Cara Memilih Template Blog yang Baik dan Benar (SEO & Disukai Google)

Cara Memilih Template Blogspot yang Baik dan Benar (SEO & Disukai Google)

Pentingnya Menggunakan Template yang Berkualitas

Sobat, dalam kesempatan ini akan saya coba ulas cara memilih template yang baik dan benar. Mungkin Sobat agak sedikit kurang “cocok” dengan judul artikel kali ini, dan prediksi saya pada perkataan “baik dan benar”

Hal itu memang bisa saya fahami dan mengerti. Karena pada dasarnya, makna kata “baik dan benar” itu adalah relatif dan setiap orang mempunyai “acuan” serta “tolok ukur” sendiri-sendiri. 

Tujuan saya menggunakan “kata” baik dan “benar” adalah karena artikel ini berhubungan dengan artikel sebelumnya, yakni cara membuat blog berkualitas SEO dan disukai google. Jadi, tidak sekedar mengikuti apa kata hati saya, namun lebih pada “memahami” pemenuhan nilai SEO blog dan menuruti keinginan google.


Kenapa google?


Karena google merupakan “mesin pencari” utama saat ini (no 1) di dalam setiap browsing. Jika tidak percaya, silakan diuji menggunakan tools Alexa Rank, dan pastinya google berada pada peringkat no 1 di dunia (walaupun saat ini beredar kabar ada mesin pencari canggih, yakni MEMEX). Karena faktor itulah, kita “mengarahkan” kualitas blog kita di mata Google sebagai mesin pencari “no wahid” saat ini.


Kembali pada topik bahasan. Tentu dengan memahami artikel sebelumnya tadi, sobat akan mengetahui maksud dan tujuan utama dalam memilih template. Template yang baik dan berkualitas inilah nantinya akan menjadi “pondasi” blog Anda. Semakin kuat “pondasinya”, pasti akan semakin kuat keberadaan serta eksistensi blog Anda. Jika tidak, bisa dipastikan tidak akan bertahan lama, pasti tergerus dengan perkembangan teknologi gadget saat ini.


KRITERIA TEMPLATE BLOG YANG DISUKAI GOOGLE

Bahwasanya, keberadaan template yang berkualitas dipengaruhi 4 (empat) parameter utama, yaitu:

  1. Skor SEO
  2. Kecepatan loading
  3. Tingkat responsif
  4. User friendly/ memudahkan pengguna

Keempat parameter tersebut memang Wajib melekat di dalam sebuah template berkualitas. Jika salah satu saja “tidak ada”, maka akan mengurangi “nilai esensi” kualitas template itu sendiri, lebih khusus pada kualitas blog secara umum. Oleh karena itu, silakan gunakan template yang memang sudah mempunyai keempat kriteria di atas. 

1. Skor SEO 100%

Skor SEO 100% ini tidak sekedar bermakna “angka” saja, namun juga dinilai dari segi kevalidan struktur data penyusun sebuah template. Jika sudah mencapai skor SEO 100%, maka “bisa dipastikan” orang yang telah mendesign atau memodifikasi template tersebut sudah “menerapkan” optimasi dasar dalam meningkatkan kualitas sebuah blog. Paling tidak mencapai nilai 90% (grade A).

skor seo 100%


Misalkan saja dalam meningkatkan “rating” di dalam mesin pencari atau search engine, bagi orang awam, pemula (newbie) seperti saya ini, akan mengalami kendala dalam melakukan setting di dalam struktur data template tersebut, yang isinya berupa bahasa pemrograman HTML. Wah, perlu “study” lanjut donk Guys, hehe. 

Oleh karena itu, daripada “ribet” dan “pusing” dalam membuat atau memodifikasi sebuah template agar memenuhi SKOR SEO 100%, alangkah baik dan tidak ada dampak negatifnya Anda langsung menggunakan template yang sudah memenuhi kriteria tersebut. 

Jika rekan-rekan mengalami kesulitan dalam mencari template yang berkualitas dengan ke-4 kriteria di atas, rekan-rekan bisa langsung menggunakan template di label pada sidebar situs ini. Banyak kok, keren-keren abis pokokonya.


Semua template tersebut SEO dan user friendly yang telah teruji. Hal itu bisa diuji menggunakan parameter:

  1. Skor SEO yang sudah 100% versi Chkme;
  2. Kecepatan loading yang baik dan stabil, yakni grade A; 
  3. Super responsif;
  4. Dan user friendly (memudahkan pengunjung);

Jika rekan-rekan belum mengetahui tools úntuk menguji ke-4 kriteria di atas, silakan baca artikel senjata ngeblog para master bloger.

2. Kecepatan Loading Blog

Kecepatan loading sebuah blog menjadi faktor penentu dalam menarik hati pengunjung. Mana ada sih rekan-rekan yang mau menunggu lama karena blognya terasa berat, lelet, lemeot saat dibuka? 

Padahal saat itu lagi kebutuhan mendesak memerlukan informasi dari blog tersebut? Yang ada pengunjung akan mencari “alternatif lain” dengan “berlabuh hati” pada blog yang lain, walaupun mungkin dengan informasi yang di bawah blog yang lelet (berat saat dibuka tadi). 

Hal itulah yang menjadi dasar pentingnya template yang super fast loading alias super cepat saat dibuka.

skor kecepatan loading template pro adsence


3. Tingkat Responsif

Makna responsif di sini terkait dengan semakin maraknya teknologi smart phone. Karena berkembangnya teknologi gadget yang sangat luar biasa, maka sebagian orang “sudah beralih” menggunakan smart phone saat browsing. 

Itu artinya, blog Anda harus enak dilihat, nyaman dibaca dan digunakan oleh pembaca setia, dengan menggunakan berbagai device apapun, baik smart phone atau komputer tablet. 

Oleh karena itu, makna kata Responsif di sini melekat pada aspek kebutuhan pembaca yang disesuaikan dengan “ukuran” layar smart phone mereka masing-masing.


Jika masih ada yang belum tahu cara menguji tingkat responsif tidaknya suatu template blog, silakan baca artikel berikut [klik di sini] atau ke [sini].


Kali ini Ane menggunakan template dengan model berbeda, yakni mobile friendly. Tengok saja newsugeng2015 blogger template. Berikut tampilan lewat mobile:

Tampilan www.forumblogindo.com mobile friendly
Tampilan www.forumblogindo.com mobile friendly


Best Blogger Template 2015

Kali ini ada upadate template terbaru, yakni SL Super Fast. Nih kelebihannya:

sl super fast load

Demo | Premium Template
Fitur:
  1. SEO Ready
  2. The design of premium blogger template
  3. Two columns
  4. Super responsive
  5. Simple, minimalist dan premium design
  6. Fast loading
  7. Breadcrumb
  8. For a personal blog or company
  9. more and more…

Jika berminat, silakan hubungi forumbloggerindo@gmail.com

4. User Friendly

User friendly sebenarnya hampir mempunyai makna yang sama dengan point ketiga, yakni responsif tidaknya sebuah template. Namun perbedaannya pada segi desain dan fungsi. Template user friendly bermakna memudahkan pembaca. Sehingga, cakupan responsif termasuk salah satu aspek user friendly. Sehingga, sebuah template dengan kategori responsive belum tentu dinilai user friendly. Karena selain responsive, user friendly lebih luas cakupannya.

Berikut ciri-ciri sebuah template blog yang user friendly:

  1. Responsif
  2. Pemilihan warna yang baik;
  3. Tidak menyilaukan mata; 
  4. Penggunaan susunan kata yang enak dibaca dan tidak menggunakan bahasa yang sumbang;
  5. Terdapatnya “menu wajib ada pada blog”

Kesimpulan

Dari uraian penjelasan di atas, bahwa ke-4 parameter di atas memang Wajib melekat di dalam sebuah template berkualitas. Jika salah satu saja “tidak ada”, maka akan mengurangi “nilai esensi” kualitas template itu sendiri, lebih khusus pada kualitas blog secara umum. 

Oleh karena itu, silakan gunakan template yang memang sudah mempunyai ke empat kriteria di atas.

Salam hangat.
****. Note:
Jika ada hal yang perlu didiskusikan, silakan sampaikan pada kolom diskusi njeh. Bisa menggunakan akun facebook atau ID Google di bawah.

(www.forumblogindo.com).*

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *