ketenangan dalam islam

ketenangan dalam Islam adalah ketenangan yang timbul karena selalu bersama Alloh dalam setiap kehidupan. Alloh tuhan yang maha kuat, maha melindungi, maha menolong, maha baik, maha pengampun, maha kaya, maha melihat, maha mendengar, maha mengetahui lagi maha bijaksana. Alloh selalu ada di manapun setiap muslim berada.

ketenangan dalam Islam adalah ketenangan karena meyakini bahwa apapun yang terjadi merupakan pemberian Alloh yang terbaik walaupun kadang terlihat buruk di mata manusia. kadang manusia memandang buruk pemberian Alloh karena pengetahuan dan kebijaksanaannya yang terbatas. contohnya penderitaan, musibah, kesulitan, sakit, kegagalan, kemiskinan, permusuhan. menurut manusia semua itu buruk, namun Alloh memberikan hal itu karena ada hikmah di balik semua itu.

ketenangan dalam Islam adalah ketenangan karena Alloh tidak akan mengingkari janji-Nya. Alloh memberikan janji bagi setiap muslim yang bertaqwa dan taat di jalan Alloh. Alloh menjanjikan kemenangan atau mati syahid bagi setiap pejuang jihad. Alloh menjanjikan pahala kebaikan bagi setiap muslim yang beramal solih. semakin berat amalnya semakin besar pahalanya. Alloh menjanjikan kemudahan setelah kesulitan, kekuatan setelah kesabaran dan banyak hal lain. setiap perbuatan baik ada balasannya. tak ada yang tak berarti di dunia ini.

jika ada keberuntungan atau nikmat yang dipandang baik oleh dirinya, seorang muslim akan bersyukur dan itu baik baginya. jadi dia mendapatkan dua kebaikan, nikmat dan syukur. dan jika dia mendapatkan sesuatu yang tidak sesuai harapannya maka dia bersabar. sabar itu baik baginya. sabar atas musibah dapat menghapus dosa-dosa. kesabaran dalam musibah di timbul dengan cara meyakini bahwa Alloh pasti bermaksud baik dalam memberikan musibah ini. tinggal cara menyikapinya bagaimana agar sesuai dengan hukum syara’.

ketenangan dalam Islam adalah ketenangan karena memiliki tempat harapan dan berdoa. seorang muslim memiliki Alloh yang maha mendengar, maha melihat, maha mengetahui dan maha bijaksana. Alloh maha benar dan tidak pernah mengingkari janji. Alloh berjanji akan mengabulkan doa setiap hamba yang berdoa kepada-Nya.  jika seorang muslim itu berdoa kepada Alloh dengan hati khusyuk, ikhlas, menjalankan perintah Alloh dan menjauhi larangan-Nya maka Alloh akan mengabulkan. Alloh mengabulkan doa hamba-Nya dalam bentuk salah satu dari tiga pilihan berikut:

1. dikabulkan sesuai permintaan si pendoa dalam waktu yang hanya Alloh yang tahu. hanya saja kapanpun ALloh kabulkan maka Alloh pasti tahu itu yang terbaik bagi hamba-Nya.

2. diganti dengan sesuatu yang lain tapi setara atau lebih baik dari sesuatu yang diminta dari si pendoa seperti diselamatkan dari kecelakaan dll.

3. disimpan sebagai tabungan amal kebaikan di akhirat nanti untuk mengangkat derajat dia ke surga.

Apapun yang Alloh pilihkan Alloh selalu memberikan yang terbaik. jika yang Alloh berikan sesuai dengan harapan manusia maka itu adalah nikmat yang patut untuk disyukuri. sedangkan jika berlainan maka hal itu adalah nikmat yang disyukuri juga dan diterima dengan sabar. hal ini tak mudah tapi balasannya besar. saat bersabar manusia perlu memperbesar pemikiran, cakrawala dan kebijaksanaannya. Apapun yang terjadi dan bagaimanapun keputusan Alloh Alloh tak pernah berniat sedikitpun untuk menyakiti manusia karena Alloh tidak membutuhkan sesuatupun dari manusia. Alloh maha besar, maha kuat, tidak bergantung kepada yang lain, maha kuasa dan maha kaya. Alloh juga maha baik sehingga tidak mungkin menyakiti manusia. semua penderitaan yang dialami manusia hanya salah satu dari tiga tindakan berikut:

  1. peringatan agar manusia kembali ke jalan Alloh.
  2. cobaan untuk meningkatkan derajat di sisi Alloh sehingga makin derajat tempatnya di surga.
  3. adzab bagi orang-orang kafir agar berpikir dan merenung lalu kembali ke jalan Islam.

ketenangan dalam Islam tidak hanya keyakinan dalam hati saja tapi juga kenyataan yang diwujudkan dalam tindakan. oleh karena itu dalam Islam tidak hanya memikirkan dan menghayati tapi juga melakukan sesuatu. tindakan ini adalah usaha atau ikhtiar. ikhtiar ini dibutuhkan bahkan diwajibkan dalam Islam. ikhtiar itu mengikuti hukum alam/ sunnatulloh yang mengubah harapan hati menjadi kenyataan yang bisa ditangkap panca indra. dengan cara begitu keyakinan dan ketenangan dalam islam tidak hanya kata-kata indah tapi kosong dari kenyataan, tapi juga energi nyata untuk mengubah dunia, pribadi dan diri muslim menjadi lebih baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *