pengertian agama Islam

agama islam adalah agama yang menyembah Alloh dengan cara mengikuti cara yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Tuhan dalam agama Islam adalah Alloh SWT. Nabi dan rasul agama islam adalah nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad yang membawa dan mengajarkan agama Islam kepada seluruh umat manusia sampai saat ini. kitab suci agama islam adalah Al-qur’an. orang yang menganut agama Islam disebut muslim.

agama islam terbagi menjadi 2:

  1. aqidah, yaitu ajaran yang menjadi pandangan hidup dan keyakinan setiap muslim.
  2. syariah, yaitu peraturan yang mengatur kehidupan setiap muslim mulai dari ibadah, perilaku peribadi sampai hubungan dengan orang lain.

ajaran agama Islam bersumber dari 4:

  1. Al-qur’an. Al-qur’an adalah kitab suci agama Islam. dia pasti dan mutlak kebenarannya.
  2. hadist nabi. hadist nabi adalah perkataan, perbuatan dan persetujuan Nabi Muhammad SAW terhadap perbuatan yang dilakukan sahabat.
  3. ijma’ sahabat. ijma’ sahabat adalah kesepakatan di antara para asahabat tenttang suatu solusi terhadap suatu masalah dan mereka menyetujuinya.
  4. qiyas. qiyas yaitu membandingkan antara peristiwa yang belum ada dalilnya dengan peristiwa lain yang ada dalilnya dengan syarat ada hubungan dan kesamaan di antara dua peristiwa tersebut.

dalam masalah aqidah, sumber yang bisa digunakan adalah Al-qur’an dan hadist mutawatir. sedangkan dalam syariat Islam seluruh sumber di atas bisa digunakan sesuai tingkatan kekuatan dalil, kepercayaan dan kebenaran sumber hukum di atas.

agama Islam memiliki sifat-sifat:

  1. universal. agama Islam sejak diturunkannya berlaku untuk seluruh umat manusia tanpa memandang suku, ras, warna kulit, bangsa dan negara.
  2. abadi. agama Islam sejak diturunkannya berlaku sampai akhir zaman. ajaran agamanya tidak ada yang kadaluwarsa, berubah, tidak berlau dan ditambahi. agama Islam berlaku dalam segala zaman, setiap tempat dan setiap waktu.
  3. masuk akal. agama Islam memiliki aqidah dan syariah yang masuk akal. meskipun ajaran agama Islam memiliki aspek yang gaib sehingga tak bisa dijangkau akal, tapi keterangan tentang hal gaib itu masuk akal karena keterbatasan akal manusia. agama Islam tidak mengekang akal, pemikiran dan ilmu pengetahuan manusia. Islam memerintahkan manusia untuk berpikir, bertafakkur, memperhatikan keajaiban alam sehingga imannya menjadi kuat. syariat Islam pun benar dan masuk akal untuk mengatasi permasalahan manusia dan mengatur masyarakat.
  4. menenangkan hati. Islam memberikan porsi bagi menusia untuk memenuhi keinginan hati seperti cinta, persahabatan, kebanggaan, keamanan, kehormatan dll. Islam tidak mengekang nafsu manusia tapi menahan dan menyalurkannya pada jalan yang tepat sehingga tidak merusak dan menimbulkan kekacauan dan masalah di kemudian hari.
  5. adil. hukum Islam berlaku bagi setiap muslim dan kafir dzimmi tanpa memandang kedudukan, harta dan jabatan. siapapun yang melanggar hukum Islam dalam negara Islam maka akan dihukum dengan hukuman yang sama jika kejahatan yang dilakukan sama.

tujuan diturunkan agama Islam adalah sebagai berikut:

  1. agar manusia dapat selamat hidup di dunia dan di akhirat. jika agama Islam tidak diturunkan manusia akan hidup dalam kekacauan, peperangan, penderitaan, kesedihan dan penindasan belum lagi siksa di akhirat karena mengabaikan hukum Alloh. agama islam diturunkan untuk menyelamatkan manusia dari hal-hal di atas. meskipun begitu Islam tidak memaksa manusia. manusia diberi pilihan. hanya saja tiap pilihan yang diambilna akan membawa konsekuensi yang harus diterimanya setelah mengambil pilihan tersebut.
  2.  agar manusia damai, tenang dan bahagia; agar manusia terbebas dari penindasan, penderitaan menuju kesejahteraan, kedamaian dan kebahagiaan.
  3. agama Islam memberikan jawaban kebenaran universal yang dicari manusia tentang hakikat alam, kehidupan dan manusia juga mengenai sang pencipta, cara beribadah, cara menjalani hidup dengan baik juga cara mengatur masyarakat.
  4. manusia diciptakan untuk beribadah kepada Alloh, sang penciptanya. manusia juga diberi tugas sebagai khalifah untuk mengelola bumi. agama islam diturunkan sebagai panduan agar manusia dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan benar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *