posting agama

beberapa waktu lalu aku memposting tulisan tentang agama, yaitu posting “berpikir maju”. posting — tulisan itu — mengaitkan antara berpikir maju di dalam pekerjaan dengan akhirat yang mengarahkan pembaca menuju agama, khususnya islam. setelah itu aku menulis tentang “makna kebangkitan”. Isinya membahas aqidah Islam lalu berkaitan dengan  kebangkitan individu, bangsa dan politik.

aku mengetiknya di sini tapi sayang aku harus menghapusnya. tenang aja, teksnya sudah aku publikasikan di blog lain, yaitu subhalaqah. aku juga sudah memposting tulisan-tulisan yang lain di sana.

aku menemukan beberapa ide tulisan islami lagi seperti “permulaan agama islam”, “tips menjadi pemuda solih”, “pengembangan rukun islam”. aku akan menyusun naskahnya. sayangnya nanti aku posting di subhalaqah saja deh. di sana khusus untuk posting islami.

blog livestring ini meskipun bebas ternyata aku membuat batasan. batasannya adalah tulisan yang bisa ditampilkan di sini adalah tulisan curhat pribadiku dan sains. bisa juga hiburan. aku nggak bisa menuliskan agama sebab kalau menuliskan agama nanti jadi ceramah, menggurui orang lain, sok baik, padahal aku sendiri belum tentu bisa mengamalkan. aku juga belum bisa jadi orang baik. jadi aku belum berani menulis posting agama.

kalau aku menulis posting agama nanti posting-posting yang lain akan langsung kalah karena tulisan-tulisan lain adalah curhat pribadi sedangkan posting agama adalah ceramah yang menasehati orang lain. aku masih belum siap menasehati orang lain. apalagi blog ini juga blog pribadi.

jadi maaf, deh. sesuai tagline-nya, blog ini curhat hai pribadi, sains dan hiburan. untuk agama di tempat lain, di subhalaqah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *