sakura saku

lagu ini begitu menyentuh hatiku. aku nggak ngerti gimana liriknya, maksudnya dan pesannya tapi aku ngerasa sangat indah begitu saja. seakan-akan membawa perasaan senang, sedih dan damai. aku akan menceritakan perasaanku mengenai lagu ini.:

ujian nasional telah berakhir. perpisahan telah dilaksanakan. semua anak kelas 3 akan lulus. di situlah aku berada. di antara teman-teman. kami sebentar lagi akan berpisah, menuju masa depan masing-masing. mengejar impian masing-masing.

perasaan senang dan bahagia menyeruak karena semua beban sudah lewat. semua ujian yang ditempuh berbulan-bulan. belajar keras siang malam, sendirian maupun berkelompok. aku dan teman-teman berjuang keras. kami mengikuti pendalaman dari guru jauh pagi sebelum pelajaran utama dimulai.

kenangan-kenangan dari masa lalu terbayang. dulu kami mendaftar di sekolah ini. lalu kami masuk kelas. kami saling berkenalan. lalu mengikuti ekskul. kami belajar di kelas, bercanda di kelas, makan bersama di kantin, sore hari mengikuti belajar kelompok. ada karnaval sekolah. kami ikut acara-acara sekolah seperti jalan sehat, pentas seni, menyanyi bersama. lalu ada kegiatan keagamaan. tahun baru. ujian. pengambilan raport. tanpa terasa tiga tahun berlalu.

saat ini kita sudah berada di titik akhir. di ambang pintu menuju masa depan yang cerah. seperti di anime. semua musuh sudah dikalahkan. saat ini adalah epilognya. kedamaian di antara kita terasa mendamaikan.

tapi saat itu aku tersadar berarti saat inilah sebentar lagi aku akan berpisah dengan teman-temanku. tanpa terasa air mataku mengalir. aku takkan bisa lagi melihat  teman-teman lagi. takkan ada lagi salam selamat pagi dari mereka, berjalan bersama di pagi hari menuju kelas, bercanda di kelas, iseng di kantin, bermain di sekretariat. ah, aku tak ingin semua itu berlalu tapi aku tak bisa menahannya.

perasaanku bagaikan bunga sakura yang bermekaran lalu tertiup. bahagia karena bisa terbang bebas, lepas menuju dunia yang luas dan cerah di bawah matahari pagi. tapi aku juga sedih karena aku akan meninggalkan pohon yang selama ini membesarkanku dan memberikan aku kehidupan selama ini. aku juga meninggalkan teman-teman — bunga-bunga sakura yang lain. mereka pun beterbangan bersama denganku tapi menuju tempat yang lain. teman-teman …

takkan berakhir kalau ini harus dilanjutkan. aku harus tersenyum, mengusap air mataku, melompat bersemangat mengucapkan salam perpisahan pada mereka. semoga suatu saat nanti kita akan bertemu lagi. saat itu akan aku ceritakan apa saja yang telah aku lalui. semoga suatu saat bisa bersama selamanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *