asal mula aku ngeblog

dulu ada majalah hai yang topiknya blog addict. dari majalah itu aku tahu blog walau belum resmi benar. dari situ aku tahu ada blog buat diary online. di blog aku aku bisa menuliskan apapun yang aku mau. diary, cerita, pikiran, perasaan, foto dan lain-lain. aku jadi suka ngeblog. Dengan ngeblog menuliskan catatan harianku, perasaan dan pikiranku agar aku bisa menyimpannya, agar aku bisa menciptakan kenangan baginya, juga agar dunia mengetahui perasaanku. aku ingin bicara pada dunia tapi mulutku tak bisa berteriak dan minta perhatian. jadi aku menulis saja di buku tulis, buku harian lalu aku posting ke blog. aku ingin agar tulisanku dibaca dan dipahami dunia.

Enaknya pakai blog adalah aku bisa menuliskan diary, perasaanku dan pikiranku di mana saja dan bisa dibaca di mana saja. Jadi orang-orang bisa mengerti aku. aku ingin berbagi pikiran dan perasaan dengan orang-orang agar kita bisa  bisa saling memahami dan mengerti. ini juga sebagai wasiat, surat terakhir setelah matiku agar orang-orang mengerti mengapa aku menjalani hidupku seperti ini.

Setelah itu aku membuat blog. Blog yang pertama kubuat resminya adalah winterwing. Aku membuatnya pada tanggal 1 januari 2008. sepertinya saat itu senja. langit sedang kelabu. Aku berada di rumah sahabatku Ary Allain. rumahnya di Gogodeso kanigoro Blitar. aku mencetuskan nama winterwing lalu membuat blog dengan nama itu.
winterwing artinya sayap musim dingin. sayap melambangkan impian, perasaan, imajinasi, kehidupan, malaikat dan cinta. musim dingin lambang kehidupan yang sepi, sendiri, dingin sampai hari mati. winterwing, sayap musim dingin artinya harapan, imajinasi, perasaan dan cinta yang berusaha bertahan di kehidupan yang dingin, sepi, sendiri dan keras.
tag line winterwing adalah salju dan pelajar bisu. salju sama seperti musim dingin. pelajar bisu maksudnya seorang pemuda, pelajar yang suka membaca buku, belajar dan menuntut ilmu, tapi sayangnya dia tak bisa bicara dan menyampaikan isi hatinya kepada orang lain. sebenarnya dia tidak bisu. dia bisa berbicara, tapi dia pemalu, introvert, mudah canggung, gugup dan gak bisa berkomunikasi dengan orang lain. dia gak pintar bercanda dengan teman-teman sekelasnya dan sebayanya. dia nggak nyambung dengan mereka. minat antara dia dengan mereka tidak sama. jadi dia menghindar. dia memilih sendiri.
pelajar itu juga menjadi bisu karena dia tak punya teman, sahabat atau pacar. dia tak punya tempat curhat. dia juga tak bisa curhat karena dia laki-laki. laki-laki harus kuat. tak boleh lemah dan emosional. laki-laki harus dingin dan rasional.
pelajar itu kesepian tapi dia tak bisa cari-cari perhatian atau meminta dunia memperhatikan dia sebab dunia sudah sibuk dengan diri mereka sendiri. jadi tak ada tempat untuk bicara. tak ada tempat untuk curhat. tak ada teman, sahabat atau cinta. oleh karena itu dia membisu.
oleh karena tak bisa berbicara, pelajar itu memilih mengungkapkan perasaannya dan pikirannya di buku tulis. buku itu menjadi diarynya. dia mengetikkan diary itu ke dalam situs pribadinya. situs pribadi itu bernama blog winterwing.
winterwing masa itu memakai template kubrick dengan header DX winter screensaver. DX masih ada sayangnya template kubrick nggak ada lagi. kubrick sudah pensiun dari wordpress. contempt yang mirip kubrick juga tak bisa dipakai lagi, padahal aku ingin pakai template itu untuk mengembalikan diriku dan winterwing ke masa itu. karena tidak bisa terpaksa pakai yang ada dan paling mirip, yaitu template big brother ini dengan header dari gambar yang sama.

aku menulis begini jadi mengenang masa lalu. masa itu sekitar awal 2008 sampai kelulusan. aku membayangkan diriku duduk di balok semen tempat duduk di pinggir lapangan basket sebelah timur SMAN 1 Blitar jam 10 – 11.00. waktu itu jam pelajaran kosong.

sebenarnya ironis. gimana bisa kosong padahal sebentar lagi UNAS, ujian yang mempertaruhkan kelulusan SMA dan mengakhiri kehidupan yang indah ini.
akumemandang ke arah barat laut. di seberang lapangan itu kelas 11 IPA 4, kelas yang ditempati Ary, Novi, Rafi, Galih, Bayu, Ahmad dan lain-lain. mereka sahabat-sahabatku. di sana juga ada Dewi, cewek yang kusukai. sayangnya di sana juga ada Tony, pacar dari Dewi. complicated.
di siang ini aku menatap siang, matahari, sekitar. ini menjelang saat-saat akhirku di SMASA. aku nikmati saja sepuasnya selagi sempat.

Masa itu masa yang indah tapi sudah berlalu. Sekarang sudah tahun 2014 september. Aku sudah 24 tahun. Sudah 6 tahun jauh meninggalkan masa itu. Tapi aku masih menyukai dan mencintai masa itu, masa SMA adalah masa yang paling indah. Sekarang karena aku tak bisa membawa masa lalu aku jadi membawa kenangan itu saja, yaitu bentuk notes ini. Blog ini, template winterwing. I love it.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *