gundam wing: antara perang dan damai

Alhamdulillah akhirnya aku bisa nonton gundam wing. Dari dulu aku ingin nonton anime yang tayang jaman aku SD dulu. Dari dulu aku ingin nonton dia lengkap. Dari dulu aku gak paham ceritanya. Sekarang lumayan ngerti. Dengan tamatnya film ini juga sejarah hidupku menjadi lengkap dan prinsipku untuk menyelesaikan segala sesuatu menjadi terlaksana dan dapat dipenuhi.

Gundam wing menceritakan perjuangan 5 pilot gundam mewujudkan perdamaian dunia dan angkasa di era perang. Zaman itu Negara- Negara di bumi membentuk aliansi bumi. Lalu aliansi mempunyai pasukan khusus, yaitu OZ. aliansi menindas dan menjajah angkasa. OZ membelot melawan aliansi. Gundam dibuat untuk melindungi koloni. Gundam bertarung untuk menghancurkan aliansi dulu. Kemudian OZ menguasai dunia dengan mobile-mobile suit mereka antara lain aries, Taurus, cancer dan lain-lain. Gundam jadi melawan OZ. OZ kemudian menjalin diplomasi dengan koloni-koloni. Koloni menerimanya. Hal ini membuat para pilot gundam menjadi musuh bumi dan koloni. Mereka tak punya tempat kembali. OZ didanai oleh romefeller foundation. OZ membuat mobile suit baru, yaitu mobile doll, mobile suit yang dkendalikan oleh mesin. Treize kushrenada tak suka itu dicabut dari OZ. romefeller mengambil alih OZ. romefeller mengganti dan menghancurkan OZ sendiri setelah aliansi bumi hancur. Sekarang romefeller menghadapi sanc kingdom, kerajaan yang mengikuti paham cinta damai. Sanc kingdom lemah tapi tapi banyak bangsa-bangsa yang mengikutinya. Pemimpin sanc kingdom adalah relena peacecraft. Dengan bujukan mereka dan serangan romefeller ke sanc kingdom sampai kerajaan itu hancur, akhirnya relena mau menjadi ratu perwakilan romefeller. Dengan adanya relena, Negara-negara mau patuh pada romefeller. Mereka membentuk Negara dunia. Batas-batas Negara dihapus.

Saat bumi hendak damai, koloni angkat senjata melawan bumi. Mereka membentuk kelompok whitefang. Whitefang mengambil alih libra, kapal perang raksasa yang dibangun oleh romefeller. Mereka diketuai oleh miliardo peacecraft. Untuk menghadapi miliardo peacecraft, treize turun tangan. Dia menjadi ketua Negara dunia menggantikan relena peacecraft. Mereka bertarung dengan beragam pasukan hingga akhirnya, pecaemillion, kapal tim pendukung gundam menabrakkan dirinya ke libra membuat libra hancur jatuh ke bumi. Sekarang tugas gundam adalah menghancurkan libra sebab jika dibiarkan, libra bisa menghancurkan kehidupan di bumi seperti asteroid.

Para tokoh gundam ini antara lain:

  1. Pilot gundam : hero yuy (pilot gundam zero/01), duo Maxwell (pilot gundam deathscythe/02), quatre raberba winner (gundam sandrock/03), trowa barton (gundam heavyarm/ 04), chang wu fei (gundam nataku/05).
  2. OZ: zachs marquise, treize kushrenada, lucretia noin, lady une.
  3. Sanc kingdom: relena peacecraft, miliardo peacecraft.
  4. Romefeller foundation: duke dermail, turbarov,

Gundam selain hanya menceritakan pertarungan, dia juga memberikan beberapa hal:

  1. Perang dan damai. Apakah perang harus terus terjadi? Bagaimana mengakhiri perang? Bagaimana mewujudkan perdamaian total? Untuk mewujudkan perdamaian apakah sebaiknya senjata dihapuskan?
  2. Kualitas versus kuantitas. Gundam yang jumlahnya sedikit tapi sangat kuat mampu bertarung berkali-kali dan mengalahkan ratusan bahkan ribuan mobile suit musuh.

Dari anime gundam aku memberikan beberapa jawaban yang menurutku islami.

  1. Perang dan damai itu tidak salah. Yang salah adalah melanggar hukum islam. Ketika Negara islam berdiri, dia akan mengajak Negara-negara non islam masuk islam atau mematuhi Negara islam. Kalau tidak mereka akan diperangi. Ini bukan untuk penindasan dan penjajahan, tapi mewujudkan keadilan islam di seluruh dunia. Sebab hanya islam agama yang paling adil.
  2. Manusia tidak dilahirkan untuk beribadah, bukan bertarung. Bertarung hanya boleh dilakukan untuk mempertahankan diri, bukan menyerang atau menindas orang lain.
  3. Negara yang cinta damai boleh memiliki senjata bahkan memperkuatnya untuk melindungi negaranya bahkan berdakwah kepada Negara lain. Sebab kalau tidak ada senjata Negara yang damai akan lemah diserang oleh Negara-negara kafir harbi. Hal ini dialami oleh sanc kingdom. Kenyataannya amerika dan Israel terus-menerus menyerang Negara-negara muslim. Kalau islam sebagai Negara damai tidak melawan, mereka akan ditindas.
  4. Perdamaian total itu secara filosofis bagus, tapi tak bisa diwujudkan sebab pikiran manusia berbeda-beda. Kalau manusia hanya mengandalkan pikirannya sendiri dalam mengatur dunia, akan selalu timbul pertentangan, perselisihan dan ketidakpuasan. Akibatnya selalu timbul permusuhan dan peperangan. Oleh karena itu jawaban terbaik untuk mewujudkan keadilan dan perdamaian dunia adalah dengan hukum yang telah diciptakan oleh Tuhan, hukum Alloh yaitu agama islam, dalam syariah-Nya dalam naungan Negara islam khilafah islamiyah.
  5. memiliki senjata dalam islam itu boleh . islam tidak melarang manusia memiliki senjata sebab dapat digunakan untuk mempertahankan diri. islam membedakan antara kejahatan dengan senjata. dalam islam yang menyebabkan manusia berbuat jahat bukan karena memiliki senjata, tapi karena hawa nafsu, ego, keserakahan politik dan sebagainya. jadi yang menjadi masalah manusianya, bukan senjatanya. senjata seperti apapun tidak akan mendorong manusia melakukan kejahatan kalau manusia itu solih, tapi tak ada senjata pun akan terjadi kejahatan kalau manusianya bejat, kejam dan sadis.

demikian itu saja pendapat yang kusampaikan mengenai ide-ide dalam gundam wing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *