anime masa lalu

beberapa hari yang lalu, — sampai seminggu yang lalu  kira-kira — aku menemukan anime astro boy. anime itu adalah salah satu anime yang kusuka dari masa laluku, dari zaman aku SD sampai SMA. maklum aku generasi 90-an. masa kecilku hari minggu aku habiskan untuk nonton anime di TV. masa itu sekitar tahun 2000  s.d. 2006.

aku senang sekali ketika mendapatkan anime astro boy itu. aku sampai ingat lirik lagu opening dan endingnya. seperti ini:

true blue by zone

What is the reason of my birth
reason of my life question of man
What he is What he wants

ima kimi ni mienai chikara ga
osoi utsumuite namida kakushiteta

dou sureba ii ka? sore sae wakarazu ni
ASUFARUTO ni saku hana ni yuuki kanjita…

* itsumo kimi no soba ni iru yo
dakara mou hitori ja nai
kimi ga michi ni mayou toki wa
boku ga saki wo aruku yo

** (tooi) tooi sora koete (bokura) bokura wa tobidatsu
(kitto) kitto soko ni aru (sore ga) sore ga kimi no yume…

lirik lagu di atas adalah sepenggal dari lagu yang sebenarnya. maklum, lagu asli rata-rata 3 menit lebih sedangkan untuk anime sekitar 1 menit 20 detik. jadi lagunya sipotong untuk anime.

sedangkan untuk endingnya ini

boy’s heart

naze naze
kokoro ga itamu to namida ni naru
naze naze
namida ga ochiru to hitori ni naru
chiisana hiza kakae
tooku o mata miageru
hiroi hiroi sono sora yori
motto hiroi hazu da
takai takai ano kumo yori
motto takai hazu da
kimi no kokoro mo

setelah aku menemukan anime astro boy, aku jadi menemukan yang lain. misalnya Dr. slump, inuyasha (walau panjang. gila! 167 episode bro! kuat liat nggak?), zoids, ragnarok online, hack sign. ada digimon adventure, digimon 2, digimon tamers, digimon frontiers.

sebelumnya aku sudah mendapatkan beberapa anime yang kusuka sejak dulu yaitu gundam wing. selanjutnya gundam seed dan gundam seed destiny.

aku membuat daftar anime yang tayang di zaman SD sampai SMA dulu. ini hanya sebagian saja. ini dia daftarnya:

  1. wedding peach
  2. sailor moon
  3. dragon ball
  4. digimon adventure
  5. shin chan
  6. kobo chan
  7. chibi maruko chan
  8. kera sakti
  9. ultraman tiga
  10. gundam wing
  11. detective conan
  12. ninja boy
  13. one piece
  14. monster farm
  15. yugi oh
  16. ninja hatori
  17. p-man.
  18. minky momo
  19. samurai x
  20. Hercules
  21. wiro sableng

beberapa dari daftar di atas ada yang bukan anime tapi serial action seperti hercules, ultraman tiga dan wiro sableng. kalau mau sungguh-sungguh berusaha insya Allah akan bisa menemukan link download semua anime itu (kalau masih ada) lalu download semua terus tonton semua untuk nostalgia tahun 90-an.

kalau mau tahu lebih luas lagi tentang trend anime zaman itu bisa cari di majalah anime tahun-tahun itu. misalnya animeinfo, animonster, dan sejenisnya. di dalamnya kita akan mendapatkan banyak anime yang lain beserta review-nya. misalnya midori days, eureka seven, avenger dll. tak hanya itu, kita juga akan makin kenal dengan J-pop, J-culture, belajar bahasa jepang dll. kalau mau download semua dan tonton semua silakan.

cuma, apakah kita masih punya waktu? kita semua makin dewasa. kesibukan makin banyak. harus kerja, istirahat, mengerjakan tugas rumah, mengurus keluarga. kalau benar-benar mau mengejar semua anime itu, kehidupan nyata kita akan makin banyak yang dikorbankan. makin lama kita akan menjadi berpikir, merasakan dan bertindak seperti budaya anime. padahal anime diturunkan dari budaya jepang, sedangkan kita orang indonesia. aku khususnya tinggal di antara budaya jawa yang agak pedesaan. aku jadi orang jawa yang nggak njawani. jadi bagaimana?

aku sih ambil sedikit-sedikit saja. asal nggak berlebihan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *