laporan mad’u 17 april 2016

Asslamu alaikum wa rahmatullohi wa barokatuh.

kepada Ustadz musyrif saya

bersama ini saya ingin melaporkan sesuatu:
1. masalah asal alam semesta, kehidupan dan manusia. ada 3 kemungkinan asal katiganya:
a. penciptaan oleh Tuhan. kemungkinan ini mengakibatkan adanya tujuan alam semesta, kehidupan dan manusia. teori ini mengakibatkan adanya perancangan, penjagaan, pengendalian, pemeliharaan dan pengaturan.
b. tiba-tiba ada tanpa sengaja. teori ini menjelaskan alam semesta, kehidupan dan manusia tidak memiliki tujuan dan acak. dia tidak memiliki perancangan, tujuan, penjagaan, pengendalian.
c. alam semesta selalu ada. teori ini memiliki implikasi sama seperti kemungkinan kedua, yaitu acak, tanpa hukum pengaturan dan pengedalian.

dilihat dari ilmu pengetahuan dan fakta alam, hanya kemungkinan pertama yang benar, yaitu alm semesta ini berawal dan diciptakan oleh Tuhan. alasannya di alam terdapat struktur. tidak hanya pola. struktur meliputi materi, kehidupan dan manusia. struktur itu begitu ketat dan akurat sampai tak mungkin keacakan begitu saja mampu menghasilkannya. struktur, anatomi dan karakter materi diatur dengan pola dan hukum fisika, kimia, bilogi, astronomi, geografi dan hukum-hukum alam lain. struktur dan hukum itu berarti pasti berasal dari bukan materi, tapi dari kekuatan supernatural. jadi Tuhan pasti ada.
dalam pandangan saya hanya kemungkinan pertama yang sesuai dengan fakta dan sains. sains akan menolak keras jika dikatakan alam semesta ini tidak memiliki struktur, acak dan tanpa tujuan. meskipun begitu kemungkinan kedua dan ketiga tetap ada tapi tidak benar. buktinya filsafat penganut pilihan kedua dan ketiga tetap ada. sama halnya agama kristen, katolik, hindu, buddha tetap ada walau kita yakin mereka salah. sama seperti kita tetap menemukan para pelaku maksiat tetap ada walau kita yakin mereka salah. jadi, hanya hanya kemungkinan pertama yang benar. hanya dia yang cocok dengan sains, fakta dan struktur alam. kemungkinan yang lain tetap ada tapi tidak benar, salah, dan tidak sesuai dengan kenyataan.

2. menjernihkan pandangan tentang HTI, islam dan dakwah.
asal mulanya, dulu saya ingin ikut LDK UIB agar menjadi soleh, memantaskan diri menuju nikah dan mencari bekal kehidupan. dari LDK saya mengenal BKLDK lalu BDM UM lalu HT. saya ingin menjernihkan niat saya. tujuan saya adalah menjadi pelajar ilmu pengetahuan, mencari kebenaran, agar bisa menjalani hidup dengan baik, benar, dan indah, selamat di dunia dan di akhirat. jadi saya cocoknya jadi daris. maaf saya belum berniat menjadi pengemban dakwah. pengemban dakwah itu cocoknya orang tua, ustadz, kyai, ulama besar, santri. mungkin nanti jika saya telah mendapatkan pelatihan menjadi pengemban dakwah mungkin saya mau jadi pengemban dakwah.

3. berikut ini adalah keyakinan yang negatif tapi saya yakini sebagai sebuah keyakinan karena bersumber dari islam. Islam terus mempertahankannya dan terus mengajarkannya jadi saya tidak bisa membuang atau mengubahnya. ini penyebab saya tidak bisa berubah. keyakinan-keyakinan itu sebagai berikut:
– dunia ini tidak berharga, tidak penting.
– kaya tidak selalu bahagia.
– harta bukan segalanya.
– jangan menncintai sesuatu secara berlebihan. suatu saat nanti kita akan berpisah darinya.
– jangan bergantung pada keberuntungan dan kebaikan orang lain.
– berusahalah pada dirimu sendiri.
– Alloh lebih menyukai muslim yang kuat daripada yang lemah.
– manusia adalah makhluk yang lemah dan terbatas. dia juga bodoh. jadi saya ini lemah, kemampuan terbatas dan bodoh.
– kita bukanlah siapa-siapa.
– hukum sebab akibat tidak selalu berlaku, tapi keberuntungan hanya terjadi jika Alloh menghendaki.
– kita tidak selalu menang. kita tidak harus menang. bisa saja ALloh menghendaki keburukan bagi kita lalu Dia berdalih itu yang terbaik buat kita.
– kita tidak tahu masa depan.
– tidak ada yang pasti di dunia ini. kita tidak tahu sukses atau gagal, sehat atau sakit, hidup atau mati. husnul khotimah atau su’ul khotimah.

demikian keyakinan-keyakinan saya. saya mohon bantuan ustadz supaya keyakinan-keyakina itu diperbaiki atau diubah agar saya bisa bangkit, jadi positif, bahagia dan siap menjalani kehidupan dengan islam.

sekian laporan dari saya. atas kesalahan dan kekurangan saya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. dari mad’u ustadz.

Wahyu Nurudin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *