pengertian berpikir

apakah berpikir itu?

dulu menurutku berpikir adalah proses mengolah data-data menjadi informasi untuk tujuan tertentu, memecahkan masalah tertentu dan mencapai sesuatu. aku mengambil definisi ini dari ilmu komputer yang bekerja mengolah data menjadi informasi. prosesnya meliputi mengumpulkan data, menganalisis karakteristik setiap data, memeriksa hubungan antar data, menghubungkannya dan menyusunnya menuju suatu informasi yang lengkap dan dapat dipahami. perbedaan antara cara berpikir komputer dengan manusia, salah satunya adalah komputer berpikir mengikuti algoritma dan program tertentu sedangkan manusia tidak. komputer tunduk pada semua perintah sedangkan manusia tidak.

pengertian proses berpikir ini juga aku ambil dari ilmu ekonomi tentang  produksi. dalam ekonomi dijelaskan bahwa produksi adalah proses membuat atau meningkatkan manfaat suatu bahan menjadi produk jadi. prosesnya dengan menyusun bahan-bahan dan menambahi dengan bahan-bahan lain lalu dikelola dengan proses tertentu. kekurangannya ditutupi atau dibuang. lalu bahan itu dihiasi.dalam berpikir seperti itu. bedanya bahan dalam berpikir adalah data dan produknya adalah informasi, solusi, keputusan dan kebijakan yang tepat. dalam produksi dan berpikir yang sistematis, keduanya memiliki alur, algoritma dan metode berpikir yang ketat, terstruktur dan sistematis.

hizbut tahrir menjelaskan proses dan definisi berpikir dengan cara yang berbeda. mereka menjelaskan bahwa berpikir adalah proses mencerap fakta melalui panca indra kemudian disimpan ke dalam otak dan dihubungkan dengan informasi terdahulu. proses berpikir dapat dilakukan jika memiliki empat syarat:

 

  1. memiliki fakta.
  2. memiliki panca indra.
  3. memiliki otak.
  4. memiliki informasi terdahulu.

 

keempat hal di atas merupakan syarat  terjadinya proses berpikir. tanpa semuanya proses berpikir tak bisa dijalankan.

1). Fakta  ialah segala sesuatu yang tertangkap oleh indra manusia atau data keadaan nyata yang terbukti dan telah menjadi suatu kenyataan. fakta meliputi alam semesta, materi, kehidupan dan manusia. dia juga mencakup sifat-sifat dari ketiga hal di atas, struktur dan perubahan. fakta juga menyangkut peristiwa-peristiwa yang yang terjadi dan dialami oleh siapapun.  fakta terbagi menjadi dua: fakta indrawi dan fakta gaib. fakta indrawi dapat ditangkap panca indra seperti materi, organisme dan manusia. fakta gaib tidak dapat ditangkap panca indra secara langsung tapi dapat diketahui dari akibatnya atau kabar yang terbukti benar yang mengabarkannya. contohnya: nyawa, hati, naluri, akal, Tuhan, malaikat, jin, setan, surga, neraka.

dengan adanya syarat ini maka filsafat tidak dapat disebut sebagai pemikiran karena filsafat menyelidiki sesuatu yang bukan fakta. filsafat sendiri mempelajari metafisika yang gaib. dia mempelajari ide-ide, konsep yang abstrak dan spekulatif. metodenya hanya metode logika yang bisa berbeda jauh dari kenyataan. karena kenyataan kadang berbeda dari logika.

pemikiran yang tidak memiiki dasar fakta tidak termasuk pemikiran, tapi fantasi. novel-novel, film, drama termasuk di sini. jika filsafat tidak memiliki dasar fakta dan fakta-fakta pendukung, maka dia juga bisa termasuk fantasi.

2). panca indra. panca indra adalah organ tubuh manusia yang berfungsi menerima informasi dan fakta dari luar. diketahui ada lima organ indra manusia yaitu mata, telinga, hudung, lidah dan kulit. indra merupakan penghubung manusia dengan dunia luar di sekitarnya. indra membantu manusia menerima masukan sebagai bahan dalam berpikir.

3). otak. otak adalah organ tubuh yang berfungsi menyimpan data-data hasil penginderaan manusia. otak terdiri dari trilyunan sel -sel neuron yang saling terhubung. setiap neuron mampu menyimpan data. ketika manusia berpikir dia harus mengingat dulu. ketika mengingat itu manusia menggali data dalam simpanan otaknya mengenai permasalahan yang dia hadapi. semua tersimpan di otak manusia. otak merupakan pengendali aktivitas tubuh manusia. dia juga tempat penyimpanan informasi, segala ingatan, kenangan dan pengetahuan manusia. jika otak rusak, manusia akan hilang akal, gila, bahkan bisa mati.

4). informasi terdahulu. informasi terdahulu adalah informasi yang dimiliki manusia sebelum mencerap panca indra. ketika manusia berpikir, manusia mengaitkan fakta yang dia tangkap dengan informasi yang dimiliki. baru setelah itu manusia dapat memahami fakta yang dia hadapi. hanya dengan informasi terdahulu manusia bisa berpikir. tanpa informasi terdahulu manusia hanya bisa mengindra. melihat, mendengar, menyentuh, mencium dan mejilat tapi tak mengerti apa itu. instingnya hanya mengenali benda itu berbahaya atau tidak, bisa dimakan atau tidak, menarik atau tidak, tapi tidak bisa mengenali apa nama benda itu, apa gunanya, bagaimana sifatnya, bagaimana cara kerjanya dan bagaimana cara menggunakannya.

hal ini dapat dicontohkan sebagai berikut:

siapapun orang yang datang dari desa, tempat terpencil dan tak pernah melihat barang-barang kota ketika melihat kota mereka terperangah. mereka melihat mobil, gedung bertingkat, TV, komputer, HP, mesin cuci dan sebagainya. mereka penasaran, ingin tahu, ingin coba-coba. kalau tidak dijelaskan oleh orang kota pemiliknya tentang apa benda-benda itu mereka bisa salah menggunakan.

atau permisalan yang lain kita orang indonesia misalnya belum pernah mempelajari bahasa ibrani. jika kita melihat tulisan ibrani kita tidak akan bisa membacanya. kita melihat berapa kalipun jika kita tidak mempelajari bahasa ibrani maka kita tidak akan bisa membacanya dan mengerti maksudnya. setelah kita mempelajari bahasa ibrani, kita memiliki informasi seputar bahasa itu baru kita dapat memahami arti tulisan tersebut.

ternyata penjelasan dari hizbut tahrir itu sama dengan penjelasan dari ilmu bilogi. ketika kita SMP kita belajar biologi kita akan mendapat penjelasan mengenai sistem syaraf dan indra. dari ilmu itu kita mengenal panca indra manusia, otak, cara kerjanya termasuk cara kerja berpikir manusia. hanya informasi terdahulu yang tidak diterangkan karena informasi terdahulu bukan organ tubuh manusia yang material dan organistik (termasuk rgan tubuh manusia).

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *