misi ke masa lalu

aku sekarang jadi jarang update blog. bukan berarti aku tak pernah online. aku tetap online bahkan hampir setiap hari, kecuali kalau ada tugas, pekerjaan atau yang lain. aku cuma mengurus blog yang lain atau aktivitas online lain. aku punya 18 blog dan semua harus aku urusi.

aku sekarang sedangkan menjalankan sebuah misi. misiku adalah pergi ke masa lalu untuk menerbitkan ulang tulisan-tulisan yang dulu pernah aku terbitkan antara tahun 2008 sampai 2012, tapi aku tidak memposting semuanya. aku hanya memposting tulisan-tulisan yang panjangnya mencapai 300 kata atau lebih. kalau kurang sedikit aku edit dan tambahi. kalau kurang setengah atau jauh dari situ aku masukkan konsep atau aku buang kecuali puisi. puisi itu bebas. panjang berapapun aku akan terima karena puisi itu istimewa.

semua ini aku lakukan demi efisiensi. aku tidak ingin mengulangi semua hal yang telah aku katakan atau lakukan. aku tidak ingin menerbitkan semua postingan yang telah aku tuliskan. misalnya aku dulu pernah menulis tentang cashflow quadrant, aset atau rumus matematika. aku ingin tulisan itu tampil di masa lalu dan masih bisa dilihat sekarang biar sekarang tidak perlu menuliskan ide itu lagi. jadi aku terbitkan postingan dari arsip pada masa lalu tanggal yang asli juga.

aku mulai misi ini dari tahun 2014. aku ambil data dari arsip blog eightwing lalu blog-blog lain tahun 2015 sampai 2016. ada data tahun 2013 tapi data-data itu berupa cerpen dan cerpen-cerpen itu perlu diedit dulu. jadi aku tunda. aku lompati ke tahun 2012. alhamdulillah datanya sebagian masih ada. ada feed berisi daftar posting dalam format JSON dari google reader sebelum pensiun akhir tahun 2012.

awalnya kupikir mengolah data JSON itu sulit, tapi ternyata ada jalan. aku copy teks dari dalam file dalam tag “content”. teks itu ditempelkan di notepad. simpan dalam format html. jangan lupa tag html-nya. nanti buka dengan browser. maka teks data itu akan terlihat seperti ketikan murni tanpa kode.

aku sudah mulai jalan dari desember 2012 sampai mei 2012. aku berjalan mundur supaya terhubung dengan posting-posting terbaru. jadi terlihat bulan-bulan yang memiliki posting itu berurutan dari bulan terbaru sampai terlama. aku perhatikan dulu aku belum memikirkan standar. ada banyak posting hanya berupa foto, link, quotes, cerita singkat yang kurang dari 300 kata. semua itu terpaksa aku hapus karena tidak memenuhi standar. kalau cerpen standarnya lebih tinggi. batas minimal cerpen yang aku terima adalah 1000 kata. kurang dari itu aku hapus. terus ada juga postingan yang ternyata hasil import dari blogger. aku dulu juga ngeblog pakai blogger. terus ada lirik-lirik lagu. terus aku temukan ternyata dulu aku juga sering posting ulang. jadi ada banyak posting kembar. aku jadi bingung mana yangasli. sebenarnya posting ini pertama kalinya terbit tanggal berapa sih? aku jadi bingung. macet dah.

di rumah aku menemukan buku tulis catatan daftar posting blog winterwing dari 2008 sampai 2012. alhamdulillah ada data aslinya. sekarang aku terbantu. aku coret semua lirik lagu, foto, quotes, terbitan ulang, cerita mini dan semua yang pendek walau diary sekalipun. hasilnya signifikan. jumlah posting terbit turun. setiap bulan hanya ada 4 posting, kadang 5, kadang 6, 8, 10. padahal dulu aku posting banyak sekali. bisa sehari 4 sampai 5 posting. dengan banyak pengurangan ini aku bisa masuk ke tahun sebelumnya.

bagiku sebenarnya aku tidak ingin terlalu banyak posting. dalam 1 bulan aku hanya ingin antara 1 sampai 20 posting. jadi tidak setiap hari posting. jumlahnya bisa 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 10, 12, 16, 18, 20. segitu saja cukup. yang penting memenuhi standar panjang, kedalaman, kualitas, isi dan sebagainya.

aku perhatikan dalam arsip ternyata tidak setiap bulan aku posting karena aku susah konsentrasi. aku punya banyak blog jadi meloncat ke sana kemari mengurusi banyak blog. ini membantu proses penerbitan ulang. jadi dari januari 2012 lompat ke oktober 2011. oh, iya waktu itu dulu aku sibuk kerja jadi tak sempat posting. lalu agustus 2008 sampai juni 2009 juga sama karena sibuk kerja. yang penting sepanjang tahun ada posting. begitulah jadi kesannya sibuk tapi selalu kembali ngeblog.

semakin lama akan semakin banyak posting menunggu. ada 466 konsep menunggu siap untuk diposting. nanti aku tinggal terbitkan. aku akan periksa kelayakan standarnya. semoga nanti semua bisa diterbitkan ulang sampai tanggal paling pertama dari arsip blog ini. dengan begitu aku bisa menyelesaikan misi “menggenapi masa lalu merangkul masa depan”. saat masa laluku lengkap berarti bekalku akan lengkap dan aku akan siap menghadapi masa depan. saat misi selesai aku akan update lagi blog ini.

nah, sampai jumpa. semoga kelak ketemu lagi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *