aku harus menyendiri

seorang ustadzku yang muda bilang jangan suka menyendiri. biasanya kalau orang suka menyendiri tandanya ada yang disembunyikan dan kalau ada yang disembunyikan pasti sesuatu itu sesuatu yang buruk. dalam hati aku membenarkan. ya iyalah sesuatu yang buruk harus disembunyikan. masak malah dibuka-buka? malah keburukan itu memang harus diembunyikan. aku harus menyendiri untuk menyembunyikan keburukanku yaitu kelemahanku. kalau orang bergaul denganku mereka akan tahu kalau aku:

– aku bukan siapa-siapa

– aku tak tahu apa-apa

– aku tak bisa apa-apa

– aku tak punya apa-apa

– aku jelek, miskin, bodoh, cuek dll

aku harus melindungi harga diri dan kehormatan diriku. aku harus menutupi aibku itu dari orang-orang lain. jadi aku harus menghindar dari orang-orang dan menyendiri. selain itu ada alasan-alasan lain kenapa aku harus melakukan pilihan yang sulit ini:

1. menyendiri itu tanda orang dewasa yang punya pikiran, rencana dan kehidupan sendiri. mereka berpikir, merencanakannya dan menjalankannya sendiri tanpa minta bantuan orang lain. semua dikerjakan sendiri.
2. menyendiri itu tanda mandiri. dia bisa mengerjakan segala hal sendiri. itu yang harus aku lakukan.
3. menyendiri itu tanda orang kuat. dia bisa menangani masalah dan perasaannya sendiri. dia bisa bertahan jombol, tidak rindu siapapun. dia tidak punya cinta, kekasih, sahabat bahkan teman. dia adalah seorang single fighter. menjalani hidup sendiri.
4. aku harus menjaga pikiranku dari pengaruh pikiran, opini dan kata-kata orang lain. aku harus menjaga kebersihan pemikiranku. aku tak boleh gampang terpengaruh suasana.
5. terakhir, aku harus menjaga jarak dari orang lain sebab kalau aku terlalu dekat dengan mereka bisa jadi aku akan jadi bergantung pada mereka. hal ini membuatku lemah, manja dan kekanka-kanakan. selain itu banyak pengkhianatan terbesar justru ditimbulkan dari orang terdekat. sakit yang terbesar diberikan oleh sahabat, orang terdekat dan orang yang paling kita cintai. aku tidak mau hal itu terjadi. aku harus menghindarinya sebisaku. jadi aku harus menjaga agar orang tetap berjarak sekian dariku. tak boleh lebih dekat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *