status yang sempurna

hai. apa kalian punya akun di sosmed? facebook, twitter, instagram dan lain-lain, kalian punya? kalau kalian punya pernahkah kalian melihat dan meninjau ulang status, kiriman atau posting di akun sosmed kalian?
ada sebagian orang yang melihat ulang statusnya di masa lalu lalu terkejut dan nyesel. ternyata di masa lalu dia alay dengan update status galau, lagi ngapain, dengan huruf campur angka dan tanda baca apalagi hukuf kapital. dia menyesal,”kenapa dulu update status gitu?

aku juga gitu. maksudnya bukan aku alay, tapi aku meninjau statusku di masa lalu lalu aku menyesal ternyata statusku tidak sempurna. aku jadi menghapus semuanya dari awal. sejak itu aku selalu meninjau dan mengawasi statusku sendiri. kalau jelek aku hapus. kalau salah ketik, salah gambar atau tanda baca hapus juga. kalau menyimpang dan beda konten juga hapus. makin banyak status yang salah makin banyak yang dihapus juga. hasilnya statusku tidak pernah banyak. hanya sedikit hasilnya. sekarang kita bahas status itu ada dunia jenis:
1. status yang sempurna.
status ini gak pernah salah, abadi, bisa dibaca kapan saja dan bermanfaat buat siapa saja. contohnya quotes. quotes ini banyak disukai orang-orang. tapi orang yang update status dengan status ini saja akan jadi orang yang kaku dan tidak pernah bergaul dengan orang lain. dia tidak pernah reply, mention, retweet, komen atau share. dia bisa like tapi tak bisa lebih. dia bisa berbagi tapi tak bisa berkomunikasi dengan orang lain.
2. status yang alami.
status yang alami adalah status yang mengekspresikan perasaan dan pikiran dari pembuatnya. dia juga bisa menceritakan aktivitas pemilik akun sosmed. status ini terikat waktu, tempat dan suasana. misalnya tanggal, jam, di mana, lagi ngapain. bisa sekolah, kuliah, kerja, rekreasi, main game, sendirian di kamar dan lain-lain. bisa normal bisa alay. bisa tulisan saja, gambar berisi tulisan, foto, slideshow atau video. status ini beresiko mengundang sikap egoisme, individualisme sampai narsisme dan alay.
meskipun begitu status ini membuat orang bisa berkomunikasi. orang-orang bisa like dan komen walau haters juga ada. di status ini orang bisa update status di timeline orang lain. di wall atau posting orang lain. misalnya kasih ucapan selamat ulang tahun, kasih foto lalu tag mereka
pengguna akun sosmed dengan status alami akan banyak berhubungan dengan orang lain. statusnya lebih warna-warni dan tidak membosankan. pertemanannya jadi terasa dan berdampak pada kebahagiaan hatinya.
dari dua di atas mana yang paling baik?
keduanya baik dan bisa digunakan tapi dalam proporsi tertentu. lebih banyak status alami lalu status quotes. jadi akan banyak bertukar kabar dengan orang lain, saling kirim sapa, salam, like, komen, reply, mention, retweet dan lain-lain. bisa diskusi dan tanya jawab. kalau ada informasi menarik, share. kecuali bagi orang yang totalitas. mereka sukanya status sempurna bersih dari curhat dan komunikasi atau konten eksternal. atau status alami tanpa quotes.
para pengguna akun sosmed dari kalangan dakwah mungkin tidak akan suka ini. menurut mereka akun sosmed bukan media pribadi, tapi media publik. jadi akun sosmed tak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi dan mengumbar privasi, tapi sebaiknya digunakan untuk kepentingan umum, dakwah misalnya. menurut mereka alay, narsisme dan selfie itu salah dan termasuk penyakit hati yang disebut ujub. jadi status sosmed harus diisi dengan konten dakwah islam dan berita islami ke dunia maya.
itu hak mereka berpendapat demikian, tapi mereka tak berhak memaksa semua orang mengikuti kemauan mereka. setiap orang memiliki hak dan pilihan masing-masing. terserah tiap orang mau update status dengan posting apa. yang penting setiap pemiliknya bertanggungjawab atas apa yang diketikkannya secara digital. ada banyak pilihan update status sekarang. ada banyak konten yang bisa diposting. ada banyak hati, aktivitas dan pikiran yang bisa diposting. apakah mau update status dengan quotes yang abadi, berita umum, foto, video, curhat dan lain-lain. semua kembali pada pilihan masing-masing. yang menjalani, memilih dan menikmati sosmed adalah setiap individu. mereka punya pilihan masing-masing. silakan pilih cara update status yang disukai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *