aku ingin punya banyak blog

aku ingin punya banyak blog. aku harus melakukannya sebab aku punya banyak tujuan. blog-blog itu untuk setiap tujuanku. blog-blog yang kuinginkan antara lain:

  1. blog utama untuk tulisan panjang berupa diary, pemikiran, perasaan dan karya-karyaku seperti cerpen.
  2. blog menengah untuk ide-ide sekilas seperti trik cepat matematika, selentingan bahasa, cerpen fiksi mini di mana hanya 1 – 3 paragraf. blog ini juga untuk kumpulan kutipan yang kusuka, foto, dan sebagainya. juga untuk postingan singkat.
  3. microblog untuk update status atau backup status-status yang pernah kutulis selama ini.
  4. blog untuk backup posting-posting yang pernah kutulis selama 7 tahun ini. sebagian masih selamat. aku ingin posting mereka persis seperti kategori dan tanggalnya. blog ini memakai mode repost original. tujuannya biar aku gak repost lagi semua yang telah kutulis. misalnya dulu aku telah posting cerpen matematika tentang tripel phytagoras. sekarang gak perlu lagi. tinggal bikin cerita baru buat ide yang lain.
  5. blog untuk reposting sebagian yang bagus. misalnya aku sudah pernah menulis cerpen berseri. aku ingin membuat blog untuk cerpen-cerpen itu biar bisa kulanjutkan lagi ceritanya. aku masih punya banyak ide untuk cerpen berseri itu. aku ingin bertemu Wika nurviana, Citra Khawarizmi, Laika dan lain-lain. begitu juga dengan posting agama Islam yang kupunya. aku punya banyak posting yang harus diterbitkan walau diterbitkan ulang. blog ini mode repost dengan tata ulang baru. blog ini bisa khusus tulisan islami dan blog lain khusus kumpulan cerpen.
  6. blog untuk berisi hal-hal favorit yang kusuka seperti lirik lagu, album lagu, artis, penulis, buku favorit, film favorit dan lain-lain. dunia berubah seiring trend lagu terbaru. aku juga harus mengikuti perubahan itu biar upto date. biar gak gaptek, kudet, dll.

nah, jadi banyak kan?

karena itu aku bingung. terus blog utamaku yang mana? jelas yang pertama. yang lain adalah pendukung. blog utama yang akan aku promosikan dan aku pakai sebagai identitasku di sosmed dan kupakai waktu blogwalking dan kasih komen ke blog orang.

aku jadi stress dan bingung mengurusi semua itu tapi semua itu harus kulakukan karena semua blog di atas melengkapi hidupku. kalau tidak kukerjakan hidupku gak bakalan lengkap. hidupku jadi ada yang kurang. karena itu harus kulakukan tugas ini walau tidak dibayar – aku justru harus bayar warnetnya. aku harus tempuh jalan ini walau hidupku jadi sibuk dan penuh masalah. semoga suatu saat semua masalah ini akan selesai. semoga. 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *