menyalin buku

Luthfi jalan-jalan di sekolah barunya. di pingin tahu kondisi dana jalan biar gak kesasar nanti. dia pun tiba di perpustakaan SMP Aryapati. cowok itu masuk ke dalam melihat dua lemari buku di ujung timur perpustakaan dan tiga lemari besar di ujung barat. di tengah ruangan diisi meja dan kursi baca. cowok itu mendekati buku sebelah timur. isinya buku pelajaran semua. lemari yang utara isinya novel dan cerita. ia pindah ke barat. lemari barat pertama isinya ensiklopedia. lemari kedua berisi buku bacaan umum. dia melihat-lihat judulnya. ada satu yang menarik baginya.

“alam semesta for beginner? kayak apa isinya?” tanyanya.

ia mengambil buku itu dan membaca di meja baca. ternyata isinya bagus. dia menemukan banyak gambar di buku itu. jadi tidak menjemukan. dari situ dia menemukan konflik kristen vs astronomi, hukum kepler, galileo, bima sakti, big bang, teori relativitas, mekanika kuantum. semua diceritakan dengan gampang.

“buku ini bagus! aku harus punya, tapi sayang aku gak punya uang. fotokopi juga gak bisa.” ujarnya.

akhirnya dia menemukan satu cara. dia menulis semua tulisan di buku itu ke dalam buku tulis! menghabiskan  3- 4 hari untuk menulis semuanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *