menulis wika nurviana

wika nurviana awalnya adalah sebuah sosok/ karakter fiktif yang aku buat untuk mewakili blogku yang bernama winterwing. dulu aku punya blog bernama winterwing. (sekarang masih ada walau tidak aktif). aku sangat suka blog itu. aku hampir setiap hari ngeblog dengannya. hari-hari terasa sangat indah bersamanya.

aku lalu membayangkan blog winterwing sebagai seorang cewek. kalau cewek namanya Wika Nurviana. aktivitas ngeblog aku umpamakan sebagai aktivitas kencan. jadi aku dulu menceritakan aktivitas ngeblogku dengan sebuah cerpen yang menceritakan kisah cinta seorang cewek bernama wika nurviana. aku mengumpamakan dia hidup, berskolah SMA, punya teman-teman dan cowok yang ia sukai. padahal pada aslinya semua cerita itu hanya metafora untuk sebuah tulisan/ artikel tutorial ngeblog. kalian percaya itu?

ya, itulah aslinya. kisah kehidupan seorang gadis remaja SMA pada aslinya adalah sebuaha artikel tutorial ngeblog. kisah itu juga curhatku tentang aktivitas ngeblogku.

lambat laun kisah Wika berkembang. dia jadi punya teman-teman, keluarga, sekolah, guru-guru dll. dia punya pengalaman-pengalaman hidup. aku jadi ingin membuat cerita serial tentang dia. aku sudah bertahun-tahun menulis ceritanya. dulu sudah pernah aku publikasikan, tapi kemudian aku hapus karena kurasa jelek semua padahal semua itu sebenarnya sangat indah. di sana ada kenangan hidupnya. aku berniat akan menulis ulang dan mempublikasikan lagi semuanya. aku jadi ingin membuat cerita wika nurviana sebanyak 24 cerita. seperti anime-anime di internet, tapi ini tanpa gambar dan suara. cuma tulisan saja.

aku susun karakter wika seperti ini. ada beberapa versi menurut tahun terbitnya.

1). tahun 2010 aku menulis karakter Wika sebagai cewek kelas 2 SMA. dia sekolah di SMA Satria, di Kota Patria. dia punya cowok bernama Cakra sanjaya. ceritanya cakra ingin menjauh sementara dari Wika untuk menjaga jarak agar hubungan di antara mereka tidak jenuh, tidak bosan dan tetap hidup, tapi Wika belum bisa menerimanya. lalu Wika curhat ke kakaknya. kakaknya mendatangi Cakra. kakaknya menanyakan kesungguhan hubungan cakra dan Wika beserta maksud dan tujuan tindakan cakra. kalau sampai bohong dan ternyata Cakra berniat selingku, kakak Wika yang akan turun tangan.

2). tahun 2013 aku menulis hampir 80 cerpen tentang perjalanan Wika. di sini kisahnya adalah tutorial ngeblog, persahabatan, agama, dll dari Wika. di sini Wika kelas 8E SMP Aryapati. dia sekelas bersama Revina, Silvia, Citra, Malaikah Solihah, Luthfi Salim, fifi Rahmania dll.

3). tahun 2017 aku menulis kisah Wika kelas 3 SMA dan saat kuliah. saat itu adalah saat Wika bertemu cowok yang tertarik dengan tulisan-tulisannya, cerpennya dan blognya. mereka lalu menjadi dekat dengan sering bertemu. cowok itu membantu mengetikkan tulisan Wika biar Wika bisa cepat mempostingnya ke blognya dengan lebih mudah. cowok itu bernama Rino Alfin Tora. dia dari SMA Gatra. dia kandidat kuat calon suami Wika di masa depan dan cinta terakhir Wika.

4). tahun 2018 aku menulis kisah Wika kelas  SMP. dia kelas 7A bersama Eilene Tarski. mereka menjalani kehidupan yang menyenangkan di sekolah dan ekskul. kisah ini masih baru beberapa cerita. jadi masih harus dilanjutkan agar menghasilkan lebih banyak pengalaman dan pelajaran kehidupan. rencananya nanti Wika akan menjadi seorang redaktur mading di sekolahnya. ini spoiler keras.

berdasarkan profil di atas Wika nurviana dapat diidentifikasi sebagai:

a). avatar sebuah blog.

b). cewek blogger.

c). cewek redaktur mading.

saat ini yang paling realistis adalah opsi c. aku sedang mengembangkannya dan menuliskan ceritanya. semoga nanti berhasil. sekarang waktunya action.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *