saat itu adalah berusaha mengembalikan keseimbangan force dengan cara
  2. cara berlatih menggunakan force awalnya dengan merasakannya. kemudian mengendalikan diri. ada juga latihan fisik. selanjutnya latihan menggunakan lightsaber.
  3. pedoman atau peraturan hidup seorang jedi di antaranya dilarang menikah, memiliki harta, menggunakan force untuk kepentingan pribadi — yang menyebabkan seorang jedi jatuh ke dalam kejahatan sehingga menjadi seorang sith (jedi jahat).

kemudian bagaimana dengan doctor strange? kita coba menjawabnya.

  1. awalnya adalah alam semesta ini tidak hanya ada satu, tapi ada banyak sekali yang disebut multiverse.  alam semesta yang kita tempati hanya salah satu dari multiverse tersebut. ada alam semesta yang baik, ada juga yang buruk, gelap dan jahat.
  2. kita berlatih menggunakan kekuatan dari multiverse, dari alam semesta yang lain untuk membuat perisai dan senjata. cara menggunakannya dengan mengucapkan mantra, lalu menjalankan ritual tertentu.. kadang ada kekuatan yang begitu besar sehingga tidak bisa dipikul oleh manusia. oleh karena itu manusia mengalihkannya ke benda-benda sehingga manusia dapat menggunakannya. benda-benda itu disebut relikx. misalnya sepatu loncat, jubah terbang dll.
  3. salah satu peraturan seorang anggota sekte kamar taj adalah dilarang menggunakan kekuatan dari dimensi gelap. dimensi gelap itu tidak menentu. bisa menyeret orang menjadi jahat.

sekarang faktanya, bagaimana dengan kita? apakah ada sekte seperti itu di kehidupan nyata? kita coba menjawabnya.

  1. masalah hakikat kehidupan umumnya telah ditemukan dan dijawab oleh agama-agama di dunia. jadi kita tidak perlu mencari lagi lalu membuat sekte sendiri. kita tinggal pilih mana yang benar lalu mengikutinya.
  2. cara menggunakan kekuatan. faktanya tidak ada kekuatan gaib atau supernatural yang diajarkan agama-agama. faktanya di dunia juga tidak ada kekuatan gaib. kalau mau sungguh-sungguh seperti itu berarti harus memasuki dunia mistik dan sihir. seperti kita tahu kebanyakan agama menolak sihir jadi tidak bisa.
  3. pedoman hidup. setiap agama juga sudah memberikan aturan pedoman hidup bagi anggotanya. jadi setiap penganutnya, termasuk kita anggotanya tinggal mengikutinya, bahkan wajib.

pada akhirnya sekte dalam kehidupan nyata kita adalah agama yang kita anut. kita wajib meyakini keyakinan doktrin agama kita masing-masing, wajib mematuhi perintah dan peraturan agama. kita pun diharuskan hidup sesuai peraturan agama kita. jadi kita sudah tergabung dalam sebuah sekte, yaitu agama kita masing-masing.

lalu untuk apa membuat sekte baru lagi? untuk apa ingin jadi master?

aku ingin membuat sekte  bukan untuk dijadikan rencana tindakan nyata, tapi sebagai bahan cerita. misalnya aku membuat novel atau kumpulan cerpen tentang sekte tertentu. di dalamnya diceritakan perjuangan seorang anggota baru yang berusaha naik tingkat tingkat demi tingkat hingga tingkat yang paling tinggi. kalau biasanya ada sekte lalu dianggap sesaat lalu berusaha dihancurkan, di sini aku ingin ceritanya melindungi dan mempertahankan sekte itu. di dalam cerita itu aku juga ingin menceritakan materi, pelatihan dan ujiannya. tujuannya untuk mengajarkan bahwa belajar dan berlatih itu perlu usaha keras, jadi bersungguh-sungguhlah.

soal menjadi master, aku ingin menjadi master supaya menjadi orang yang kuat, anggota kepercayaan organisasi. seorang master — seperti yang sudah aku ceritakan — adalah anggota resmi sekte yang sudah dianggap mampu menguasai ilmu tertentu yang diajarkan oleh sekte.  karena sudah mampu menguasainya, mereka dianggap layak dan pantas mengajarkannya kepada para murid. jadi mereka seorang guru. seperti master shifu, master luke skywalker atau master strange sendiri. aku juga ingin menjadi seorang pengajar. rasanya keren punya murid, punya pengikut. bisa dihormati. tapi sebaiknya kita ingin jadi master bukan karena itu, melainkan karena kita ingin menyebarkan kebenaran dan kebaikan. kita ingin tidak hanya kita sendiri yang benar lalu semua orang salah. itu adalah pemikiran egois. kita tidak ingin selamat sendiri lalu semua orang celaka. kita ingin agar orang lain menjadi benar, baik dan selamat juga. terlebih lagi kita juga ingin punya lebih banyak teman seperjuangan dalam menyebarkan kebenaran dan kebaikan ya kan?

jika dalam kehidupan nyata sekte doctor strange dan jedi bisa saja sesat, maka kita tidak perlu mengikuti mereka secara eksplisit dan total tapi ambil nilai-nilai dari mereka saja. misalnya rajin berlatih, rajin mengikuti disiplin agama kita masing-masing, selalu mematuhi peraturan agama, menjalankan perintah agama dan menjauhi larangan-Nya, serta selalu menata hidup agar selalu sesuai peraturan kehidupan agama masing-masing. betul gak?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *